Air Terjun Kapas Biru, Lumajang – Sajian Indah Dibalik Tebing Nan Megah

Air Terjun Kapas Biru. Oleh karena letak geografinya di apit tiga gunung, Semeru, Bromo dan Lemongan, Kabupaten Lumajang di Jawa Timur sarat dengan pemandangan alam yang molek mengagumkan.

Eksotika alam Lumajang menonjol melalui karakter keras tebing-tebing curam nan elegan, cenderung basah berselimutkan rimbun kehijauan. Semua itu tergambar secara sempurna melalui jajaran air terjun indahnya.

Tuhan telah menitipkan mahakarya indah di tanah Lumajang, berupa Coban Wolu atau Coban Sriti yang sedemikian kekeh menyembunyikan diri. Dia juga mengukuhkan Coban Sewu yang selalu menawan disetiap sudutnya.

Sementara biarkan saja Goa Tetes tetap menyimpan stalagmit dan stalagtit yang eksotis berselimut mitos goanya. Artikel ini akan mengajak traveler berpetualang maya ke Air Terjun Kapas Biru yang juga terlanjur mempesona.

Kapas Biru adalah salah satu air terjun sebagai jalan bagi aliran Sungai Besukbang yang berhulu di lereng Gunung Semeru. Air terjun indah berketinggian 100-an meter ini masih berada satu kecamatan dengan semua air terjun yang disebut diatas.

Lumajang bisa menjadi destinasi terbaik bagi penggila wisata alam. Coban Kapas Biru adalah satu diantara objek wisata yang wajib dikunjungi. Anda bisa mengunjunginya di Dusun Mulyoharjo, di Desa dan Kecamatan Pronojiwo.

Kapas Biru Waterfall
sumber : @sandal_gunung_

Aktivitas di Air Terjun Kapas Biru

Persiapkanlah energi yang sebelumnya telah juga disiapkan rasa gembira, sepenuh-penuhnya. Parkir kendaraan, kemudian bersiap untuk berjalan. Ambil nafas dalam-dalam dan berlagaklah seolah manusia beruntung yang layak dimanjakan.

Sejauh kurang lebih 1,5 kilometer, air terjun ini akan menguji. Ada pos setelah melewati kebun salak. Bayar tiket masuknya untuk kemudian melanjutkan perjalanan. Menelusuri jalanan menurun tajam, banyak tikungan dengan beberapa pagar bambu dan tangga besi.

Selama berjalan kaki, sadarlah bahwa nuansa kesegaran begitu memanjakan. Hijau, kemudian hijau dan siapapun tidak akan pernah lepas dari kehijauan. Perhatikanlah, dari kejauhan Coban Kapas Biru menanti Anda dengan memamerkan garis putihnya.

Lokasi air terjun sudah sedemikian dekat ketika sobat telah sampai di sebuah jembatan bambu. Dan, selamat datang di Kapas Biru. Nikmatilah sajian alam dimana debit air yang begitu deras membuat air jatuh bak kapas. Putih dengan warna kebiru-biruan seolah membatasinya.

Air yang jatuh senantiasa menjadi pembatas kemegahan tebing yang menjulang berwarna elegan. Di permukaannya, gemericik air mengalir dengan di bantu tatanan batu-batu. Lagi-lagi, hijau tetumbuhan tersebar acak disekujur tubuh alam, menyempurnakan keindahannya.

Sudah pasti, ini adalah tempat terbaik bagi traveler penggemar selfie. Tidak terkecuali, juga sebagai surga bagi penyuka landscape photography. Bergembiralah, dengan tetap penuh etika. Usahakanlah datang bukan dimusim penghujan.

Sebenarnya, air terjun ini bertingkat dua. Tingkat bawah berketinggian 90 meteran, sementara tingkat atas hanya sekitar 10 meter saja. Bagi traveler berenergi lebih, bisa saja melebar ke beberapa air terjun tetangga, seperti Coban Kabut Pelangi, Goa Tetes, atau melebar hingga ke Tumpak Sewu.

Air Terjun Kapas Biru
sumber : direktoridinaspariwisata.wordpress.com

Fasilitas di Air Terjun Kapas Biru

Air terjun ini telah resmi dibuka sebagai objek wisata umum sejak 2015 yang lalu. Sejauh ini, fasilitas yang tersedia pun cukup memadai. Untuk konsumsi, telah ada warung penjual makanan dan minuman.

Ada juga tempat ibadah berupa mushola, gazebo, serta kamar mandi bersih. Lahan parkirnya cukup luas, hanya saja berjarak kurang lebih 1,5 kilometer dari lokasi air terjun.


Harga Tiket Masuk Coban Kapas Biru

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp. 5.000
Parkir Rp. 5.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi & Rute Air Terjun Kapas Biru

Air terjun ini bisa traveler datangi dengan menempuh perjalanan sekitar 50 kilometer dari Lumajang, sedangkan jika dari Malang berjarak sekitar 70 kilometer. Berikut rute Coban Kapas Biru, baik dari Lumajang maupun dari Malang :

  • Via Lumajang : Dari pusat kota Lumajang, lanjutkan perjalanan mengikuti jalan nasional Lumajang – Malang. Sobat akan melewati Sumbersuko – Tempeh – Pasirian – Candipuro – hingga tiba di lapangan Pronojiwo. Banner Kapas Biru terletak kurang lebih 300 meter dari lapangan tersebut, ikuti saja petunjuknya.
  • Via Malang : Dari pusat kota Malang, lanjutkan perjalanan menuju Kepanjen – Gondanglegi – Turen – Dampit – Tirtoyudo – Ampelgading – hingga tiba di Polsek Pronojiwo. Kurang lebih 100 meter dari situ temukanlah banner air terjun ini dan ikuti petunjuknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *