• sumber : tabloidwisata.com

Coban Talun – Deras Air Terjunnya, Meriah Suasananya

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Air Terjun Coban Talun. Sedari dulu, Batu adalah kota yang cantik. Kota ini dipilih oleh wisatawan dari segala penjuru Indonesia sebagai salah satu tempat ideal meluapkan kebahagiaan mereka. Kaya akan obyek wisata, baik wisata modern maupun wisata alam. Bahkan demi memanjakan para pengunjungnya, kebanyakan tempat wisata alam di Batu telah diperkaya dengan beberapa wahana. Selain Paralayang Gunung Banyak dan air terjun Coban Rais, ada juga Coban Talun yang kini semakin meriah dengan opsi-opsi wisata bertemakan alam.

Wanawisata yang lokasinya cukup dekat dengan taman rekreasi Selecta ini benar-benar menyambut siapa saja dengan dinginnya udara pegunungan Kota Batu. Bahkan, semenjak di perjalanan dari pusat kota menuju lokasi setiap pengunjung akan dijamu pemandangan perbukitan yang berjajar di sebelah barat Gunung Arjuno. Di sepanjang jalan itu pula banyak wisata berbasis apel dan bunga atau tanaman hias.

Coban Talun sendiri adalah air terjun dengan ketinggian kurang lebih 75 meter. Berada pada ketinggian 1000-an mdpl yang secara administratif berlokasi di Desa Tulungrejo, kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Air terjun yang merupakan hulu dari sungai Brantas ini memiliki debit air cukup besar hingga terciptalah kabut uap air yang cukup luas. Air yang jatuh bak kapas itu senantiasa membatasi rimbun hijau yang menyelimuti tebing berwarna basah nan elegan.

Sementara itu, dasar permukaan air terjun didominasi bebatuan dalam beragam bentuk dan ukuran. Kesan elegan sangatlah terasa, terlebih melalui komposisi batu-batu yang cenderung licin dan basah menimbulkan warna khas bebatuan yang mengkilap. Nuansa ketenangan cukup dimungkinkan ditempat ini, meski di beberapa area juga ada berbagai wahana yang sengaja diciptakan agar pengunjungnya enggan pulang.

Perhutani sebagai pihak pengelola telah bekerjasama dengan pihak swasta. Dari kerjasama itu, beberapa fitur rekreasi telah ditambahkan demi melayani keragaman usia, minat dan kebutuhan wisatawan. Di dekat lokasi parkir berkisar 1 kilometer dari air terjun, telah ada kebun bunga yang didesain sedemikian rupa. Selain itu, ada juga wahana Apache berupa kampung indian serta Pagupon Camp yang di rancang unik untuk melayani wisatawan yang ingin bermalam.

Aktivitas di Air Terjun Coban Talun

Berkunjung ke Coban Talun, tentu saja tetaplah fokus pada obyek wisata utama, yakni air terjunnya. Meskipun oleh beberapa keadaan, Anda akan tergiur dengan beragam wahana disekitar, namun percayalah bahwa pesona Coban Talun tetap memegang kendali yang memastikannya untuk tetap di utamakan. Siapkanlah energi untuk memasuki kemolekan alam bernuansa sendu dan persiapkanlah banyak rasa bahagia dan ketakjuban.

Awalnya, dari lokasi parkir setiap pengunjung akan berjalan sejauh kurang lebih 1 kilometer melewati lereng bukit. Mencoba teliti akan keindahan selama perjalanan itu adalah ide sempurna. Citarasa alam pegunungan cukup kentara dalam naungan hutan pinus. Nikmatilah keharmonisan nada-nada alam melalui lembut semilir angin, gemeretak ranting-ranting, atau satwa-satwa hutan yang sedang berdendang.

Mengingat jalanan yang cenderung menurun terjal, berhati-hatilah. Berjalan santai sembari tetap nyaman dengan nuansa kesejukan, hingga tanpa terasa suara khas air terjun semakin kentara. Tentu, perjalanan ini cukup bersahabat dengan wisatawan dari berbagai usia. Tidak jarang, yang berusia lanjut dan anak-anak pun ikut serta. Semuanya berbahagia, terlebih ketika mereka sadari bahwa air terjun sudah di depan mata.

Setiap orang memiliki cara unik untuk mendefinisikan keindahan, tidak terkecuali ketika mereka berada di Coban Talun. Jadi, datanglah dan deskripsikan sendiri pesonanya sesuai dengan kacamata ketakjuban Anda. Umumnya, tradisi kebanyakan wisatawan adalah berswafoto dengan latar belakang alam yang tersaji. Hanya saja, adalah lebih baik jika tersedia energi lebih dalam penghayatan untuk menumbuhkan rasa kecintaan pada alam.

Wisata kali ini milik Anda, jadi lakukan apapun asal tetap beretika. Perlu diketahui, permukaan air terjun Coban Talun di dominasi oleh bebatuan licin. Selain disebabkan tempias air terjun dengan debit cukup besar, uap air di sekitar umumnya berskala luas. Berhati-hatilah, tetaplah memegang kendali rasa bahagia. Bersahabatlah dengan ketenangan, luapkan rasa kagum untuk memicu lahirnya rasa syukur pada sang Pencipta.

Setelah puas, jangan lupa bahwa disekitar lokasi parkir juga ada kebun bunga. Desainnya sangat baik, dalam naungan rindang hutan pinus, bunga-bunga aneka ragam dan warna berpadu dengan beberapa properti tambahan seperti payung dalam aneka warna. Wahana Apache juga ada dan cobalah menikmati apa yang disajikan.

Tidak lupa, ada Pagupon Camp sebagai tempat menginap dengan nuansa unik, lengkap dengan beragam fasilitas penunjang seperti taman, rumah pohon, hammock dan lain-lain. Ada lagi, OYOT (Obyek Wisata Coban Talun) sebagai fitur yang baru saja ditambah pada tahun 2018 ini. Selamat Berwisata!

Fasilitas di Air Terjun Coban Talun

Mengingat Kota Batu adalah kota wisata, umumnya tempat wisata di Kota Apel ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Hal ini juga berlaku pada Air Terjun Coban Talun. Fasilitas di obyek wisata alam ini meliputi lahan parkir yang luas, tempat ibadah (mushola), balai serbaguna dan toilet atau kamar mandi. Selain itu ada juga warung atau kantin penjual makanan dan minuman.

Ingin menginap? bisa mencoba sensasi bermalam di Pagupon Camp. Sebuah penginapan berbentuk sangkar burung merpati yang mana satu rumah memuat satu kamar tidur dan kamar mandi. Disini juga ada mushola, kantin, rumah pohon dan aneka fasilitas pendukung lainnya. Jika ingin lebih bersahabat dengan alam, bisa ke bumi perkemahan Coban Talun dan mendirikan tenda di sana. Selain itu, Kota Batu sendiri telah siap dengan banyak akomodasi dan penginapan.

Fasilitas lain yang bisa didapati disini adalah Warung Oyot, DAM Cinta, berkuda, kolam perahu bebek, play ground, gazebo, dan kolam pancing lele. Ada juga motor Trail dan ATV yang bisa disewa untuk berkeliling di sekitar wanawisata ini. Meski cukup jauh, sebenarnya disini juga ada jasa rafting. Jika energi wisata kali ini memungkinkan, tidak ada salahnya mencoba olah raga menegangkan itu untuk menambah pengalaman wisata Anda di Kota Batu.

Harga Tiket Air Terjun Coban Talun

Seiring dengan penambahan wahana dan fasilitas yang ada, harga tiket masuk Coban Talun secara bertahap naik hingga Rp 10.000 pada awal 2018. Berikut ini adalah daftar harga tiket selengkapnya :

Tiket Masuk Coban Talun Rp 10.000
Parkir Motor Rp 5.000
Parkir Mobil Rp 10.000
Apache Camp & Pagupon Camp
Tiket Masuk @ Rp 5.000
Menginap Rp 300.000 – Rp 500.000 / malam

Mengingat wahana di Air Terjun Coban Talun terus bertambah, daftar harga diatas belum mencakup semuanya dan bisa berubah sewaktu-waktu bergantung kebijakan pihak pengelola

Rute & Maps Air Terjun Coban Talun

Seperti yang telah disebut di awal artikel ini, Air Terjun Coban Talun terletak cukup dekat dengan Taman Rekreasi Selecta, 3,5 kilometer. Dari Alun-Alun Kota Batu lanjutkan perjalanan ke arah Selecta-Cangar. Rute menuju lokasi sangat mudah, ada juga angkutan berwarna merah muda yang bisa mengantar sampai di gang sebagai pintu masuknya. Dari sini, loket pembayaran karcis berjarak kurang lebih 50 meter saja.

Berikut ini adalah peta petunjuk jalan dari Kota Wisata Batu ke Obyek Wisata Coban Talun :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *