Air Terjun Tiu Ngumbak, Lombok – Sudut Rinjani Yang Molek Tersembunyi

Air Terjun Tiu Ngumbak. Meski diketahui bahwa Lombok sangat populer dengan keindahan wisata baharinya. Oleh karena beberapa pertimbangan, ada sebagian traveler yang lebih memilih menikmati pulau di timur Bali tersebut dengan berpetualang di kawasan pegunungannya.

Taman Nasional Gunung Rinjani menjadi tujuan utama. Bukan hanya tentang pendakian, namun juga tentang desa wisata yang beberapa di antaranya memiliki air terjun menakjubkan. Sebagai misal, Desa Senaru yang indah juga termasuk Sendang Gila dan Tiu Kelep Waterfall yang telah mendunia.

Selain yang telah disebutkan, masih ada beberapa objek wisata air terjun lain di lereng Gunung Rinjani, salah satunya adalah Tiu Ngumbak. Air terjun molek berketinggian sekitar 40 meter yang bisa dijumpai di Dusun Beleq, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.

Tiu Ngumbak Waterfall
sumber : @yunanramadhan_

Airnya jatuh langsung mengenai bebatuan dan menghasilkan aliran air seperti ombak. Karena itu dinamakan Tiu Ngumbak atau Tiu Umbak. Tiu sendiri merupakan istilah lokal untuk menyebut pusaran air dari air terjun. Karena itu banyak air terjun di Lombok disebut Tiu, misal lainnya adalah Tiu Pupus.

Air terjun ini masih cukup tersembunyi di kawasan desa adat yang eksotik, yakni Desa Adat Dusun Beleq. Sebuah pemukiman yang dikatakan masih sangat terbelakang dari peradaban. Nuansa adat demikian kentara, baik dari arsitektur rumah maupun aktivitas keseharian masyarakatnya.

Air Terjun Tiu Ngumbak
sumber : @aryaryadi

Jadi, berkunjung ke Air Terjun Tiu Ngumbak, selain berpetualang alam juga berwisata budaya. Nikmatilah setiap detik perjalanan Anda. Memulai dengan memasuki eksotikan perkampungan adat khas Lombok, untuk kemudian bersusah payah mencapai keindahan air terjunnya.

Sobat akan melalui perkebunan kopi dan kakao. Lalu melalui jalanan curam dan licin dengan jurang berada di sebelah kirinya. Terkesan ekstrim memang, namun bagi Anda sang petualang sejati, semua perjuangan itu akan memberi pengalaman wisata tersendiri.

Lokasinya yang tersembunyi dengan lika-liku jalan untuk mencapainya, turut menandakan keterbatasan fasilitas yang ada. Oleh karena itu, setiap wisatawan disarankan untuk membawa bekal sendiri, termasuk air mineral sebagai bekal di perjalanan.

Gumantar Lombok
sumber : @_____brownsugar____

Lokasi & Rute Air Terjun Tiu Ngumbak

Lokasi Tiu Ngumbak : Dusun Beleq, Desa Gumantar, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara

Dari pusat Kota Mataram, mulailah melakukan perjalanan berkendara sekitar 2 jam menuju Desa Gumantar di Kabupaten Lombok Utara. Rutenya masih satu jalur dengan Air Terjun Tiu Teja, namun karena lokasinya sulit dicapai sehingga belum banyak yang tahu keberadaannya.

Di Desa Gumantar, untuk menuju lokasi air terjun, Anda akan melalui Dusun Beleq, desa adat Suku Sasak yang sangat tradisional itu. Selanjutnya, melanjutkan perjalanan dengan kondisi jalan yang kurang bersahabat melewati perkebunan kopi dan kakao.

Saran terbaiknya, parkir kendaraan Anda di sekitar perkebunan tersebut. Karena setelah perkebunan itu, kondisi jalan semakin menyempit, kemudian melewati jalan curam dan licin di pinggir jurang sebelum sampai lokasi air terjun. Durasi berjalan kaki sekitar 1 jam.


Tiu Ngumbak di Mata Mereka
randy widyanata
randy widyanata
06:51 20 Jun 19

Medan tempuh yang lumayan menguras tenaga akibat bekas longsoran.

DedDy Snt
DedDy Snt
14:41 15 May 18

Perjalanan yang jauh, lelah, tapi semua itu terbayar saat melihat keindahan air terjun yang terjaga keasliannya dan begitu Indah sekaligus menyegarkan..

Dhani jr
Dhani jr
06:29 28 Mar 18

Jangan ngaku trip kalau ga pernah kesini

Supardani Dan
Supardani Dan
00:57 26 May 17

Masih belum banyak pengunjung ke lokasi ini jadi bakalan sangat asik buat dikunjungi.

Gatot Teguh Ariparianto Anto Corter
Gatot Teguh Ariparianto Anto Corter
14:30 03 Oct 16

Air terjun tiu umbak adalah salah satu medan yg terberat yg pernah sy coba. Terjal, ektrim.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *