Coban Supit Urang, Malang – Keindahannya Tersaji Bagi Yang Punya Nyali

Coban Supit Urang. Malang adalah destinasi ideal bagi pecinta wisata alam. Di samping ratusan pantai yang tersebar di pesisir selatannya, Malang Raya juga tentang gunung-gunung menjulang. Menariknya, dataran tinggi Malang juga berhias ragam air terjun yang jelas mempesona.

Pujon, sebagai wilayah dataran tinggi yang dekat dengan Kota Wisata Batu, juga menyimpan potensi wisata tersendiri, termasuk beberapa air terjun yang siap memanjakan siapa saja. Jika sudah akrab dengan nama Coban Rondo dan Sumber Pitu Pujon, sobat juga harus kenal dengan Coban Supit Urang.

Coban (air terjun) Supit Urang merupakan air terjun eksotis yang tersembunyi, sehingga dibutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Jika nekat dan sudah mantab, temukan coban ini di Taman Hutan Raya (tahura) R Soeryo, tepatnya di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon, Malang, Jawa Timur.


Aktivitas di Coban Supit Urang

Coban Supit Urang Malang
sumber : @bahrul_clevo

Aktivitas awal yang harus terpenuhi adalah berusaha menemukannya. Begitulah adanya, air terjun ini terlalu pintar menyembunyikan diri, kecuali sobat datang bersama mereka yang terbiasa mengunjunginya. Meski dibantu Google Maps sekalipun, perlu kiranya banyak bertanya pada warga.

Bersiaplah melakukan perjalanan jauh, mencoba bersahabat dengan alam dimana suasana khas pedesaan akan senantiasa mendominasi. Seiring hawa segar pegunungan gemar menyapa, peluh keringat para petani di lereng-lereng pegunungan meneguhkan betapa romantis alam menyambut kedatangan Anda.

Untuk diketahui, Air Terjun Supit Urang bukan tentang satu namun tiga air terjun yang selalu siap memanjakan para pecinta. Pertama, adalah Coban Supit Urang itu sendiri. Di atasnya ada Coban Undak, dan kemudian ada Coban Watu Talang. Yang pasti, jika ingin menikmati semuanya dibutuhkan nyali dan energi yang mencukupi.

Besarnya perjuangan dipastikan senada dengan kegembiraan yang didapatkan. Alam akan membayar lunas, bahkan cenderung berlebih melalui keeksotikan yang disajikan. Komposisi batu-batu sangat mendominasi, selimut rimbun hijau, dan pasti sejuk gemericik air jernih yang selalu merayu Anda untuk basah bersamanya.


Fasilitas di Coban Supit Urang

Coban Supit Urang
sumber : @yona.angga

Jika sobat membaca artikel ini runut dari atas, pasti bisa membayangkan fasilitas apa yang ada di wisata alam ini. Tidak ada sama sekali, kecuali tangga sederhana di tebing terjal yang disediakan untuk mereka yang ingin lanjut ke Coban Undak. Wisata ini masih sangat alami berlabel “khusus” bagi pecinta alam sejati.

Bagaimana dengan lahan untuk parkir kendaraan? tidak ada! Sejauh ini, para traveler biasa memarkir kendaraannya di sekitar kebun warga. Pastikan untuk mengendarai sepeda motor, karena roda empat sangat tidak memungkinkan. Selebihnya, persiapkan juga bekal konsumsi yang mencukupi.

Harga Tiket Masuk Coban Supit Urang : Sejauh ini tidak ada biaya, sehingga traveler bisa menikmatinya secara gratis. Biaya mungkin hanya untuk parkir sekitar Rp 2.000.


Rute & Maps Coban Supit Urang

Jika berangkat dari pusat Kota Malang, sobat perlu melakukan perjalanan sejauh 34 kilometer ke arah Pujon melalui Kota Batu. Durasi perjalanan mungkin 1,5 jam dengan akses jalan yang sangat baik. Ketika sampai di wilayah Pujon, yang perlu perhatikan adalah Masjid Ngroto.

Jika sudah sampai di masjid yang berada di sebelah kanan jalan tersebut, lanjutkan perjalanan dengan memasuki gang hingga tiba di Desa Madiredo. Adapun jika sobat datang dari arah sebaliknya (Ngantang/Kediri), berarti posisi masjid ada di sebelah kiri jalan. Selamat Bertualang!

Lokasi Coban Supit Urang : Sidomulyo, Madiredo, Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur

  • 2
    Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *