Banyuwangi Ethno Carnival 2019 – Kemeriahan Hebat di Penghujung Juli

Banyuwangi Ethno Carnival 2019. Kota Festival adalah satu di antara banyaknya julukan Banyuwangi. Setiap tahunnya, puluhan event rutin digelar di kabupaten terbesar di Jawa Timur ini. Untuk tahun 2019 ini saja, Pemkab Banyuwangi telah meluncurkan 99 event dalam rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fest).

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) termasuk dalam rangkaian B-Fest 2019 dan menjadi salah satu dari tiga event yang masuk CoE Wonderful Indonesia 2019, bersama dengan International Tour de Banyuwangi Ijen, dan Gandrung Sewu. BEC rencananya akan diselenggarakan 27 Juli mendatang di Taman Blambangan.

BEC merupakan karnaval busana berakarkan seni dan tradisi lokal namun dikemas modern nan megah. Event inilah yang mengawali julukan “Kota Festival” bagi Banyuwangi.

Sejak sukses pada gelaran pertamanya di tahun 2011, BEC menjadi penyemangat masyarakat Banyuwangi untuk mengangkat potensi dan budaya melalui rangkaian kegiatan yang dikemas dalam tajuk Banyuwangi Festival.

BEC merupakan event terbesar yang di dalamnya menggambarkan keragaman etnik di Banyuwangi. Jawa, Madura, Pandalungan, Bali dan Osing, semuanya harmoni memancarkan ekspresi seni yang unik. Peserta, penonton dan penyelenggara yang bergairah turut menjadi daya tariknya.

Setiap tahunnya selalu ada tema baru untuk karnaval ini. Jika tahun 2018 yang lalu tema yang digunakan adalah “Puter Kayun“, Banyuwangi Ethno Carnival 2019 akan mengusung tema “Kingdom of Blambangan“. Kisah tentang kerajaan Blambangan yang menjadi cikal bakal Kota Banyuwangi.

Banyuwangi Ethno Carnival merupakan event Banyuwangi yang paling ditunggu-tunggu oleh wisatawan. Jadi, jika sobat traveler punya rencana wisata ke Banyuwangi, pastikan berada di Bumi Blambangan ketika BEC 2019 sedang berlangsung. Catat tanggal mainnya dan persiapkan kegembiraan Anda.

Selain menawarkan kemeriahan BEC 2019, Banyuwangi juga merupakan salah satu destinasi wisata utama di Jawa Timur. Di kabupaten yang juga dijuluki “The Sunrise of Java” ini banyak sekali objek wisata alam. Tiga di antaranya telah mendunia, yakni Ijen Crater, Baluran National Park, dan G-Land.


Banyuwangi Ethno Carnival 2019

Lokasi Taman Blambangan, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur
Tanggal Mulai 27 Juli 2019
Tanggal Akhir 28 Juli 2019
Situs Resmi disbudpar.jatimprov.go.id
Akomodasi Lihat Daftar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *