• sumber : wiranurmansyah.com

Air Terjun Kerta Gangga, Lombok – Harmoni Kemolekan Tiga Air Terjun

posted in: NTB, Wisata | 2

Air Terjun Kerta Gangga. Wahai petualang! Lombok punya banyak bahan cerita untuk Anda. Setiap sudut alamnya akan memberi inspirasi kisah perjalanan, sembari tetap membiarkan Anda terpesona. Jika sebelumnya Pembaca sudah punya rencana berkunjung, anggap saja ini adalah menu pembuka. Sajian maya tentang salah satu bagian nyata kemolekan Pulau Lombok, yakni Air Terjun Kerta Gangga. Letaknya di Lombok Utara, tepatnya di Dusun Kertaharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga.

Berbicara mengenai Air Terjun Kerta Gangga berarti membicarakan tentang tiga air terjun sekaligus. Tentu, suasana alam pegunungan tetaplah mendominasi. Komposisi hijau sedemikian rupa mengisyaratkan kesejukan dan kedamaian sebagai nuansa khas pegunungan. Air terjun pertama cukup tinggi dengan kemiringan berkisar 45 derajat dengan permukaan berupa kolam berair dangkal. Pemandangan disekitar benar-benar sempurna, berhias persawahan yang dibentengi perbukitan.

Air terjun kedua seolah berada didalam goa yang terletak hanya beberapa meter dibelakang air terjun yang pertama. Sangat eksotis dengan terlindung oleh tebing-tebing curam berwarna basah nan elegan dengan kolam panjang yang menantang. Adapun air terjun yang ketiga merupakan terusan aliran aliran air terjun yang kedua. Lokasinya cukup jauh dan harus memutar melintasi persawahan dan menurun, sehingga dibutuhkan energi wisata berlebih untuk menikmatinya.

Aktivitas di Air Terjun Kerta Gangga

Adalah ide bagus untuk mempersiapkan banyak rasa takjub sejak mulai beranjak dari Tanjung (pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Utara) ke Desa Gondang. Dalam kehati-hatian, nikmatilah perjalanan sejauh kurang lebih 7 kilometer melalui jalan beraspal berkelok-kelok naik dan turun. Disepanjang perjalanan itu, Anda akan dimanjakan oleh panorama barisan bukit nan hijau berlatarbelakang birunya lautan. Hanya saja, jangan terlalu terlena, tetap perhatikan jalannya.

Perjalanan akan lebih menantang ketika sampai di Dusun Kerta dengan akses jalan yang sangat khas daerah pegunungan. Setidaknya dua kilometer lagi untuk sampai di pintu masuk Air Terjun Kerta Gangga. Tetap hati-hati, menurun dan menanjak hingga saatnya Anda belok ke kiri menuju lokasi parkir kendaraan. Bersiaplah untuk trekking sambil menikmati sajian alam yang menakjubkan. Melintas persawahan, memasuki belantara hijau dengan latarbelakang air terjun pertama dan kedua.

Air terjun pertama semakin terasa dekat ketika sampai di anak tangga yang cukup panjang. Disekitar sini ada dua berugak berlantai keramik beratap merah yang bisa dimanfaatkan untuk bersistirahat dan bersantai sejenak. Air terjun pertama akan mencoba menghibur letihnya perjalanan Anda dengan pesona alamnya, terutama dari arah timur. Terlihat hamparan persawahan bak lukisan dibentengi perbukitan yang kemudian dituntaskan oleh birunya laut Jawa. Bahkan, jika cuaca mendukung, Anda bisa melihat tiga gili dari sini.

Oleh karena kemiringannya yang mencapai 45 derajat, tebing air terjun bisa didaki tanpa menggunakan alat bantu pendakian. Naiklah untuk meluapkan ketakjuban secara lebih sempurna. Bukanlah ide buruk, jika sesekali menceburkan diri di kolam dangkal di dasar air terjun itu sebelum kembali dimanjakan oleh keeksotikan air terjun yang kedua. Berjalanlah sebentar, menyeberang kolam, melewati tebing bebatuan hingga sampai di lorong jembatan besi. Berhentilah sejenak, kembali nikmati sajian lanskap pemandangannya.

Air terjun yang kedua mengesankan kemaskulinan alam yang didominasi oleh tebing-tebing curam, sehingga seolah berada di dalam goa. Dasar air terjun adalah kolam yang panjang, menantang, memicu andrenalin siapa saja. Cobalah untuk berenang sejauh kurang lebih 10 kilometer, terlebih jika ingin merasakan pijatan air terjunnya. Puaskan gairah wisata sembari mempertimbangkan masihkah ada energi untuk berlanjut ke air terjun yang ketiga. Jika masih ada, bersiaplah kembali lelah melintasi persawahan dan nikmati apa yang disajikan.

Tiket & Fasilitas Air Terjun Kerta Gangga

Wanawisata air terjun ini masih sangat alami dan belum dikelola dengan baik. Oleh karena itu fasilitas yang ada masih kurang memadai. Akses jalan mendekati lokasi parkir pun kurang bagus. Fasilitas umumnya bisa tersedia di lokasi parkir. Disana ada beberapa warung dan beberapa penjual buah-buahan. Sebelum melakukan perjalanan ke air terjun, sangat disarankan untuk menyiapkan bekal, setidaknya air mineral karena di lokasi air terjun tidak ada lagi penjual.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kerta Gangga : Setiap pengunjung bisa menikmati wanawisata ini dengan membayar tiket sebesar Rp 5.000 saja ditambah biaya parkir sekitar Rp 3.000.

Rute & Maps Air Terjun Kerta Gangga

Air terjun Kerta Gangga berjarak kurang lebih 45 kilometer ke utara dari Kota Mataram. Perjalanan berkendara akan membutuhkan kurang lebih 1,5 jam melalui jalan beraspal hotmix, namun tak lebar banyak tikungan tajam naik dan turun. Jika dari pusat pemerintahan di Kecamatan Gangga, air terjun berjarak sekitar 7 kilometer. Rute perjalanan kurang lebih sebagai berikut : Mataram-Pemenang-Tanjung-Gondang-Lendang Bagian-Penjor-Kertaraharja.

Untuk mencapai Air Terjun, jalanan relatif baik dan dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Jalanan mulai kurang bagus saat 2 kilometer terakhir menjelang tiba di lokasi. Setibanya di lokasi parkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Jaraknya kurang dari 1 kilometer atau sekitar 10 menit berjalan kaki hingga tiba di air terjun pertama. Berikut ini adalah peta petunjuk jalan ke Air Terjun Kerta Gangga dari Mataram.

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *