• sumber : @airterjunmadakaripura
  • sumber : adeliamerjd.wordpress.com

Air Terjun Madakaripura, Probolinggo – Eksotis, Abadi & Nyaris Tertinggi

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Air Terjun Madakaripura. Memang benar catatan sejarah mengenai Gajahmada sangatlah sedikit, perihal wajahnya pun masih banyak mengandung kontroversi. Namun, tidak bisa dipungkiri nama itu sedemikian melekat dalam ingatan masyarakat di seantero Nusantara.

Selain Sumpah Palapa-nya yang begitu fenomenal, ada beberapa tempat yang selalu mengingatkan kita pada kebesaran nama Mahapatih Majapahit tersebut. Satu diantaranya adalah Air Terjun Madakaripura di lereng Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur.

mada” mewakili Gajahmada, “kari” berarti peninggalan, dan “pura” adalah tempat sembahyang atau semedi. Jadi, Madakaripura adalah tempat dimana Gajahmada biasa bersemedi. Sebagian orang mengatakan disinilah tempat beliau menjalani sisa hidupnya.

Terlepas dari benar tidaknya mitos-mitos yang berkembang, nama Gajahmada benar-benar tersimpan di tempat yang sangat strategis. Di masa lalu, Madakaripura diketahui sebagai tanah perdikan yang dihadiahkan Majapahit untuknya karena berhasil menyatukan Nusantara.

Saat ini, nama kawasan tersebut lebih mengerucut sebagai nama dari air terjun abadi yang selalu basah melimpah, tak pernah kurang debit airnya. Tidak hanya abadi, dengan ketinggian mencapai 200 meter, otomatis menjadi yang tertinggi di Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.

Bahkan, tidak hanya abadi dan tertinggi, wisata alam bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini benar-benar mendefinisikan keindahan secara sempurna. Seiring semua orang mengagumi betapa eksotisnya air terjun ini, saat itu pula mereka ingat nama Gajahmada.


Aktivitas di Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura
sumber : adeliamerjd.wordpress.com

Sudah pasti, sebagai bagian dari kawasan wisata Bromo yang telah mendunia, Madakaripura merupakan sudut alam yang dipastikan mampu memanjakan sisi estetis siapa saja. Jadi, jangan bingung menentukan kegiatan, rasa kekaguman bisa jadi membuat Anda kerasan bertahan.

Tidak hanya dilokasinya saja, diperjalanan pun setiap traveler akan dibuat kagum dengan pemandangan yang ada. Selama kurang lebih satu jam berjalan kaki ditemani teduhnya pohon-pohon besar, juga melalui sungai-sungai dengan didominasi sejuknya udara pegunungan.

Pastikan saja menggunakan perlengkapan badan yang sesuai untuk perjalanan di pegunungan, seperti sepatu atau sandal yang kuat dan tahan air. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan pakaian ganti, jas hujau atau bawalah payung untuk meminimalisir kebasahan.

Ketika jarak semakin dekat, seiring dengan udara yang semakin dingin, Anda tidak akan bisa terbebas dari percikan air. Air terjun ini berada di ujung lembah sempit berbentuk ceruk. Benteng tebing-tebing curamnya senantiasa meneteskan air pada seluruh bidang hingga seolah hujan.

Pastikan semangat tetap terjaga. Berjalan lebih jauh dan dengan penuh kehati-hatian menaiki tebing sempit dan licin itu, sampailah di air terjun utama berdinding tebing melingkar. Nikmat Tuhan manalagi yang hendak Anda dustakan? bersyukurlah diberi kesempatan seindah ini.

Rekomendasi terbaik, datanglah di pagi hari saat pengunjung masih sepi. Memang sejauh ini telah dibangun tempat untuk memantau aliran sungainya selama 24 jam. Meskipun begitu, usahakan kunjungan bukan dimusim penghujan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.


Fasilitas di Air Terjun Madakaripura

Wisata Air Terjun Madakaripura
sumber : @airterjunmadakaripura

Meski tidak seperti air terjun yang bertebaran di sekitar Kota Batu, Coban Rondo, Coban Talun dan Coban Rais yang lengkap dengan beragam wahana. Fasilitas yang ada di Air Terjun Madakaripura sudah cukup memadai.

Disekitar objek wisata alam ini telah ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Ada juga kamar mandi yang cukup bersih, ada lahan parkir dan juga masjid, serta persewaan payung. Demi keamanan wisatawan, bila diperlukan, ada juga jasa pemandu wisata berompi khusus.

Untuk mendapatkan fasilitas terlengkap, termasuk beragam penginapan. Ide terbaiknya adalah menjadikan obyek wisata air terjun ini menjadi satu paket dengan Wisata Bromo. Pastikan saja durasi liburan kali ini panjang dan nikmati pengalaman wisata yang lebih maksimal.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Madakaripura : Pengunjung akan dikenakan tarif masuk sebesar Rp. 11.000. Besaran tiket tersebut akan dibagi, Rp 5.000 untuk Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Probolinggo, dan Rp 6.000 untuk Perhutani.


Rute & Maps Air Terjun Madakaripura

Lokasi air terjun ini berjarak sekitar 5 kilometer dari lintas jalan raya menuju Bromo. Adapun jika dari pusat kota Probolinggo berjarak sekitar 30 kilometer. Anda bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa. Perjalanan akan melalui jalanan berkelok-kelok beraspal mulus tapi sempit.

Apabila berangkat dari arah Probolinggo, ketika sampai di Desa Sukapura temukanlah pertigaan dengan ditandai plang besar. Pilih arah kanan, kalau ke kiri ke Gunung Bromo. Dari sini masih sekitar 4 kilometer lagi untuk mencapai lokasi dan ada pertigaan lagi, pilih ke kanan hingga sampai di pintu masuk.

Lokasi Air Terjun Madakaripura : Dusun Sapih, Desa Branggah, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

  • 5
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *