• sumber : explorewisata.com

Coban Nirwana – Air Terjun Memikat dengan Desain Bertingkat

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Coban Nirwana. Wisata Alam sudah pasti dan akan selalu digemari oleh sebagian besar wisatawan. Dalam hal ini, Malang menjadi destinasi unggulan karena anugerah alam sudah sedemikian tersebar di setiap bagiannya. Jenis wisata alam apa saja yang semua orang inginkan, hampir semua bisa di nikmati di Malang Raya, tidak terkecuali air terjun. Jika sebelum ini telah ditulis mengenai Air Terjun Coban Rondo, artikel ini akan mencoba mengulas “coban” yang terbilang masih baru populer, yakni Coban Nirwana yang ada di daerah Gedangan, Malang, Jawa Timur.

Sebelum banyak yang mengetahuinya, sebenarnya nama air terjun ini adalah Coban Mbok Karimah. Penamaan tersebut berkaitan dengan nama sesepuh yang tinggal di sekitaran air terjun. Selanjutnya, seiring banyak yang terpikat oleh keindahannya, namanya pun diganti menjadi Coban Nirwana. Istilah nirwana adalah gambaran tentang desain alam dari wanawisata ini yang memang menakjubkan. Selebihnya, ada juga yang menyebutnya Coban Gedangan karena lokasinya berada di Kecamatan Gedangan.

Coban Nirwana menawarkan suguhan pemandangan yang luar biasa, terutama melalui desain tebing bebatuan bertingkat. Keadaan ini memungkinkan air yang terjun tersebar di beberapa bagian mengikuti alur tebing batuan untuk selanjutnya tergenang membentuk sebuah kolam. Kokohnya tebing disertai batu-batu lain yang tertata acak itu selalu basah, sehingga menampilkan warna cenderung mengkilap dan menimbulkan kesan elegan.

Dari jarak yang termaklumi, lanskap pemandangan benar-benar eksotik. Komposisi warna tebing yang kecoklatan cukup mendominasi, sementara air yang terjun tersebar bagaikan tirai putih yang cantik. Semua itu kemudian ditabur kehijauan tetumbuhan yang seolah berharap melindungi setiap bagian keindahan yang tersaji. Peralihan namanya menjadi Coban Nirwana tidaklah berlebihan, sebab pesonanya membuat bahagia setiap yang datang.

Aktivitas di Coban Nirwana

Ketika datang ke wana wisata ini, tentunya persiapkan banyak rasa kagum dan bahagia. Meskipun setiap traveler memiliki cara unik menikmati wisata mereka, yang pasti bermain air dan berenang adalah aktivitas bagi sebagian besar orang. Berfoto ria? itu bukanlah aktivitas yang menunggu dipinta, Anda pasti melakukannya.

Jadilah sedikit berenergi dan jelajahilah setiap bagian air terjun ini. Mencoba berjalan lebih jauh, naik ke atas tebing dan menikmati keindahan dari atas ketinggian. Bisa juga, menelusuri dan mencoba turun sedikit lebih jauh dan lihatlah, betapa batu-batu yang tertata acak itu seolah memberi petunjuk bagi aliran air kemana harus mengalir?.

Jangan lupa, disetiap aktivitas selama bermanja di Coban Nirwana, cobalah lebih teliti pada spot-spot terbaik untuk diabadikan. Perlihatkanlah kepada mereka bahwa Anda layak menjadi bagian dari keindahan. Apalagi? Hayati semua yang telah Anda nikmati untuk selanjutnya bersyukur masih diberi kesempatan menikmati alam yang benar-benar menawan.

Fasilitas di Coban Nirwana

Sebagai obyek wisata yang masih terbilang baru, sejauh ini Coban Nirwana hanya di kelola sebisanya oleh warga setempat. Belum tersedia fasilitas yang memadai, sehingga menuntut setiap yang datang untuk membawa perbekalan sendiri. Penulis yakin bahwa Pembaca bukanlah traveler manja, sehingga setiap keterbatasan yang ada semakin memperkukuh nilai wisata.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Coban Nirwana : Sejauh ini belum ada biaya yang dibebankan kepada pengunjung. Jadi, nikmatilah wisata alam ini dengan gratis, namun mohon dengan sangat jagalah kebersihan.

Rute & Maps Coban Nirwana

Air terjun ini beralamatkan di Desa Sumberbende, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Dari Kota Malang berjarak kurang lebih 50 kilometer dengan durasi perjalanan sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari pusat Kota Malang, lanjutkanlah perjalanan ke arah Gadang dan Turen hingga ke Gedangan. Obyek wisata ini terletak cukup dekat dengan Pasar Gedangan. Apabila masih bingung, cobalah untuk bertanya kepada warga setempat ketika sudah semakin dekat dengan Pasar Gedangan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *