• sumber : dolandolen.com

Coban Gintung – Air Terjun Merona Sarat dengan Nuansa Purba

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Coban Gintung. Selamat datang di Malang Raya, tempat yang sudah semestinya membuat semua orang merasa senang didalamnya. Cobalah untuk lebih dalam menghayati alam pegunungan, sesekali menyusuri dari mana air mengalir hingga menemukannya jatuh dari ketinggian. Air terjun memang indah dan Kabupaten Malang kaya akan hal itu. Selain Coban Rondo, Sumber Pitu, dan Coban Glotak, ada juga Coban Gintung yang menawarkan kesan purba di Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur.

Sama halnya dengan wanawisata air terjun lain, Coban Gintung tetaplah mengusung karakter khas “coban” di Malang. Memadukan tembok tebing berbalut hijau tetumbuhan dengan putihnya air yang jatuh untuk kemudian membiru kehijau-hijauan membentuk sebuah kolam. Meski tidak menawarkan keeksotikan tebing yang tinggi menjulang karena ketinggiannya yang rendah, satu hal yang unik dari Coban Gintung adalah apa yang ada diatasnya.

Adalah Goa Purba, disebut begitu karena menurut warga, gua tersebut merupakan peninggalan dari zaman purba. Sebuah gua yang menjadi tempat kelelawar hitam berkoloni sehingga menawarkan aroma khas yang menyengat. Hingga saat ini, belum banyak yang bisa digali dari keseluruhan tempat ini, terutama Goa Purba-nya. Panorama yang ditawarkan masih sangat alami, karena memang belum di kelola dengan baik sebagai obyek wisata alam.

Aktivitas di Coban Gintung

Mencoba lebih detail menghayati setiap sudut keindahan adalah aktivitas yang sempurna. Menjadi sedikit berbeda dengan kebanyakan traveler yang datang yang umumnya murni bersenang-senang, sembari terus bersyukur masih diizinkan menikmati alam seindah ini. Petualangan akan semakin menarik ketika Anda lebih agresif lagi untuk mencari tahu tentang kesejarahan tempat ini. Tentu saja, selalu siapkan kamera untuk mengabadikan spot terbaik yang Anda suka.

Berusahalah naik untuk semakin dekat dengan Goa Purba, hingga terbesit pertanyaan “benarkah gua ini se-purba yang dikatakan oleh warga?”. Terkadang memasuki ketenangan terasa menyenangkan, pejamkanlah mata untuk selanjutnya menikmati nuansa menenangkan seiring semakin jelas terdengar nada-nada alam. Kemudian sembari membuka mata, lebarkanlah pandangan dan perhatikan betapa komposisi alam teramat elok, melalui warna-warnanya atau kesejukan udaranya.

Apabila bermain air atau berenang adalah gaya Anda, silahkan memasuki kolam di kaki air terjun itu. Tunjukkan bahwa Anda bisa bertahan lama berendam di air sedingin itu. Perlu diketahui, oleh karena dingin airnya, sejauh ini belum banyak wisatawan yang mampu bertahan berlama-lama. Berjemur diatas salah satu batu pun bisa dicoba, sambil berharap sinar matahari menyerobot sela-sela dedaunan demi menghangatkan tubuh Anda.

Apa lagi? jika energi wisata kali ini mencukupi, cobalah untuk melebar ke beberapa air terjun yang berada satu wilayah dengan Coban Gintung. Desa Sidorenggo memiliki kurang lebih 4 air terjun. Selain Coban Gintung dan Coban Goa Naga Gintung (Goa Purba), ada juga Coban Ciblungan, dan Coban Telaga 3 Warna. Percayalah, masing-masing air terjun tersebut, cukup mampu untuk memanjakan wisata siapa saja.

Fasilitas di Coban Gintung

Salah satu hal menarik yang bisa ditemukan di Air Terjun Coban Gintung adalah fasilitas. Umumnya, wisata alam yang belum populer sarat dengan keterbatasan fasilitas, sedangkan air terjun ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang lumayan memadai untuk kebutuhan dasar pengunjungnya.

Disekitaran air terjun telah disediakan kamar mandi dan toilet, warung penjual makanan dan minuman. Semua fasilitas tersedia di sekitaran lahan parkir yang berjarak kurang lebih 500 meter dari lokasi. Lahan parkirnya pun cukup luas dan bisa menampung kendaraan roda dua dan roda empat, tidak terkecuali kendaraan sejenis Elf.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Gintung : Setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk yang murah meriah, hanya Rp 5.000 per orang. Adapun untuk biaya parkir, sepeda motor ditarif Rp 5.000 dan mobil atau Elf ditarif Rp 10.000. Harga bisa berubah sewaktu-waktu, bergantung kebijakan pihak pengelola.

Rute & Maps Coban Gintung

Jarak air terjun ini lumayan jauh dari pusat Kota Malang, yakni berkisar 75 kilometer. Dari Malang, lanjutkan perjalanan ke arah Gondanglegi – Turen – Tirtoyudo – Ampelgading. Sesampainya di Ampelgading, temukanlah arah menuju Coban Sewu dan lanjut sampai di Desa Sidorenggo. Ketika sampai disebuah lapangan didesa tersebut, beloklah ke selatan hingga menemukan papan penunjuk jalan ke Coban Gintung.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *