ARTJOG 2019 “Arts in Common” Akan Dimulai 25 Juli 2019 di Yogyakarta

ARTJOG 2019 (MMXIX). Yogyakarta memang istimewa, khususnya dalam hal seni dan budaya. Art Jog termasuk salah satu event yang senantiasa menghidupkannya. Sebuah festival seni rupa kontemporer internasional tahunan terbesar di Indonesia yang berbasis di Yogyakarta. Setiap tahun tidak kurang 50 ribu pengunjung memadatinya, baik domestik maupun mancanegara.

Sejak pertama kali dihelat di tahun 2008, pagelaran Art Jog selalu memukau. Event ini telah berdedikasi dalam membangun jaringan seni rupa kontemporer nasional serta terkoneksi dengan beragam komunitas seni rupa yang mendunia. Art Jog menjadi ruang berbagi, berbagi pengetahuan dan pengalaman estetika serta perkembangan seni terbaru.

Di tahun 2019 ini, Art Jog segera hadir kembali dengan wajah barunya, ARTJOG MMXIX “Arts in Common”. Diusungnya “Arts in Common” sebagai tema besar ARTJOG 2019 adalah untuk menawarkan pemahaman apa yang akan ditampilkannya dalam tiga tahun ke depan. Berusaha menjadi sebuah perhelatan yang semakin ramah dan membumi untuk segenap kalangan.

Arts in Common terinspirasi dari “the commons” yang secara spesifik mewakili suatu khazanah (repository). Khazanah dari berbagai informasi, pengetahuan, benda, atau bahkan sumber daya (non material maupun material) yang diwariskan dan diciptakan secara individual maupun kolektif. Sehingga keberadaannya diharapkan bisa bertahan dan bermanfaat secara luas untuk generasi mendatang.

“Arts in Common percaya bahwa hari-hari ini, keragaman dan pencanggihan ekspresi seni rupa kontemporer sesungguhnya tetap menawarkan makna bersama yang kontekstual dengan dunia sehari-hari di sekitar kita. Selain itu, Arts in Common melihat bahwa ekspresi kesenian pada dasarnya adalah manifestasi dari kreativitas, sebagai sumber daya dalam individu manusia yang paling manusiawi yang seharusnya menjadi pengetahuan bersama,”Agung Hujatnika (Kurator ARTJOG MMXIX).

Berbagai presentasi bentuk seni lintas disiplin akan mewarnai perhelatannya kali ini dan tidaklah terbatas pada satu bentuk medium saja. Sebagai sebuah festival seni kontemporer, ARTJOG menawarkan ruang bagi keragaman praktik dan pemaknaan seni kontemporer. Tidak terkecuali, turut menghadirkan ragam seni pertunjukan yang memang telah terbiasa dihadirkan dalam perhelatan ARTJOG.


ARTJOG 2019 “Arts in Common”

LokasiJogja National Museum (JNM), Kota Yogyakarta, Yogyakarta
Tanggal Mulai25 Juli 2019
Tanggal Akhir25 Agustus 2019
Situs Resmiartjog.co.id
Akomodasi Lihat Daftar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *