Air Terjun di Lumajang – 8 Air Terjun Menakjubkan di Lumajang Jawa Timur

Air Terjun di Lumajang. Kabupaten Lumajang di Jawa Timur menawarkan citarasa alam unik karena dikelilingi tiga gunung berapi, Semeru, Bromo, dan Lemongan. Ada 30-an sungai yang tersebar di wilayah. Mengalir melalui lembah-lembah curang sebelum akhirnya berakhir di Laut Selatan.

Di antara puluhan sungai yang ada, sebagian memiliki aliran cukup besar. Sungai-sungai inilah yang dalam perjalanannya menciptakan aneka air terjun yang menakjubkan. Melihat ketinggiannya yang mencapai 100 meter lebih, beberapa air terjun di Lumajang termasuk yang tertinggi di Indonesia.

Bagi sobat traveler yang suka dengan wisata air terjun, Lumajang adalah destinasi wisata terbaik di Jawa Timur. Dalam hal ini, wilayah Pronojiwo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang, menjadi markas bagi sebagian besar air terjun terindah di Lumajang.

Tertarik untuk berpetualang di Kabupaten Lumajang? dalam artikel ini telah tersaji, setidaknya 8 air terjun Lumajang terindah dan wajib masuk dalam daftar atas kunjungan Anda. Sebagian tersebar di perbatasan Malang dan Lumajang. Untuk kemudahan, saran terbaik berangkat dari Malang.

Daftar Air Terjun di Lumajang, Jawa Timur


Air Terjun Tumpak Sewu

Coban Sewu Lumajang
credit: dokpri

Tumpak Sewu atau juga disebut Coban Sewu adalah salah satu air terjun tercantik di Pulau Jawa. Menghadirkan formasi alam yang unik. Aliran airnya melebar bak tirai bertipe tiered (berjenjang). Air mengalir hingga terjatuh ke lembah curam yang memanjang dengan elevasi 500 mdpl.

Secara administratif, objek wisata air terjun yang ketinggiannya mencapai 120 meter ini terletak di Kabupaten Lumajang. Tepatnya berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo. Wilayahnya berbatasan langsung dengan Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Terutama bagi traveler yang suka landscape photography, ini adalah surga dengan banyak spot-spot menarik untuk diabadikan keindahannya. Suka selfie? Meski tidak luas, pihak pengelola telah menyiapkan sebuah tempat strategis berswafoto berlatarbelakang air terjun yang megah.

Baca juga : Aktivitas, Fasilitas, Harga Tiket & Rute Tumpak Sewu Waterfall

Wisata Coban Goa Tetes

Air Terjun Goa Tetes
credit: dokpri

Megah, tinggi dan eksotik adalah citra bagi kebanyakan air terjun di Lumajang. Adapun Pronojiwo menjadi kawasan wajib dituju untuk menikmatinya. Selain Coban Sewu, ada beberapa air terjun lagi. Salah satu yang terdekat adalah Goa Tetes yang eskotis memadukan air terjun dan goa.

Sebenarnya, wisata Goa Tetes lebih dulu dibuka untuk tujuan wisata. Hanya saja, semenjak Tumpak Sewu diresmikan juga pada tahun 2015, wisata goa ini kalah pamor. Meskipun begitu, perihal keindahannya, objek wisata alam ini tak kalah mempesona dengan kekhasan tersendiri.

Seperti umumnya wisata goa, Goa Tetes menawarkan komposisi stalagmit dan stalagtit yang tertata sedemikian rupa. Yang menjadikannya beda adalah lokasinya berada di bawah air terjun. Guyuran air yang jatuh pecah menyebar kemudian menetes dari langit-langit goa.

Baca juga : Keindahan, Mitos, Fasilitas, Lokasi & Rute Wisata Goa Tetes

Air Terjun Kabut Pelangi

Kabut Pelangi - Air Terjun Lumajang
credit : @ahmadfaizaf

Lumajang merupakan destinasi wisata alam terbaik di Jawa Timur, khususnya bagi traveler penyuka air terjun. Lagi-lagi, Kecamatan Pronojiwo adalah surganya. Ini berarti suatu kemudahan bagi sobat untuk menikmatinya. Dalam satu kecamatan, aneka air terjun molek tersaji dengan sempurna.

Coban Kabut Pelangi adalah satu di antaranya. Sebuah sajian alam yang terlalu menawan untuk diabaikan. Secara administratif wanawisata ini bisa dikunjungi di Desa Mulyoarjo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Butuh sedikit perjuangan untuk mencapainya.

Sebelum masuk pada menu utama, alam akan menyambut sobat dengan menu pembuka berupa anak air terjun sekira 100 meter tingginya. Air terjun Kabut Pelangi sebagai sajian utamanya adalah salah satu yang tertinggi dengan ketinggian diperkirakan lebih dari 100 meter.

Baca juga : Aktivitas, Fasilitas, Harga Tiket & Rute Coban Kabut Pelangi

Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas Biru di Lumajang
credit: dokpri

Berpetualang air terjun di Lumajang, pastikan siap dengan energi wisata berlebihan. Masih ada air terjun Kapas Biru yang selalu indah di balik tebing yang megah. Siap meluncur ke objek wisata alam ini? Segera meluncur ke Dusun Mulyoharjo, di desa dan kecamatan Pronojiwo.

Kapas Biru adalah salah satu air terjun yang menjadi jalan bagi aliran Sungai Besukbang yang berhulu di lereng Gunung Semeru. Dalam kesejukan suasana alamnya, air terjun ini menawan dalam ketinggian 100 meteran. Ingat! sebelum sampai di lokasi, sejauh 1,5 km air terjun ini akan menguji.

Selepas lahan parkir, persiapkan perjalanan melalui jalanan setapak menurun tajam. Banyak tikungan dengan beberapa pagar bambu dan tangga besi. Sebenarnya, air terjun ini bertingkat dua. Tingkat bawah berketinggian 90 meteran, sementara tingkat atas hanya sekitar 10 meter saja.

Lebih lengkap, baca : Aktivitas, Fasilitas, Tiket & Rute Air Terjun Kapas Biru

Coban Sriti (Coban Wolu)

Coban Sriti
credit : www.themandagies.com

Meski masih berada di wilayah Pronojiwo, Coban Sriti cukup kekeh menjaga ketersembunyiannya. Disebut Coban Sriti karena berada di bawah Gunung Kukusan Sriti. Nama lainnya adalah “Coban Wolu” karena untuk mencapainya harus menyeberangi sungai Sriti sebanyak delapan kali.

Terbayang betapa harus berjuang untuk mencapainya. Dibutuhkan fisik prima mengikuti arah sungai dan melawan arusnya selama kurang lebih 1-1,5 jam. Air mengalir cukup deras dengan kedalaman mencapai paha. Namun tentu saja, perjuangan itu akan dibayar lunas oleh keindahan air terjun ini.

Benteng tebing melingkar dan menjulang setinggi 150 meter itu elegan dalam kemegahannya. Sangat eksotik berhias bebatuan basah, dan hijau tetumbuhan turut mewarnainya. Ketinggian air terjun ini diperkirakan mencapai 120 meter. Sangat tinggi, meski tidak setinggi Madakaripura.

Baca juga : Aktivitas, Fasilitas, Harga Tiket & Rute Air Terjun Coban Sriti

Air Terjun Watu Lapis

Coban Watu Lapis
credit : kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com

Air terjun Lumajang selanjutnya bernama Watu Lapis. Dalam bahasa Indonesia nama tersebut berarti batu berlapis. Dinamakan seperti itu karena tebing yang dialiri air tampak bertumpuk. Air terjun ini bisa dikunjungi di Pasropan, Pasrujambe, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Air Terjun Watu Lapis merupakan objek wisata alam yang tersembunyi di sekitar perkebunan kopi. Nuansa sejuk demikian kentara dengan rimbun hijau tetumbuhan menyelimutinya, sangat menenangkan. Untuk mencapainya, dari lokasi parkir masih harus berjalan menembus perkebunan kopi.

Dari Lumajang, air terjun ini berjarak 35 km ke arah barat. Untuk transportasi, sobat bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Air terjun ini masih sangat alami. Oleh warga di beberapa sudut telah dibuatkan pondok-pondok bambu, jembatan serta anak tangga agar lebih mudah mengaksesnya.

Coban Tiga Bidadari

Coban Tiga Bidadari
credit : islahagus.blogspot.com

Wisata air terjun selalu menarik sebagai destinasi liburan dan Kabupaten Lumajang memiliki banyak stok sehubungan dengan hal itu. Satu di antaranya adalah Air Terjun 3 Bidadari yang berada di Dusun Kalirejo, Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Bidadari? terbayangkan betapa rupawannya objek wisata alam ini! Namun sebelum bisa menikmati, objek wisata alam ini akan memberi tantangan yang menguji. Selama kurang lebih 30 menit, setiap pengunjung harus bersusah payah melalui jalan setapak, melewati bukit dan bebatuan terjal.

Tahukah Anda! pergi ke Air Terjun Tiga Bidadari berarti juga berkunjung ke Air Terjun Taman Surga. Dua air terjun sekaligus. Perihal nama “3 Bidadari” terhubung dengan mitos yang berkembang di masyarakat sekitar. Dahulu kala, tempat ini merupakan pemandian bagi para bidadari.

Air Terjun Coban Pawon

Coban Pawon
credit : @ibent_nugroz

Coban Pawon atau dikenal juga dengan nama “Antrukan Pawon” merupakan wisata air terjun di Lumajang yang sangat unik dan masih perawan. Coban dan Antrukan memiliki kesamaan makna untuk mewakili istilah air terjun dalam bahasa Indonesia. Adapun Pawon berarti dapur.

Diberi nama Coban Pawon karena air terjun ini memiliki kucuran air yang masuk ke dalam lubang alam mirip sebuah tungku. Sangat unik, menarik dan wajib sobat kunjungi sebagai bagian dari petualangan alam di Lumajang. Lokasinya berada di Pucangalit, Gucialit, Lumajang, Jawa Timur.

Coban Pawon belumlah secara resmi menjadi objek wisata. Sehingga tidak ada biaya masuk untuk mengunjunginya. Tidak ada fasilitas apapun. Untuk parkir, bisa menitipkan kendaraan di rumah “Bu Timah” yang terdekat dengan lokasi air terjunnya.


Sebenarnya, masih banyak air terjun di Lumajang. Yang tersebut di atas hanya sebagian di antaranya. Jika masih kurang, sobat juga bisa melebar ke Kabupaten Malang yang berada di sebelah barat Kabupaten Lumajang. Coban Ciblungan adalah salah satu yang terindah dan terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *