• sumber : we-needinfo.blogspot.co.id

Bangbarongan, Jawa Barat – Kesenian Tari Barong dari Ujung Berung

posted in: Jawa, Jawa Barat, Seni dan Budaya, Tari | 0

Bangbarongan adalah sejenis permainan atau kesenian tari barong dari Ujungberung, Bandung, Jawa Barat. Seni ini juga dapat ditemukan di kampung Tarikolot, Desa Cikeusal, Kecamatan Luragung dan Cidehu serta Ciledug, Jawa Barat.

Kesenian ini dimainkan oleh penari yang memainkan karakter barong dengan memakai Topeng Barong, sedangkan kostumnya memakai karung goni. Dahulu tari ini merupakan kesenian yang cukup populer yang biasanya dipertunjukkan dalam acara-acara khusus seperti sunatan, festival atau hari kemerdekaan Indonesia.

Dalam setiap pertunjukannya, kesenian ini biasa diiringi oleh waditra (alat musik) yang terdiri dari Genjring atau Rebana, Bedug dan Biola. Dimeriahkan juga oleh seorang ronggeng atau badut untuk menghadirkan lawakan kepada penonton. Pada pertunjukan Tari Bangbarongan yang asli, beberapa penari ada yang kerasukan.

Kesenian tradisional ini memiliki beberapa jenis yang dinamai sesuai dengan karakter hewan. Diantaranya Buburokan, Mamacanan, Gagajahan, Momonyetan, dan Kukudaan (kuda lumping). Sayangnya, saat ini tari tradisional menjadi kesenian yang langka dan sangat jarang dipentaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *