Coban Trisula, Malang – Air Terjun Bertingkat Berhias Batu-Batu Memikat

Coban Trisula. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru menawarkan komposisi alam pegunungan begitu kaya. Liburan ke Bromo sudah pasti menjadi pilihan utama, namun jika durasi wisata kali ini berlebih, cobalah melebar ke beberapa air terjun di taman nasional ini.

Terkhusus bagi traveler yang datang dari arah Malang, setidaknya ada dua air terjun yang bisa dijadikan satu paket kunjungan. Selain wisata Coban Pelangi, ada air terjun lain bernama Coban Trisula. Pintu masuk keduanya pun cukup dekat, hanya berjarak 1,5 kilometer saja.

Namanya memang belum sepopuler Coban Pelangi karena baru saja diresmikan. Meskipun begitu perihal keindahan alam, wanawisata ini tak kalah eksotisnya. Alamnya khas melalui tiga tingkatan air terjun dalam satu tempat, Coban Atas, Coban Tengah, dan Coban Bawah.

Istilah Trisula lazim dikenal sebagai nama dari sebuah senjata, tombak atau pisau bermata tiga. Senjata bagi Dewa Siwa, juga Poseidon sang dewa penguasa laut. Coban ini menggunakan nama tersebut lantaran air jatuh terpecah kemudian bercabang tiga layaknya trisula.


Aktivitas di Air Terjun Coban Trisula

Setiap traveler memiliki cara unik memperlakukan liburan mereka. Coban ini begitu pula dengan coban-coban lain yang ada di sekitaran Bromo Semeru adalah bonus bagi mereka yang memiliki durasi wisata berlebih.

Seperti halnya coban-coban lain, Coban Trisula menjadi tempat ideal bagi traveler yang menghendaki nuansa hijau dengan didominasi kesejukan sempurna. Kaya tetumbuhan paku-pakuan, palm, lian, juga tumbuhan epifit lain yang tumbuh secara liar disekitarnya. Jangan lupa, kicauan burung mewarnai nuansa alamnya.

Cobalah bergerak selebar mungkin. Lebih dekat dengan air terjun utama curahan Sungai Lanjing, Coban Atas yang berketinggian sekitar 35 m. Lanjut ke Coban Tengah berketinggian rendah sekira 2,5 m lengkap dengan kolam dipermukaannya. Sementara itu, Coban Bawah dengan ketinggian 11 m lokasinya cukup tersembunyi.

Yang menarik, masing-masing coban memiliki keunikan melalui keberadaan batu-batuan yang mengusung legenda masing-masing. Di Coban Bawah ada batu tugu, batu meja kecil dan bukit seperti kubah. Di Coban Tengah ada batu meja besar dan tebing-tebing yang eksotik, dan di Coban Atas, selain tebing ada batu seperti pintu.


Fasilitas di Air Terjun Coban Trisula

Tidak banyak fasilitas yang tersedia di lokasi Coban Trisula. Kendati demikian, beberapa fasilitas dasar bisa ditemukan di pos perijinan. Ada lahan parkir yang cukup serta toilet umum. Fasilitas lebih memadai terletak di sekitar Coban Pelangi yang lokasinya tidak begitu jauh.

Harga Tiket Masuk Coban trisula : Kalau hanya traveler domestik, hanya perlu membayar Rp 2.500 saja. Lain halnya untuk wisatawan mancanegara yang harus membayar tiket sebesar Rp 20.000.


Lokasi, Rute & Maps Coban Trisula

Secara administratif coban ini berada satu desa dengan Coban Pelangi, yakni di Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Berada dalam pengelolaan Perhutani karena masih termasuk kawasan hutan lindung di Blok Kali Lajing, Seksi Konservasi Wilayah III.

Untuk mendatanginya, traveler bisa menggunakan rute Coban Pelangi. Dari pusat kota Malang berjarak sekitar 34 kilometer dengan durasi perjalanan berkendara sekitar 1 jam. Aksesnya mudah, banyak petunjuk jalan karena masih berada satu arah dengan jalur pendakian Semeru.

Jika menggunakan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor, pastikan dalam kondisinya sangat baik dan mampu untuk digunakan melalui tanjakan berliku-liku. Kondisi jalan seperti itu akan mendominasi terutama saat memasuki beberapa kilometer dari Desa Gubuk Klakah.

  • 5
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *