5 Aktivitas di Pulau Pramuka Beserta Biaya dan Cara Terbaik Pergi Ke Sana

Pulau Pramuka. Kepulauan Seribu seperti tidak akan pernah habis dijelajahi. Itulah mengapa, jika sobat pernah ke sana, sudah semestinya datang kembali. Atau, jika belum pernah menjamahnya, rencanakanlah satu kunjungan.

Pulau Tidung memang menawan, apalagi Pulau Harapan. Namun, wisata ke Pulau Seribu tidak akan pernah lengkap jika belum berkunjung ke pusat pemerintahannya, yakni Pulau Pramuka. Selain indah, sangat lengkap fasilitas dan aktivitas wisatanya.

Ketika sampai di sini, penulis berasumsi Anda memang ingin melakukan trip ke Pulau Pramuka. Artikel ini bisa menjadi menu pembuka pengetahuan Anda tentangnya. Tentang aktivitas wisatanya, juga mengenai biaya dan cara terbaik pergi ke sana.

Keindahan Bawah Laut Pulau Seribu
Surga Bawah Laut Pulau Pramuka

Mengunjungi Penangkaran Penyu & Hiu

Penangkaran penyu sisik adalah salah satu daya tarik pulau yang termasuk dalam kelurahan Pulau Panggang ini. Tidak hanya melihat, wisatawan juga bisa berinteraksi langsung dengan menyentuh penyu-penyu sisik di penangkarannya.

Di penangkaran yang telah ada sejak 1984 ini, pengunjung bisa menyaksikan siklus kehidupan penyu, mulai dari tukik hingga dewasa. Khususnya jika datang di waktu yang tepat, Anda juga bisa ikut proses pelepasan penyu di tepi pantai.

Tidak hanya penangkaran penyu, di Pulau Pramuka wisatawan juga bisa mendapati penangkaran hiu. Sangat menarik sekaligus terkesan menegangkan, apalagi jika Anda berminat lebih dekat atau mencoba berenang dengan mereka.

Menikmati Keindahan Surga Bawah Laut

Snorkeling
Snorkeling di Pulau Pramuka

Kepulauan Seribu dikenal karena keindahan dunia bawah lautnya yang menakjubkan. Aktivitas penyelaman, khususnya snorkeling, menjadi aktivitas wajib untuk dilakukan. Berwisata ke Pulau Seribu, pastikan juga untuk mencobanya.

Menariknya, selain di Pulau Pari dan Pulau Harapan, perairan sekitar Pulau Pramuka juga merupakan spot snorkeling terbaik di sana. Terusan Penyu nama spotnya. Dalam kedalaman 6-10 meter, bawah lautnya sangat mempesona.

Nikmatilah keindahan dari komposisi aneka terumbu karang yang telah lengkap juga dengan ikan-ikan hias yang berkejaran. Jangan lupa membawa roti, sebagai umpan agar ikan-ikan lucu dan menggemaskan itu mendekati Anda.

Mencoba Keseruan Wahana Watersport

Liburan haruslah seru dan ceria. Apalagi jika kali ini adalah wisata keluarga. Sebagai pulau dengan fasilitas wisata yang sangat lengkap, di pulau ini juga telah tersedia aneka wahana watersport. Nikmatilah satu di antaranya.

Mungkin, mencoba keseruan di atas air dengan menaiki banana boat. Bisa juga mencoba sensasi lain dengan menaiki donut boat atau jetsky. Dan, yang tak kalah menariknya adalah menjelajahi perairan dengan mendayung kano.

Bersepeda dan Menjelajahi Pulau Pramuka

Travel ke Pulau Pramuka
Travel ke Pulau Pramuka

Wisata ke sebuah pulau, satu hal yang menarik adalah menjelajah dan mencoba menemukan sudut-sudut terbaik untuk diabadikan. Persiapkan kamera atau smartphone Anda. Berswafoto atau bidiklah satu dua pemandangan terindah.

Jelajahi pulau dengan bersepeda. Persewaan sepeda pun bisa ditemukan dengan mudah. Untuk diketahui, Pulau Pramuka luasnya mencapai 9 hektar. Setidaknya dibutuhkan satu jam bersepeda, jika ingin puas mengelilingi pulau ini.

Jangan lupa mampir ke Taman Mangrove yang berada di pantai timur pulau ini. Untuk menjelajahi taman seluas 3.000 meter persegi ini, telah tersedia jembatan-jembatan kayu yang didesain sedemikian rupa. Banyak juga spot selfienya.

Sensasi Memancing Ikan di Pulau Pramuka

Wisata Pulau Pramuka menawarkan banyak aktivitas. Selain yang disebutkan di atas, memancing juga merupakan kegiatan menarik. Banyak wisatawan yang memancing dan mendapatkan ikan baronang, lingkis, belanak dan kakap putih.

Lokasi paling strategis untuk memancing adalah di sekitar Taman Mangrove. Di taman tersebut rencananya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas, termasuk penerangan lampu agar pengunjung juga bisa memancing di malam hari.

Island Hopping ke Pulau-Pulau Terdekat

Jelajah Pulau Seribu
Jelajah Pulau Seribu

Pastikan liburan ini panjang, mungkin 2-3 hari. Pasalnya, wisata di Kepulauan Seribu Jakarta tidak lengkap tanpa menjelajahi pulau-pulau terdekat. Sewalah perahu, melebar ke Pulau Panggang, Pulau Semak Daun atau pulau-pulau lainnya.

Dengan berwisata beberapa hari, Anda juga berkesempatan menikmati indahnya pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam. Selain itu, wisata Pulau Seribu umumnya ada agenda pesta barbeque. Bersantap kuliner khas laut di tepi pantai.

Biaya dan Cara Terbaik ke Pulau Pramuka

Tentu, Anda tidak akan bisa merasakan kegembiraan aktivitas dalam poin-poin di atas tanpa melakukan trip ke Pulau Pramuka. Jadi, tandai penanggalan Anda. Sisakan waktu luang 2-3 hari untuk sepenuhnya berwisata.

Selanjutnya, Anda bisa memilih trip ala backpacker atau memanfaatkan paket wisata. Jika ingin berwisata tanpa agen travel, Anda perlu naik transportasi laut dari Kali Adem atau Marina di Jakarta Utara. Berikut perkiraan biayanya:

Tiket Kapal (Kali Adem)± Rp 50.000
Tiket Speedboat (Marina)± Rp 150.000
Penginapan / Homestay± Rp 250.000 / malam
Alat Snorkeling± Rp 35.000 / orang
Banana Boat± Rp 30.000 / orang
Sewa Sepeda± Rp 10.000 / jam
Donut Boat± Rp 35.000 / orang
Makan± Rp 15.000 – Rp 20.000
Opsi PenginapanLihat Daftar
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Jika tidak ingin ribet, manfaatkan saja layanan Paket Wisata Pulau Pramuka yang banyak tersedia. Ini adalah opsi ideal, terutama jika ini adalah liburan bersama rombongan. Semakin banyak anggotanya, semakin murah harga per orangnya.

Selain lebih terorganisir, jasa agen travel umumnya sudah termasuk berbagai fasilitas. Sehingga, Anda dan rombongan tidak lagi dipusingkan oleh keperluan-keperluan selama berwisata di sana, penginapan dan makan misalnya.

Menggunakan layanan travel Pulau Pramuka adalah ide bagus, namun perlu juga kehati-hatian dalam memilih agen travelnya. Sebagai pertimbangan awal, di sini blogkulo.com menyarankan agen travel Dino Traveling.

Dino Traveling adalah agen travel yang dikelola langsung oleh Putra Kepulauan Seribu. Dan, telah sukses melayani paket wisata selama bertahun-tahun. Selain menawarkan berbagai pilihan paket, harganya pun murah.

Untuk paket wisata Pulau Pramuka 2H1M malam, harganya mulai IDR 340K. Adapun paket 3H2M, harganya mulai IDR 470K. Untuk info lengkap, termasuk detail fasilitasnya, Anda bisa mengunjungi situs resminya melalui tabel info berikut ini.

INFO KONTAK / BOOKING DINO TRAVELING
Telp0852-0000-0344
Situs / BookingDino Traveling (dinotraveling.com)
Peta LokasiGoogle Maps

Demikian informasi mengenai “5 Aktivitas di Pulau Pramuka Beserta Biaya dan Cara Terbaik Pergi Ke Sana”. Sebagai alternatif lain untuk wisata di Pulau Seribu, baca juga Biaya ke Pulau Tidung di Kepulauan Seribu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *