Air Terjun Lider, Banyuwangi – Alam nan Anggun di Lereng Gunung Raung

Air Terjun Lider. Wisata Banyuwangi terkenal, terutama melalui keindahan alamnya yang luar biasa. Ijen Crater dan G-Land merupakan beberapa destinasi yang telah akrab di mata dunia. Sebagian objek wisata menunggu waktu melambung namanya, sementara sebagian yang lain tersembunyi, kekeh terjaga keindahannya.

Selain pantai-pantai yang indah, wisata alam Banyuwangi juga tentang gunung-gunung yang membatasi wilayahnya, Gunung Raung salah satunya. Gunung tertinggi di kompleks Pegunungan Ijen ini menawarkan ragam air terjun molek yang melengkapi eksotika alamnya, Air Terjun Lider satu di antaranya.

Suka bertualang alam? Ketika ada rencana ke Banyuwangi, pergi ke Lider Waterfall adalah rekomendasi. Bersiaplah menjelajahi hutan Gunung Raung untuk kemudian tiba pada keindahan air terjun setinggi 60 meter ini. Lokasinya berada di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Lider Waterfall
sumber : @wiwinariga

Perihal Keindahan Air Terjun Lider

Air terjun di lereng timur Gunung Raung di kawasan Resort Pemangkuan Hutan Jambewangi ini sangat menawan. Setiap bagian menciptakan panorama eksotik. Percikan buih air mengurai cahaya matahari menjadi spectrum warna pelangi yang menakjubkan melalui 60 meter tumpahan air pada ketinggian 1.300 mdpl.

Air Terjun Lider Banyuwangi
sumber : @rif.ki

Lider juga didampingi oleh 4 air terjun kecil yang semakin menawan dengan dinding tebing berupa deretan batu berdimensi rata. Keberadaannya seolah menggantung di antara dua jurang yang menghimpit air terjun ini. Secuil surga sebagai hadiah terindah bagi penggila petualangan alam bebas di Banyuwangi Barat.

Perihal nama, Lider merujuk pada keberadaannya yang terletak di kawasan hutan lindung petak 74, Blok Lider. Panoramanya yang luar biasa juga didukung kondisi alam yang sejuk dan alami. Komposisi hijau rindang pepohonan berpadu dengan aneka bebatuan basah nan elegan, hal ini juga termasuk kejernihan airnya.

Tentu, sajian alam menakjubkan haruslah diperjuangkan. Siapapun mereka, sebelumnya diharuskan melakukan perjalanan penuh tantangan. Melintasi hamparan hutan pinus, cengkeh, tebu dan pemukiman khas perkebunan. Perlu juga melewati beberapa tebing curam, hingga menyeberangi sungai sebanyak 7 kali.


Fasilitas di Wisata Air Terjun Lider

Oleh karena lokasinya berada di kawasan hutan lindung, maka tidak ada fasilitas apapun di sekitar air terjun. Lahan parkir bisa ditemukan di pemukiman warga yang berjarak sekitar 1 km. Di sekitar Pos 1, tempat pengunjung mengisi daftar kunjungan, ada kantin dan toilet.


Harga Tiket Masuk Air Terjun Lider
Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp. 3.000
Parkir Motor Rp. 2.000
Parkir Mobil Rp. 5.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Air Terjun Lider Wisata Alam Banyuwangi
sumber : beritaoposisi.co.id

Peta Lokasi & Rute Air Terjun Lider

Lokasi Air Terjun Lider : Sumberarum, Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Air terjun lider berjarak sekira 45 km dari Banyuwangi. Ada dua jalur yang bisa ditempuh menggunakan mobil maupun sepeda motor. Kondisi jalan tidak bagus, terlebih di saat musim penghujan sangat licin. Jalur pertama melalui Desa Jambewangi, Kecamatan Sempu sejauh 15 km. Jalur kedua melalui Desa Sragi, Kecamatan Songgon sejauh 8 km.

Untuk jalur pertama, dari kota Banyuwangi lanjutkan perjalanan ke Kecamatan Genteng. Lanjut ke arah utara menuju Kecamatan Sempu sejauh 7 km. Setelah itu menuju Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon melewati Desa Jambewangi sejauh 7 km. Batas akhir berkendaraan ada di pos 1 kawasan perkebunan di dukuh Lider.

Jalur kedua melalui Desa Sragi, Kecamatan Songgon berjarak sekitar 8 km dari perkampungan warga. Ketika sampai di Desa Bejong, temukan pos penjagaan di pertigaan jalan. Belok ke kiri ikuti jalan hingga menemukan perkampungan, tempat pemberhentian terakhir untuk memarkir kendaraan. Lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Perjalanan menuju Air Terjun Lider akan melewati lahan perkebunan hingg turun dan menyeberangi sungai. Kondisi jalan setapak yang ada sudah cukup tertata rapi lengkap dengan petunjuk jalannya. Lebarnya sekitar setengah meter di sisi tebing jurang dan enam sungai di tengah hutan. Dari pos 1, air terjun berjarak sekitar 1 km.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *