Tempat Wisata di Pacitan – Daftar Objek Wisata Pacitan, Terbaru & Terbaik

Tempat Wisata di Pacitan. Kabupaten di ujung barat daya Provinsi Jawa Timur ini menawarkan pengalaman liburan yang mengesankan melalui keindahan alamnya. Adalah ide bagus jika menetapkan Pacitan sebagai destinasi liburan. Beraneka objek wisata selalu siap memanjakan Anda.

Kota Seribu Goa melekat menjadi julukannya. Bahkan, di antara banyaknya goa, ada satu yang dikatakan terindah se-Asia Tenggara. Selanjutnya, pantai-pantai indah terhampar luas di pesisir selatannya. Masing-masing pantai mengusung kekhasan tersendiri, sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Selain wisata goa dan pantai, Pacitan juga menawarkan wisata sejarah, pemandian alam dan lain sebagainya. Dalam artikel ini telah tersaji beberapa tempat wisata di Pacitan terbaru dan terbaik untuk dikunjungi. Pilih satu dua di antaranya dan masukkan dalam daftar kunjungan.


Rekomendasi Tempat Wisata di Pacitan


1. Pantai Klayar

Pantai Klayar Pacitan
sumber : @pantaiklayarpacitan

Pantai Klayar merupakan salah satu wisata pantai di Pacitan terpopuler dengan hamparan pasir putih dan batuan karang serta tebing-tebing batu. Di namakan “klayar” karena dulu pernah ada sebuah kapal terdampar. Ada juga yang mengatakan Klayar berasal dari “klayar-kluyur” yang berarti jalan-jalan.

Pantai ini bisa dikatakan sebagai menu wajib dalam petualangan traveler ke Kabupaten Pacitan. Selain panorama alam yang mengagumkan, disini ada fenomena batu karang raksasa menyerupai Sphinx. Ada juga air mancur yang dapat mengeluarkan bunyi seperti seruling (Seruling Samudra).

Beragam fasilitas telah tersedia untuk menunjang wisata para pengunjungnya. Tidak saja fasilitas dasar dan akomodasi, di pantai ini juga telah ada beberapa wahana, termasuk penyewaan ATV. Tertarik? baca aktivitas, fasilitas, harga tiket & rutenya di artikel Pantai Klayar Pacitan.

Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


2. Pantai Watu Karung

Pantai Watu Karung
sumber : @ari_sanjaya888

Destinasi wisata Pacitan selanjutnya yang paling wajib dikunjungi adalah Watu Karung. Bisa dikatakan bahwa inilah pantai Pacitan paling terkenal, tidak hanya di Indonesia, bahkan di mancanegara. Ombak adalah daya tarik utamanya, sehingga selancar menjadi aktivitas unggulannya.

Rizal Tanjung, peselancar top Indonesia bersama Bruce Irons, sang juara Rip Curl Pro Search 2008, pernah berselancar di pantai ini. Aksi selancar Bruce Irons kemudian dijadikan cover Waves, majalah internasional terkemuka. Salah satunya, dari situlah nama pantai ini mendunia.

Reef Break merupakan tipe ombak paling disukai para peselancar, dan Pantai Watu Karung memilikinya. Bahkan, ombaknya bisa mencapai ketinggian hingga empat meter. Selancar dan ombak adalah sebagian kecil pesona pantai ini. Indah pemandangannya, ada juga beberapa pantai lain di sekitarnya.

Pringkuku, Ketro, Watukarung, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


3. Wisata Goa Gong
Goa Gong Pacitan
sumber : tripliburanbersama.blogspot.com

Pegunungan Karst yang mendominasi wilayah Pacitan, menyimpan ragam goa yang unik dan menarik. Ada yang diduga sebagai kompleks goa terluas di Asia Tenggara, ada yang bisa mengeluarkan alunan Gamelan, dan ada Goa Gong yang dikatakan sebagai goa terindah se-Asia Tenggara.

Liburan ke Kota Seribu Goa (julukan Pacitan) tidaklah lengkap jika tidak berkunjung ke salah satu objek wisata goanya. Goa Gong adalah rekomendasi terbaik yang wajib masuk dalam daftar teratas kunjungan Anda. Fasilitasnya memadai, bahkan ada banyak penjual souvenir di sekitarnya.

Gong pada namanya merujuk pada salah satu instrumen Gamelan. Ada batu di dalam goa yang jika dipukul suaranya mirip suara Gong. Ada juga batu marmer tembus cahaya yang diklaim terbesar dan terindah di Asia Tenggara. Datanglah! sebagai bekal informasi, baca Wisata Goa Gong di Pacitan.

Sengon, Piton, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


4. Pantai Kasap

Pantai Kasap Pacitan
sumber : @firman_a94

Meski agak berlebihan, Pantai Kasap merupakan objek wisata pantai Pacitan yang panoramanya dikatakan mirip Raja Ampat. Hal ini dikarenakan pantai ini menawarkan karakteristik pulau-pulau karang yang tersebar acak di perairannya. Sangat indah, sayang kalau melewatkannya.

Itu hanya gambaran sekilas secara keseluruhan saja. Cobalah mendekat, sobat akan disambut hamparan pasir putih lembut di sepanjang garis pantainya yang melengkung. Tipikal ombaknya tetap khas pantai selatan yang keras, desain alam semakin baik dengan bebatuan karang basah dan elegan.

Pantai Kasap merupakan tempat wisata di Pacitan yang harus Anda kunjungi. Selain pantainya indah, sobat traveler juga mudah untuk melebar ke beberapa pantai tetangga. Pantai Watu Karung dan Pantai Seruni misalnya. Cari tahu informasi detail pantai ini, baca Wisata Pantai Kasap Pacitan.

Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


5. Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo
sumber : rizkirahmatia.wordpress.com

Di antara banyaknya pantai yang tersebar di selatan Pacitan, ada Pantai Banyu Tibo yang khas. “banyu” berarti air, dan “tibo” berarti jatuh. Nama tersebut mewakili keberadaan air terjun yang guyuran airnya langsung bermuara ke laut. Kombinasi alam unik yang menjadi daya tarik utamanya.

Banyu Tibo merupakan pantai sempit dengan garis pantai yang diapit oleh dua jurang karang. Meski demikian, komposisi alam membangun panorama begitu eksotis dan memanjakan setiap pandangan. Jika sobat sedang mencari pantai yang tersembunyi di Pacitan, Banyu Tibo adalah opsi terbaiknya.

Tersembunyi juga berarti tidak banyak fasilitas yang tersedia di pantai ini. Jadi, pantai ini hanya ideal bagi traveler yang akrab dengan keterbatasan. Namun, tenang saja! kalau hanya urusan konsumsi, ada beberapa penjual makanan dan minuman. Info lengkapnya, baca di Banyu Tibo Pacitan.

Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


6. Pantai Teleng Ria
Teleng Ria - wisata Pantai di Pacitan
sumber : @sun_hunter1

Pantai Teleng Ria merupakan wisata kota Pacitan, hanya 5 menit dari pusat kota, atau sekitar 3,5 kilometer ke selatan. Karena lokasinya yang dekat, pantai ini menjadi salah satu pantai di Pacitan yang paling ramai dikunjungi.

Pemandangannya indah dengan dikelilingi rangkaian gunung Limo. Hamparan pasir pantainya luas, sehingga banyak ativitas yang bisa dilakukan. Beberapa spot selfie juga telah dibangun untuk memanjakan wisatawan. Semua aktivitas pantai dimungkinkan di pantai ini.

Tidak hanya itu, di sekitar Teleng Ria juga ada “Kampoeng Aeir” Waterpark. Selebihnya, fasilitas yang tersedia sudah sangat memadai. Ada tempat ibadah (mushola), gazebo, aneka rumah makan dan masih banyak lagi, termasuk beragam jenis penginapan.

Teleng Ria, Balong, Sidoharjo, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


7. Pantai Soge

Pantai Soge - Tempat Wisata di Pacitan
sumber : @arudewangga

Pacitan memiliki banyak pilihan pantai yang bisa dikunjungi. Salah satu yang layak sobat pertimbangkan adalah Pantai Soge. Pantai dengan hamparan pasir yang membentang luas ini berada persis di pinggir Jalan Lintas Selatan (JLS).

Tidak hanya pantai, bahkan Soge juga termasuk danau kecil yang lengkap dengan jajaran pohon kelapa di tepiannya. Tidak terkecuali rerumputan lembut yang cocok untuk digunakan bersantai, menikmati suasana dan pemandangan yanga ada.

Ada pantai, ada danau, ada pula Jembatan Soge. Jembatan ikonik dengan kontruksi pipa lengkung ini merupakan dampak dari pembangunan infrastruktur yang menghubungkan Pacitan dan Trenggalek. Di luar fungsi utamanya, Jembatan Soge juga merupakan spot selfie berlatarbelakangkan muara sungai yang terhubung langsung ke laut.

Dondong, Sidomulyo, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


9. Wisata Pacitan Indah
Pacitan Indah
sumber : travelingyuk.com

Pacitan Indah merupakan objek wisata alam kekinian. Satu di antara objek wisata Pacitan dengan konsep gardu pandang di hutan, yang lagi hits karena spot-spot selfienya. Pacitan Indah tergolong baru, karena sebelumnya juga ada Pinus Kita yang mengusung konsep serupa.

Meski baru, Wisata Pacitan Indah ramai dikunjungi muda-mudi, khususnya bagi mereka yang gemar berselfie ria. Beberapa spot tersedia, seperti Gardu Pandang berlatarbelakang teluk Pacitan, termasuk juga pemandangan Kota Pacitan dan Gunung Lima.

Masih banyak spot unik lain, termasuk Ayunan Angkasa. Inilah spot paling hits karena mungkin paling instagramable. Paling memacu adrenalin karena mengayun persis di atas jurang. Berani? demi selfie terbaik dengan pemandangan menakjubkan, lakukan saja! pengelola menjamin keamanannya.

Beji, Dadapan, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


8. Wisata Sungai Maron

Sungai Maron - Wisata Pacitan
sumber : travelingyuk.com

Alam selalu menarik bagi siapa saja dan tempat wisata di Pacitan didominasi oleh wisata alamnya. Sungai Maron adalah satu di antaranya, sungai eksotis yang memungkinkan Anda menyusuri setiap sudut keindahannya. Berwisata ke Pacitan, jangan lupa mampir ke sini.

Sungai Maron adalah sungai yang tenang. Nuansa yang dihadirkan cenderung sejuk karena rimbun ragam pepohonan menghiasi kanan kirinya. Datangi sungai yang menjadi rumah bagi ikan kakap merah ini saat musim kemarau saja. Di musim penghujan, airnya keruh, kurang bagus suasananya.

Susuri sungai ini dengan menyewa perahu warga. Banyak perahu kecil berkapasitas 6 orang yang bersandar di dermaga kecilnya. Selama kurang lebih 45 menit ke depan atau sepanjang 4,5 km, nikmatilah alam yang tersaji, dipandu pengemudi perahu yang merangkap tour guidenya.

Dersono, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


10. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong
sumber : @indraiswanto84

Desain alam pantai beraneka rupa memanjakan para pecintanya. Selain laut dan hamparan pasir, pesona pesisir juga disempurnakan oleh bebatuan karang dengan bentuk bermacam-macam dalam warnanya yang elegan. Tebing-tebing itu semakin menawan dalam balutan hijau tetumbuhan.

Di Indonesia, beberapa wilayah memiliki pantai dengan ciri khas Karang Bolong, salah satunya ada di Pacitan. Pantai Karang Bolong Pacitan merupakan sajian nyata bagi para pecinta keindahan. Lanskap yang eksotis memanjakan sisi estetis setiap yang datang. Jadi, datang dan berbahagialah.

Pantai Karang Bolong sangat ideal, terutama bagi traveler penyuka landscape photography. Menariknya lagi, lokasinya dekat dengan Pantai Buyutan. Tidak hanya bisa melebar ke pantai tersebut, jika energi dan durasi wisata berlebih cobalah menjelajah hingga ke Pantai Ngandul.

Karang Bolong, Kendal, Sendang, Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


11. Air Terjun Jurug Gringsing

Jurug Gringsing - Objek Wisata di Pacitan
sumber : @didikjamilun

Jurug Gringsing merupakan salah satu objek wisata Pacitan terbaru, kalau tidak salah baru diresmikan tahun 2017. Objek wisata air terjun ini bisa sobat kunjungi di Dusun Krajan, Desa Ploso, Kecamatan Tegalombo, Pacitan. Meski terbilang baru, pengunjungnya terus berdatangan. Jadilah salah satunya.

Selain keindahan air terjunnya, Jurug Gringsing memiliki spot ikonik sebagai tempat ideal untuk berselfie. Bambu Cinta namanya. Spot tersebut sengaja dibuat untuk wisatawan berswafoto, berada di bukit kecil yang tepat berlatarbelakangkan air terjunnya.

Sejauh ini, Jurug Gringsing atau Curug Gringsing masih dalam tahap pengembangan. Meski demikian, beberapa fasilitas sudah mulai tersedia, seperti beberapa warung makanan, serta akses yang terus dibenahi. Liburan ke Pacitan, sempatkan mampir ke objek wisata ini.

Krajan, Ploso, Tegalombo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


12. Wisata Kali Cokel
Kali Cokel - Tempat Wisata di Pacitan
sumber : pacitannews.com

Melakukan kunjungan wisata ke Pantai Watu Karung atau Pantai Kasap, jangan lupa mampir juga Kali Cokel. Ketiga tempat wisata di Pacitan ini terletak di desa yang sama, yakni di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Kali Cokel sendiri merupakan objek wisata susur sungai seperti halnya Sungai Maron yang populer lebih dulu. Airnya bersumber dari Goa Luweng Jaran sehingga lebih jernih. Hal ini berbeda dengan Sungai Maron yang keruh saat musim penghujan tiba.

Kali Cokel masih sangat alami dengan jajaran pohon kelapa yang menghiasi tepiannya. Sempatkanlah waktu untuk menyusuri sungainya, menggunakan perahu milik warga, cukup dengan membayar 15 ribu perorang. Mendayung SUP (Stand-Up Paddle Board) atau sekedar berjalan menikmati alam.

Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur


13. Pantai Ngandul

Pantai Ngandul
sumber : @bingah_inawati

Pantai Ngandul melengkapi koleksi wisata pantai Pacitan yang perawan dan tersembunyi. Sebuah pantai eksotik dengan desain alam yang memadukan birunya laut dan tebing karang nan elegan. Pantai Ngandul adalah tempat wisata di Pacitan ideal bagi mereka yang doyan wisata antimainstream.

Karakter keras bebatuan karang berselimut rimbun kehijauan benar-benar mendominasi batas alamnya, tanpa hamparan pasir. Eksotika alam pantai ini juga diperkaya oleh sungai dan air terjun. Warga biasa menyebutnya Air Terjun Sungai Ngandul atau juga Langitan Ngantru.

Memilih datang ke pantai ini, setidaknya akan mendapatkan dua paket pantai, karena pintu masuknya ada di Pantai Buyutan. Ini juga berarti tiket masuknya pun jadi satu. Meski belum memadai, fasilitas umumnya ada di Pantai Buyutan. Info detailnya, baca di Pantai Ngandul Pacitan.

Widoro, Donorojo, Krajan Wetan, Kalak, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *