• sumber : @ardiyanto_kecenk

Coban Ringin Gantung – Air terjun Alami Yang Masih Tersembunyi

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Coban Ringin Gantung. Tumpang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Malang yang turut serta mewarnai geliat wisata di Malang Raya. Selain sebagai satu-satunya pintu masuk Wisata Bromo Semeru dari arah barat, wilayahnya juga mengoleksi sejumlah objek wisata alam lain berupa air terjun.

Bagi traveler penggemar sejuknya lereng pegunungan, datanglah ke Malang dan fokus ke daerah Tumpang. Beberapa wanawisata air terjun telah siap dan menanti dikunjungi. Jika sebelumnya telah dituliskan perihal Coban Pelangi dan Coban Sumber Pitu. Artikel ini akan membahas Air Terjun Ringin Gantung.

Air Terjun (Coban) Ringin Gantung menghiasi keindahan lereng pegunungan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Berada cukup dekat dengan Coban Sumber Pitu karena terletak di satu desa yang sama, yakni Desa Duwet Krajan. Oleh karena itu, adalah ide bagus jika keduanya dijadikan satu paket petualangan.

Perihal namanya, Coban Ringin Gantung merujuk pada pohon beringin (jawa; ringin) yang tumbuh subur di sekitaran tebingnya. Pohon tersebut menggantung diatas ketinggian dan turut menyempurnakan keeksotikan alam yang mengkombinasikan hijaunya tetumbuhan dan tebing cadasnya yang elegan.


Aktivitas di Coban Ringin Gantung

Menikmati pesona keindahan alam yang tersaji menjadi kegiatan utama yang mencakup keseluruhan kegiatan lain di wanawisata ini. Mencoba meresapi sejuk dan segarnya udara dipastikan mampu mengikis rasa penat yang sebelumnya mendominasi hari-hari Anda.

Selebihnya dengan tetap menjaga etika seorang traveler budiman, lakukan aktivitas apa saja untuk menggembirakan petualangan Anda. Mungkin dengan lebih detail menjelajahi setiap sudut yang membentuk air terjun ini, atau mungkin mencari spot terbaik untuk mengabadikan diri.

Seperti dikatakan diawal, Coban Ringin Gantung berada cukup dekat dengan Air Terjun Sumber Pitu. Jika durasi wisata kali ini berlebih, ada baiknya kedua objek wisata ini dijadikan satu tujuan. Meski sama-sama air terjun, pastinya masing-masing menawarkan citarasa yang berbeda.


Fasilitas & Harga Tiket Coban Ringin Gantung

Ringin Gantung masih termasuk objek wisata Malang yang tersembunyi. Karena belum banyak yang mengetahui keberadaannya, otomatis masih minim fasilitas yang tersedia. Belum ada penetapan tarif masuk, namun beberapa warga biasanya meminta sumbangan seikhlasnya untuk perbaikan jalan.


Rute & Maps Coban Ringin Gantung

Dari Malang, untuk menuju air terjun ini bisa menggunakan arah Tumpang menuju Wisata Gunung Bromo. Dari pasar Tumpang ke arah Gubuk Klakah sampai tiba di balai desa Duwet Krajan.

Dibalai desa tersebutlah sobat bisa memarkir kendaraan. Selanjutnya perjalanan dilanjut dengan berjalan kaki dengan rute yang cukup melelahkan. Oleh karena itu, persiapan fisik sangat diperlukan.

Ada beberapa petunjuk jalan yang mengarah ke wanawisata ini. Ada dua rute yang bisa di pilih dengan jarak tempuh sekitar 2 kilometer. Awalnya, temukanlah pertigaan tidak jauh dari balai desa, bisa memili arah ke kanan atau ke kiri.

Sejauh ini, arah ke kanan cenderung lebih aman karena jika memilih ke kiri akan melewati tangga darurat yang terbuat dari bambu. Tangga tersebut menjadi lebih licin dan berbahaya jika sobat datang di musim penghujan.

Krajan, Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur


[yasr_visitor_votes size=”medium”]

  • 2
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *