Event Agustus 2019 – Daftar Atraksi Terbaik Indonesia Bulan Agustus 2019

Event Agustus 2019. Sedari dulu Agustus adalah bulan kemeriahan. Di bulan inilah letak pesta kemerdekaan. Setiap daerah selalu diwarnai gegap gempita festival dan karnaval. Bagaimana dengan tahun 2019 ini? Bisa dipastikan lebih meriah karena sepanjang Agustus akan diwarnai puluhan event terbaik Indonesia.

Selain Karnaval Kemerdekaan di berbagai daerah dengan Grand Karnaval Indonesia di Jakarta, setidaknya ada 18 wonderful events Indonesia yang dihelat sejak awal Agustus mendatang. 18 event ini merupakan atraksi wisata budaya terbaik yang masuk dalam Daftar 100 CoE 2019 Kementerian Pariwisata RI.

Jadi, jika sobat traveler punya rencana wisata di bulan Agustus, ide terbaiknya adalah berkunjung ke daerah tempat event tersebut digelar. Di bawah ini telah disertakan informasi tempat dan jadwal 18 event Agustus 2019. Pilih satu dua di antaranya yang terdekat atau yang paling mewakili kebutuhan wisata Anda.

Sebagian event ada yang sudah berlangsung sejak akhir Juli yang lalu. Namun acaranya ada yang di gelar beberapa hari, bahkan ada yang berlangsung satu bulan. Sehingga sobat masih memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari kemeriahannya. Berikut daftar event Agustus 2019, yang terbaik & terbesar di Indonesia.


Daftar 18 Event Agustus 2019


ARJOG MMXIX “Arts in Common”

ARTJOG 2019
sumber : artjog.co.id

ARTJOG merupakan festival, pameran, dan pasar seni rupa kontemporer tahunan di Yogyakarta. Sejak diselenggarakan pertama kali di tahun 2008, ARTJOG telah berdedikasi membangun jaringan seni rupa kontemporer nasional serta terkoneksi dengan beragam komunitas seni rupa yang mendunia.

Adapun ARTJOG 2019 hadir dengan wajah barunya, ARTJOG MMXIX “Arts in Common”. Tema besarnya ini mengisyaratkan pemahaman apa yang akan ditampilkannya dalam tiga tahun ke depan. Berusaha menjadi sebuah perhelatan yang semakin ramah dan membumi untuk segenap kalangan.

ARJOG MMXIX “Arts in Common”
Tanggal25 Juli-25 Agustus 2019
TempatJogja National Museum (JNM), Kota Yogyakarta, Yogyakarta
Info Selengkapnya

Festival Cisadane

Festival Cisadane 2019
sumber : travelingyuk.com

Festival Cisadane merupakan event terbesar di Kota Tangerang Banten yang sudah berlangsung sejak tahun 1993. Beragam kebudayaan dengan berbagai macam kesenian dan hiburan senantiasa memeriahkan acaranya. Tidak terkecuali lomba perahu hias dan lomba perahu naga yang kabarnya melibatkan peserta dari lima negara.

Festival Cisadane 2019
Tanggal27 Juli-03 Agustus 2019
TempatBantaran Sungai Cisadane, Tangerang, Provinsi Banten
Info Selengkapnya

Jember Fashion Carnaval
Jember Fashion Carnival 2019
sumber : www.bakpiamutiarajogja.com

Jember Fashion Carnaval (JFC) merupakan karnaval busana terbaik Indonesia. Di kancah internasional, event ini menempati peringkat pertama sebagai Karnaval Terbaik Asia dan peringkat ke-3 di dunia.

Pada gelarannya di tahun 2019, JFC mengusung tema “Tribal Grandeur”. Di dalamnya akan ditampilkan rancangan fashion carnaval dari 8 suku terkemuka di dunia. Lebih dari 6.000 peserta terlibat dalam kemeriahannya.

Jember Fashion Carnaval 2019
Tanggal31 Juli-04 Agustus
TempatKota Jember, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur
Info Selengkapnya

Polewali Mandar International Folk & Art Festival

Polewali Mandar International Folk and Art Festival 2019
sumber : cioffindonesia.blogspot.com

Event Agustus 2019 selanjutnya adalah Polewali Mandar International Folk & Art Festival (PIFAF). Sebuah event pertukaran budaya dan kesenian tradisional antar bangsa. Atraksi seni, budaya dan pariwisata ini rutin digelar di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Setidaknya telah ada 8 negara yang memastikan ikut ambil bagian di PIFAF 2019. Negara peserta tersebut di antaranya adalah Afrika Selatan, Ekuador, Republik Ceko, Timor Leste, Slovakia, India, Korea Selatan dan Indonesia sebagai tuan rumah.

Polewali Mandar International Folk & Art Festival (FIFAF) 2019
Tanggal01-07 Agustus
TempatArena Sport Center Polewali Mandar, Sulawesi Barat
Info Selengkapnya

Dieng Culture Festival

Dieng Culture Festival 10 'The Inspiration of Culture'
sumber: @festivaldieng

Dieng Culture Festival (DCF) merupakan event seni budaya tahunan khas Dieng Plateau (Dataran Tinggi Dieng) Jawa Tengah. Inti acaranya adalah prosesi ruwatan pemotongan rambut Anak Gimbal Dieng. Ritual inilah yang kemudian dikemas dalam Festival Dieng yang biasanya berlangsung selama 3 hari.

Pada DCF 2018 yang lalu, kunjungannya mencapai 160.000 orang. Gelarannya di tahun 2019 ini dipastikan lebih meriah dengan jumlah kunjungan wisatawan yang lebih banyak lagi. Berbagai atraksi seni budaya mewarnainya. Ada Jazz Atas Awan, Festival Lampion, Java Coffee Festival dan masih banyak lagi.

Dieng Culture Festival 2019
Tanggal02-04 Agustus 2019
TempatDieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Info Selengkapnya

Festival Morotai

Jadwal Festival Morotai 2019
2019 adalah momentum bagi Festival Morotai karena di tahun inilah pertama kali event ini masuk dalam CoE 2019. Oleh karena itu, segala persiapan dimatangkan untuk menciptakan kemeriahan yang jauh lebih besar. Selain seni dan budaya, festival ini juga akan memanjakan wisatawan dengan pesona wisata bahari Pulau Morotai di Maluku Utara ini.

Salah satu bentuk totalitas penyelenggara dalam mensukseskan event ini adalah pemecahan rekor MURI melalui atraksi bambu tada oleh 2000 peserta. Ada juga show spektakuler 500 penari yang mengkolaborasikan lima tarian sekaligus. Selebihnya, banyak sekali atraksi wisata budaya lain mewarnai acara yang digelar selama satu minggu ini.

Festival Morotai 2019
Tanggal02-08 Agustus 2019
TempatDaruba, Morotai Selatan, Pulau Morotai, Maluku Utara
Info Selengkapnya

Festival Cheng Ho

Festival Cheng Ho 2019
sumber: agendakota.id

Festival ini digelar dalam rangka memperingati kedatangan Cheng Ho (Sam Poo Tay Djien) ratusan tahun silam di Kota Semarang. Salah satu kekhasan event ini adalah diawali dengan kirab patung Sam Poo Tay Djien dengan berjalan kaki. Berangkat dari Klenteng Tay Kak Sie menuju ke Gedung Batu.

Pada gelarannya kali ini, Festival Cheng Ho dipastikan seru dan penuh warna. Berbagai rangkaian acara dipersiapkan. Ada Cheng Ho Night Fest, ritual sembayangan, panggung kesenian dan bazar kuliner tradisional Semarang. Sebagai puncak acara ini, akan ada arak-arakan patung dewa.

Festival Cheng Ho 2019
Tanggal03-04 Agustus 2019
TempatKlenteng Sam Poo Kong, Semarang, Jawa Tengah
Info Selengkapnya

Buleleng Festival
Buleleng Festival 2019 Bulfest 2019
sumber : facebook.com/bulfest/

Buleleng Festival atau Bulfest merupakan event yang diselenggarakan dalam rangka memperingati momentum kesenian Buleleng. Usaha menggali akar-akar kearifan lokal dan melestarikan budaya dengan merepresentasikan karakter khas budaya Buleleng. Di dalam event inilah semua orang bisa menikmati sebenar-benarnya karakteristik seni budaya di Kabupaten Buleleng.

Puluhan kelompok seni telah siap mempertunjukkan tarian dalam iringan musik gamelan khas Bali Utara. Beragam atraksi digelar untuk membangunkan semangat budaya kawasan pantai utara Bali yang cenderung sunyi. Bulfest 2019 yang bertajuk “Shining Buleleng” akan dimeriahkan oleh Expo, Kuliner dan Karnaval. Tidak terkecuali penampilan band-band dan artis-artis kenamaan Indonesia.

Buleleng Festival 2019
Tanggal06-10 Agustus 2019
TempatArea Tugu Singa Ambara Raja, Singaraja, Buleleng, Bali
Info Selengkapnya

Festival Budaya Lembah Baliem

Festival Budaya Lembah Baliem Agustus 2019
sumber: @festivallembahbaliem

Sejak tahun 1989 Festival Budaya Lembah Baliem rutin digelar. Terus berlangsung dan akhirnya menjadi Ikon Pariwisata Papua di mata dunia. Sudah dekat hari dimana hajatan besar masyarakat Papua itu akan digelar kembali untuk ke 30 kalinya. Berlangsung 3 hari, 7-10 Agustus 2019. Bertempat di Wamena, Jayawijaya, Papua.

Festival ini biasa dimulai dengan skenario pemicu perang. Ada juga tarian tradisional dan seni merias tubuh, pertunjukan musik Pikon dan Witawo, memasak bakar batu, serta permainan Puradan dan Sikoko dll. Untuk tahun ini, akan ditambah atraksi paralayang, pasar seni, serta serta bentangan noken sepanjang 60 meter setinggi 30 meter.

Festival Budaya Lembah Baliem 2019
Tanggal07-10 Agustus 2019
TempatWamena, Jayawijaya, Papua
Info Selengkapnya

Tomohon International Flower Festival

Tomohon International Flower Festival 2019
sumber: youtube.com

Sejak tahun 2015, Tomohon International Flower Festival (TIFF) telah dimasukkan dalam kalender event tahunan Kementerian Pariwisata RI. TIFF biasa digelar selama 5 hari mulai tanggal 8 hingga 12 Agustus setiap tahunnya. Hal ini juga berlaku di tahun 2019 ini, sehingga turut memeriahkan bulan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Di dalamnya ada Tournament of Flowers, Kontes Ratu Bunga, Pameran Bunga, Pagelaran Seni dan Budaya dan lain sebagainya. Bagi sobat traveler, wajib kiranya hadir dalam kemeriahan TIFF 2019. Di samping itu, Anda juga berkesempatan melihat keindahan wisata di kota yang khas dengan bunga Anggrek Kelapa (Phaius) ini.

Tomohon International Flower Festival 2019
Tanggal08-12 Agustus 2019
TempatKota Tomohon, Sulawesi Utara
Info Selengkapnya

Jakarta Food & Fashion Festival
Jakarta Food & Fashion Festival 2019
sumber: greengorga.com
Jakarta Food & Fashion Festival 2019
Tanggal08 Agustus-08 September 2019
TempatMall Kelapa Gading, Jakarta Timur, DKI Jakarta
Info Selengkapnya

Pasa Harau Art & Culture Festival

Pasa Harau Art & Culture Festival 2019
sumber: pasaharau.com
Pasa Harau Art & Culture Festival 2019
Tanggal16-18 Agustus 2019
TempatLembah Harau, Harau, Limapuluh Kota, Sumatera Barat
Info Selengkapnya

Festival Sandeq Race

Festival Sandeq Race - Daftar Event di Bulan Agustus 2019
sumber: fajar.co.id
Festival Sandeq Race 2019
Tanggal06-15 Agustus 2019
TempatKabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat
Info Selengkapnya

Saman Gayo Alas Festival
Saman Gayo Alas Festival 2019
sumber: www.acehimage.com
Saman Gayo Alas Festival 2019
Tanggal18 Agustus 2019
TempatBlangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh
Info Selengkapnya

Festival Teluk Ambon

Festival Teluk Ambon - Event Bulan Agustus 2019
sumber: www.dwipuspita.com
Festival Teluk Ambon 2019
Tanggal18-20 Agustus 2019
TempatAmbon, Maluku
Info Selengkapnya

Lampung Krakatau Festival
Lampung Krakatau Festival 2019
sumber: genpilampung.com
Lampung Krakatau Festival 2019
Tanggal21-25 Agustus 2019
TempatKota Bandar Lampung dan Kabupaten Lampung Selatan, Lampung
Info Selengkapnya

Sanur Village Festival

Sanur Village Festival 2019
sumber: www.phribali.or.id
Sanur Village Festival 2019
Tanggal21-25 Agustus 2019
TempatMatahari Beach, Sanur, Denpasar, Bali
Info Selengkapnya

Festival Budaya Wisata Pasar Terapung

Festival Budaya Wisata Pasar Terapung 2019
sumber: medcom.id
Festival Budaya Wisata Pasar Terapung 2019
Tanggal23-25 Agustus 2019
TempatBanjarmasin, Kalimantan Selatan
Info Selengkapnya

Demikian informasi perihal “Event Agustus 2019”. Jika sobat traveler memang punya rencana wisata di bulan Agustus. Pastikan datang di salah satu daerah penyelenggara event-event di bulan Agustus 2019 dalam daftar di atas. Tandai kalender wisata Anda dan segera jadilah bagian dari kemeriahan event terbesar di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *