Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali – Indah Alamnya, Lengkap Fasilitasnya

Selain sebagai sentra seni budaya Bali, Gianyar terkenal dengan pemandangan alamnya yang damai berseri. Meski Ubud telah sedemikian baik merangkum pesona Gianyar dalam satu kawasan, masih banyak spot wisata menarik lain yang tersebar di kabupaten ini. Air Terjun Tegenungan misalnya, yang berlokasi di Sukawati.

Tegenungan Waterfall merupakan salah satu Air Terjun Gianyar yang sudah sangat populer, termasuk di kalangan wisatawan mancanegara. Akses untuk mencapainya sangat mudah dan lokasi air terjun ini pun tidak terlalu jauh dari Ubud. Kurang lebih 10 km atau sekitar 20 menit berkendara dari pusat wisata Ubud Bali.

Air Terjun Tegenungan berlokasi di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali. Anda bisa saja mengunjunginya sebelum atau sesudah menjelajahi Tempat Wisata Ubud. Atau, menjadikannya satu paket kunjungan dengan objek wisata Sukawati lain, seperti Kemenuh Butterfly Park dan Pasar Seni Sukawati.

Air Terjun Tegenungan Gianyar
credit: unsplash/@shravanmy

Daya Tarik Tegenungan Waterfall

Tegenungan merupakan objek wisata air terjun berketinggian sekitar 15 meter. Meski tidak setinggi Air Terjun Sekumpul maupun Air Terjun Gitgit Buleleng, air terjun ini hadir dengan daya tarik tersendiri. Aliran airnya sangat deras bergemuruh. Udara yang segar turut menghadirkan suasana penuh kedamaian.

Komposisi alam telah membentuk keindahan sedemikian rupa. Lanskapnya eksotis dengan dominasi hijau pepohonan tetumbuhan yang berpadu dengan karakter keras tembok tebingnya yang khas. Pemandangan yang memanjakan mata, bahkan menyambut setiap wisatawan dari kejauhan, sebelum benar-benar tiba di lokasinya.

Saat mengunjungi Air Terjun Tegenungan Gianyar Bali, setiap pengunjung akan menuruni puluhan anak tangga berpagar besi. Dalam perjalanan itu, terdapat sejumlah spot selfie seperti sarang burung dan akar yang berbentuk love. Selain itu, ada juga spot berupa ayunan besar di tebing sisi kanan air terjun ini.

Ketika cuaca cerah, wisatawan bisa berenang atau bermain air, baik di kolam maupun di aliran sungainya. Hal ini berbeda ketika Anda berkunjung pada musim penghujan, karena ada larangan berenang. Saat hujan, arus airnya sangat besar sehingga pengunjung hanya boleh menikmati pemandangan atau berswafoto saja.

Selebihnya, masih banyak hal yang bisa Anda lakukan di Tegenungan Waterfall Bali. Bagi pecinta photography, banyak spot menarik untuk diabadikan. Tidak jarang air terjun ini juga menjadi tempat bagi mereka yang ingin menguji adrenaline melalui kegiatan ekstrem, yakni melompat dari puncak air terjun ini.

Tegenungan Waterfall Gianyar Bali
credit: unsplash/@mahkeo

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Sebagai salah satu objek wisata alam populer Bali, Air Terjun Tegenungan Gianyar telah dikelola dengan sangat baik. Aksesnya bagus dengan anak tangga berpagar besi. Untuk menunjang aktivitas wisata pun telah tersedia sejumlah spot selfie. Tiket masuknya sekitar 15 ribu rupiah sudah termasuk parkir.

Selain memiliki lahan parkir yang luas, banyak pula tersedia warung penjual makanan dan minuman. Sepanjang perjalanan menuju air terjun juga terdapat toko-toko yang menjual cinderamata. Untuk akomodasi, cukup mudah menemukan hotel, homestay maupun vila tidak jauh dari lokasi objek wisata ini.

Air Terjun Tegenungan Kemenuh Sukawati Bali
credit: John Ellis, CC BY 3.0, edited

Rute Air Terjun Tegenungan Bali

Tegenungan Waterfall beralamat di Banjar Tegenungan, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali. Berjarak sekitar 3 km dari Pasar Seni Sukawati. Selain Pasar Seni Ubud, pasar inilah yang terkenal sebagai tempat berburu oleh-oleh khas Bali dengan harga murah. Jadi, Anda wajib juga mengunjunginya.

Akses untuk mencapai air terjun sangat mudah. Anda bisa mencapainya dengan kendaraan pribadi atau bisa menyewa sepeda motor atau mobil di Bali. Lokasinya berjarak kurang lebih 17 menit berkendara dari Ubud, 35 menit dari Kota Denpasar, atau 50 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Lihat Peta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *