Air Terjun Sendang Gile, Lombok – Hijau Berseri di Pintu Masuk TN Rinjani

Air Terjun Sendang Gile. Wisata Lombok menonjol melalui keindahan alamnya yang menakjubkan. Wisata bahari merupakan primadonanya, terutama melalui ketiga Pulau Gili di barat lautnya. Namun, jika pantai bukan selera Anda, bisa juga mencoba meluncur ke daerah dataran tingginya.

Taman Nasional Gunung Rinjani selalu siap sedia menampung pecinta keindahan alam. Datanglah, tidak perlu sampai ke puncak Rinjani yang populer itu. Bahkan di sekitar pintu masuknya saja, Anda bisa menemukan objek wisata air terjun yang hijau mempesona, Sendang Gile namanya.

Sendang Gile bisa dikunjungi di desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara, NTB. Dari dasar sungainya, air terjun ini berketinggian sekitar 31 meter dengan dua tingkatan. Desain alam membentuknya sempurna hingga memicu decak kagum siapa pun yang berada disekitarnya.

Air Terjun Sendang Gile
sumber : @tempochannel

Masyarakat setempat menyebut air terjun ini “Batu Ko’” atau batu kerbau. Perihal nama Sendang Gile, ada cerita tentang pemburuan singa gila yang lari ke hutan setelah mengacaukan kampung. Oleh penduduk, singa gila itu diberi sebutan sengang gile. Namun, lambat laun pelafalannya menjadi sendang gile.


Aktivitas di Air Terjun Sendang Gile

Berkunjung ke Sendang Gile berarti bersiap melakukan petualangan dalam nuansa penuh ketakjuban. Kesan petualangan pasti unik bagi masing-masing traveler, termasuk juga bergantung pada jalur mana yang dipilih untuk mencapai air terjun ini.

Jika memilih jalur umum, yakni melalui gerbang utama, Anda akan dihadapkan pada dua ratusan anak tangga. Jadi, bersiaplah mendaki anak tangga yang mencapai ketinggian 40 meter tersebut. Ada juga jembatan berlubang melalui sebuah lembah. Butuh 15 menit untuk sampai di lokasi air terjunnya.

Jalur kedua adalah jalur irigasi yang lebih menantang, lebih santai dan tidak terlalu menguras tenaga karena tidak harus melewati anak tangga yang begitu banyak. Selama trekking di jalur ini, Anda akan dimanjakan hamparan keindahan pemandangan lahan persawahan dan hutan.

Semua tergantung gairah petualang Anda, yang pasti sisakan banyak ketakjuban ketika sampai di Sendang Gile. Nikmatilah kesejukan udaranya, bersantailah atau lakukan apapun penuh etika di batu-batu yang mendominasi lahan sekitar air terjun ini. Pesan secangkir minuman hangat merupakan ide yang sempurna.

Ada lagi? basahi diri, mandi di bawah terpaan air terjunnya atau berendam di aliran sungainya. Jika durasi wisata Anda berlebih, lanjutkan perjalanan ke Air terjun Tiu Kelep untuk mendapatkan sensasi dan pemandangan yang berbeda. Lokasinya tidak terlalu jauh dan masih satu aliran dengan Sendang Gile.

Sendang Gile Waterfall
sumber : @lim_franky

Fasilitas di Air Terjun Sendang Gile

Tidak banyak fasilitas yang ada di lokasi objek wisatanya. Di sekitar air terjun hanya ada beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman. Untuk akomodasi, sebagai jalur pendakian Gunung Rinjani, desa Senaru memiliki banyak penginapan dan hotel di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Sendang Gile :

Keterangan Harga
Tiket Masuk Rp 10.000
Parkir Rp 5.000
Harga & Pilihan Hotel Lihat

Lokasi & Rute Air Terjun Sendang Gile

Lokasi Sendang Gile Waterfall : Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Dari Mataram, desa Senaru bisa dicapai dengan sekitar 2,5 jam perjalanan berkendara. Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa memilih jalur Lendang Bajur di Gunung Sari. Rute angkutan ini akan melewati kawasan hutan Baun Pusuk dan langsung menuju desa Senaru.

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau ingin menyewa mobil di Lombok. Bisa juga memilih jalur pesisir barat melalui kawasan Pantai Senggigi dan melewati Bukit Malibu. Selain durasi perjalanan sedikit lebih singkat (2 jam), pemandangan selama perjalanan sangat menakjubkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *