Air Terjun Tiu Pupus, Lombok – Wisata Indah Alami, Tumpuan Para Petani

Air Terjun Tiu Pupus. Wisata Lombok memang layak disuka. Setiap bagiannya selalu mampu memanjakan siapa saja, tidak terkecuali Lombok Utara. Selain Pulau Gili yang populer hingga mancanegara, kabupaten termuda di Nusa Tenggara Barat ini juga kaya air terjun, Tiu Pupus salah satunya.

Jika sebelumnya sobat traveler pernah mendengar tentang air terjun Kerta Gangga, Tiu Pupus adalah tetangga dekatnya. Jarak antara keduanya, hanya perlu ditempuh 5 menit berkendara. Sama-sama mempesona, sehingga layak dijadikan satu paket wisata. Pertimbangkanlah!

Jika telah mantab, segeralah berangkat. Lokasi air terjun Tiu Pupus berada di Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Sama dengan Kerta Gangga, hanya berbeda dusun saja. Jika Tiu Pupus di Dusun Kerurak, Kerta Gangga berada di Dusun Kertaharja.

Tiu Pupus Lombok
sumber : @ipulkhabi

Perihal namanya, Tiu Pupus kurang lebih berarti air yang mengalir dari akar kayu. Air mengalir melalui akar pohon yang rindang sebelum akhirnya jatuh ke kolam alaminya. Sekitar 40-50 meter tingginya. Tidak jauh berbeda dengan primadona air terjun di Desa Senaru, Tiu Kelep dan Sendang Gile.

Selain sebagai objek wisata, Tiu Pupus menjadi tumpuan para petani disekitarnya. Pada tahun 2004, dibangunlah Bendungan Sengkukun yang menampung aliran air dari air terjun tersebut. Air bendungan itu dimanfaatkan untuk kebutuhan pengairan sawah dan kebun petani dibawahnya.

Air Terjun Tiu Pupus
sumber : @amjhad.allcl

Untuk mencapai Tiu Pupus, setiap pengunjung akan melewati jembatan yang dibangun di atas bendungan. lalu, menyusuri jalan setapak dan jembatan kayu di sekitar tebing di pinggiran bendungan. Dibutuhkan kurang lebih 15 menit berjalan kaki untuk mencapai lokasi.

Air Terjun Tiu Pupus merupakan objek wisata yang masih sangat alami. Belum dikelola dengan baik untuk tujuan wisata. Oleh karena itu, dalam hal fasilitas sangatlah kurang. Harga tiket masuknya pun gratis, namun jika ingin menyumbangkan uang secara sukarela pun dipersilahkan.

Bagi sobat traveler yang ingin berkunjung ke air terjun ini, saran terbaik adalah membawa perbekalan sendiri. Belum ada warung penjual makanan dan minuman. Meski demikian, di sekitar lokasi kini telah ada kamar mandi yang bisa dimanfaatkan untuk ganti baju jika ingin mandi disini.

Tiu Pupus Waterfall
sumber : @zulfikarakbrr

Lokasi & Rute Air Terjun Tiu Pupus

Dusun Kerurak tempat air terjun ini berada berjarak sekitar 50 km dari Kota Mataram. Sobat bisa menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Namun, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil dari Mataram.

Ada dua rute untuk mencapainya. Pertama; Mataram – Pusuk – Pemenang – Tanjung – Gondang – Lendang Bagian – Kerurak – Tiu Pupus. Rute kedua; Mataram – Senggigi – Pemenang – Tanjung – Gondang – Lendang Bagian – Kerurak – Tiu Pupus.

Jika menggunakan angkutan umum, hanya bisa sampai Pasar Gondang. Selanjutnya, naik ojek menempuh perjalanan 5 km lagi hingga sampai lokasi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, ikuti saja rute di atas. Ketika sampai di Gondang sudah banyak petunjuk arahnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *