Air Terjun Kabut Pelangi, Lumajang – Nan Menawan Menguras Ketakjuban

Air Terjun Kabut Pelangi. Lumajang merupakan destinasi wisata alam terbaik di Jawa Timur, khususnya bagi traveler penyuka air terjun. Dalam hal ini Pronojiwo adalah surga dengan lembah-lembah curam yang dilintasi derasnya aliran sejumlah sungai besar yang berhulu di tubuh Gunung Semeru.

Selain Coban Sewu, Goa Tetes dan Coban Kapas Biru, di Pronojiwo ada juga Coban Kabut Pelangi yang pastinya layak didatangi. Sebuah sajian alam yang terlalu menawan untuk diabaikan. Datanglah, niscaya akan sobat dapati keeksotikan alam yang dipastikan mampu menguras habis rasa ketakjuban.

Secara administratif wanawisata ini bisa dikunjungi di Desa Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Persiapkanlah segera apa yang dibutuhkan, termasuk banyak-banyak rasa bahagia. Namun sebelum siap berangkat, lanjutkan dulu berpetualang maya di artikel ini untuk mendapatkan bekal informasi.


Aktivitas di Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut Pelangi
sumber : @ahmadfaizaf

Salah satu aturan tak tertulis yang ditetapkan alam bagi petualang adalah perjuangan. Hal ini juga berlaku bagi siapapun yang ingin menikmati kecantikan Coban Kabut Pelangi. Setidaknya sejauh 1,5 km traveler musti berjalan kaki melalui perkebunan dan beberapa medan naik turun yang terjal menantang.

Jika ingin mendapatkan keindahan yang sempurna, aturlah kedatangan pukul 07.00 – 08.30 WIB atau pukul 14.00 – 16.00 WIB, agar ada kemungkinan melihat pelangi. Nama air terjun ini sendiri didasarkan pada seringnya terlihat pelangi disekitarnya yang disebabkan oleh pembiasan air dan cahaya matahari.

Sebelum masuk pada menu utama, alam akan menyambut sobat dengan menu pembuka berupa anak air terjun sekira 100 meter tingginya. Bukanlah ide yang buruk jika ingin beristirahat, sembari menetralkan kembali ritme nafas sadarlah bahwa alam nan hijau benar-benar memanjakan rasa, bersyukurlah!.

Selanjutnya persiapkan energi setidaknya 15 menit kedepan untuk menuju ke air terjun utama yang tingginya diperkirakan lebih dari 100 meter. Pada pandangan pertama, sisi estetis akan mengajak Anda untuk jujur mengagumi bahwa tidak ada yang terlihat kecuali keindahan. Untuk kesekian kalinya, bersyukurlah!.

Selebihnya, setiap traveler pasti memiliki cara unik untuk menikmati petualangan mereka. Salah satu aktivitas yang sudah mentradisi adalah selfie. Jadi, lakukanlah jika suka namun dengan tetap menjaga etika. Menyebarlah hingga menemukan sudut terbaik yang layak untuk diabadikan. Selamat Berwisata!


Fasilitas di Air Terjun Kabut Pelangi

Coban Kabut Pelangi
sumber : youtu.be/KzpN0LuPY10

Oleh karena lokasinya yang berada jauh dari pemukiman, tidak ada fasilitas yang bisa dijumpai di air terjun utama. Fasilitas umumnya bisa didapati disekitar lahan parkir. Disamping itu, akses jalan di awal-awal perjalanan juga sudah bagus dan berpaving.

Yang menarik, sobat juga bisa memesan salak Rp 5.000 / kg pada warga untuk oleh-oleh saat pulang. Di sekitar lokasi anak air terjun juga terdapat warung yang menjual makanan dan minuman. Tidak hanya itu, ada juga mushola sederhana bagi yang ingin beribadah.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kabut Pelangi :

Tiket Masuk Rp 5.000
Parkir Motor Rp 5.000

Rute & Maps Coban Kabut Pelangi
  • Via Lumajang : Dari pusat kota Lumajang, lanjutkan perjalanan mengikuti jalan nasional Lumajang – Malang. Sobat akan melewati Sumbersuko – Tempeh – Pasirian – Candipuro – hingga tiba di Polsek Pronojiwo. Di dekat Polsek, temukanlah dan ikuti arahan banner yang mengarah ke Kabut Pelangi.
  • Via Malang : Dari pusat kota Malang, lanjutkan perjalanan menuju Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Ampelgading – hingga tiba di Polsek Pronojiwo. Di dekat Polsek, temukanlah dan ikuti arahan banner yang mengarah ke Kabut Pelangi.

Lokasi Coban Kabut Pelangi : Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *