Air Terjun Benang Kelambu – Hiasan Tebing Alam Indah Di Lombok Tengah

Gunung Rinjani adalah mahakarya alam yang menempati salah satu pulau tercantik di Indonesia, Pulau Lombok, NTB. Eksotika yang demikian nyata tidak hanya tersaji dipuncaknya. Setiap wilayah di Lombok mendapat bagian keindahan. Termasuk di Lombok Tengah dengan Air Terjun Benang Kelambu yang terlampau menawan.

Telah menjadi rahasia umum, Kabupaten Lombok Tengah lebih menonjolkan kemolekan pesisirnya, khususnya melalui Kawasan Wisata Mandalika. Lebih dari itu, kabupaten beribu kota Praya ini juga menawarkan uniknya Desa Adat Sade. Dan, banyak mengoleksi air terjun sebagai dampak meluasnya pesona alam Gunung Rinjani.

Di antara Air Terjun di Lombok Tengah, Air Terjun Benang Kelambu adalah yang terindah. Benang Kelambu Waterfall, sebutan familiar di kalangan turis mancanegara. Anda, jadilah beruntung, berbahagia seperti mereka yang telah mengunjunginya. Lokasinya berada di Desa Aik Berik, Batu Keliang Utara, Lombok Tengah, NTB.

A window to Air Terjun Benang Kelambu, Lombok, Indonesia
credit: flickr/sitoo/CC BY-NC-ND 2.0

Daya Tarik Air Terjun Benang Kelambu

Air terjun tidak harus tertinggi untuk disebut yang terindah. Komposisi alam telah membuat Benang Kelambu menawarkan daya tarik lain yang telah diisyaratkan oleh namanya. Di sebut “benang” karena airnya terjun tipis seperti garis, lembut tertata seimbang laksana “tirai” yang bersinonim kata dengan “kelambu“.

Setidaknya 6 deret air yang terjun dalam rindang pepohonan gambung yang menyelimuti tebing datar perbukitan. Dominasi kehijauan dikombinasikan dengan putih bersih warna air yang secara tegas menghiasi beberapa bagian. Benar-benar mirip kelambu karena air tercurah dipayungi rimbun hijau yang menjulur.

Airnya terjun berderet secara bertahap sebelum akhirnya tiba di penampungan yang juga berundak-undak. Ini jelas indah dan mengundang siapapun untuk segera basah. Ada kolam penampungan untuk anak kecil, ada juga kolam penampungan orang dewasa. Sejuknya udara bukanlah penghalang untuk segera berendam.

Berselimutkan Legenda Dewi Anjani

Benang Kelambu Waterfall yang berketinggian sekitar 40 meter ini berada di kaki Gunung Rinjani. Merujuk pada forklor yang berkembang di seantero Lombok, Rinjani sangat dikaitkan dengan legenda Dewi Anjani, ibu dari Hanoman. Baca lebih lengkap mengenai kisah Dewi Anjani melalui tautan ini.

Sehubungan dengan Benang Kelambu, kompleks air terjun ini diyakini sebagai tempat yang disukai Dewi Anjani untuk mandi, membersihkan diri. Mitos yang berkembang merujuk pada air terjun Benang Stokel yang berada di bawah air terjun ini. Kurang lebih 1 kilometer jarak antara keduanya.

benang stokel” berarti segumpal benang. Ini karena bentuk air terjunnya menyerupai benang yang diikat menyatu. Di sinilah tempat Dewi Anjani mandi, meski ada pula yang menyebut di Benang Kelambu. Menurut kepercayaan masyarakat, tiap kali orang mandi di sini akan terlihat satu tahun lebih muda.

Ragam Air Terjun Yang Bertetangga

Berwisata ke kawasan air terjun di Desa Aik Berik ini dijamin puas karena setidaknya 5 air terjun siap menguras rasa ketakjuban dan kegembiraan Anda. Selain Benang Kelambu dan Benang Stokel, masih ada 3 air terjun lagi. Sangat disarankan untuk berkunjung hanya jika punya energi berlebih.

Air Terjun Kliwun (19 m), Air Terjun Sesera (15 m) dan Air Terjun Pangkelep Udang (11 m) namanya. Ketiganya masih alami dan tersembunyi di tengah hutan. Air Terjun Kliwun dan Air Terjun Sesera berdekatan, sementara Air Terjun Pangkelep Udang berada di bawah aliran Air Terjun Benang Stokel.

Benang Kelambu Waterfall Central Lombok
credit: unsplash/@konradsyx

Fasilitas Wisata, Tiket dan Akomodasi

Sebagai salah satu air terjun terkenal di Lombok, Benang Kelambu terus berkembang dengan penambahan berbagai fasilitas penunjang. Meski belum dikatakan memadai, beberapa fasilitas telah disediakan, termasuk Mushola di lokasi wisatanya. Untuk parkir, baik mobil maupun motor bisa masuk sampai pintu gerbang.

Juga, tersedia jasa ojek bagi yang tidak suka bersusah payah jalan kaki menuju Benang Kelambu. Untuk konsumsi, warung penjual makanan dan minuman sudah banyak tersedia di sekitar lokasi. Jika membutuhkan, ada juga jasa pemandu wisata. Toilet yang sekaligus berfungsi sebagai ruang ganti juga disediakan.

Untuk akomodasi, penginapan atau hotel terdekat yang bisa di booking online masih berjarak sekitar 8 km – 10 km. Sebagian besar berlokasi di Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Lombok Timur. Mungkin ke depannya, seiring perkembangan akan semakin banyak akomodasi yang lebih dekat dengan lokasi wisata.

Harga Tiket Masuk Benang Kelambu

KeteranganHarga
Tiket Masuk WisataRp10.000
Parkir KendaraanRp5.000
Jasa Ojek (Pulang-Pergi)Rp35.000
Pemandu Wisata (per 7 org)Rp50.000
Air Terjun di Lombok Tengah
credit: @mteddykurniawan

Rute Lokasi Air Terjun Benang Kelambu

Untuk akses menuju ke gerbang wisata sudah semakin mudah. Air Terjun Benang Stokel berada cukup dekat dengan lokasi pembelian tiket, hanya perlu berjalan kaki sekira 10 menit. Sedangkan untuk lanjut ke Air Terjun Benang Kelambu masih dibutuhkan trekking kurang lebih 40 menit.

Oleh karena itu bagi yang tidak ingin bersusah payah, telah disediakan jasa ojek PP. Namun, sebelumnya Anda perlu sampai di gerbang masuknya yang berjarak sekitar 35 km atau 1 jam berkendara dari Kota Mataram. Rutenya melewati Taman Narmada. Untuk mempermudah, gunakan Peta Rute.

Lokasi: Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83552

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *