Catat! Event Wisata Budaya Berikut Ini Bakal Meramaikan Bulan Juli 2019

Event Wisata Budaya Juli 2019. Sedang merencanakan sebuah perjalanan wisata di bulan Juli 2019? Salah satu ide terbaik adalah berkunjung ke kota dimana sebuah event terbesar sedang digelar.

Banyak event yang termasuk dalam Daftar 100 Calendar of Events (CoE) 2019 Kementerian Pariwisata yang akan meramaikan sepanjang bulan Juli ini. Jadi, bisa dipastikan event-event yang ada akan sangat meriah dan dihadiri oleh ribuan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Berikut adalah daftar event wisata budaya Juli 2019. Sebagian ada yang sudah berlangsung sejak pertengahan Juni. Namun, karena dihelat selama 1 bulan, Anda masih punya kesempatan untuk menikmatinya. Catat tanggalnya, kunjungi lokasinya dan jadilah bagian dari kemeriahannya.


Daftar Event Wisata Budaya Juli 2019


Pesta Kesenian Bali 2019 (15 Juni – 13 Juli 2019)

Pesta Kesenian Bali 2019
sumber : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sejak pertama digelar tahun 1979, event Pesta Kesenian Bali (PKB) selalu berhasil sebagai upaya penggalian, pelestarian dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali yang adiluhung.

Seperti biasa acara ini digelar selama satu bulan penuh. Untuk pagelaran tahun ini sudah berlangsung sejak pertengahan Juni yang lalu hingga 13 Juli mendatang. Berpusat di Taman Werdhi Budaya Art Centre, Kota Denpasar, Provinsi Bali


Festival Biak Munara Wampasi (1-4 Juli 2019)

Festival Biak Munara Wampasi 2019
sumber : spektakel.id

Festival Biak Munara Wampasi (BMW) yang ke-VII ini di antaranya menghadirkan apen beyeren (tarian khas Biak Numfor). Ada juga snap mor (tradisi Biak menangkap ikan di air kering).

Selain itu, kegiatan ini juga akan dimeriahkan oleh pameran kerajinan, kunjungan wisata, pentas seni budaya dan lain sebagainya. Diselenggarakan pada tanggal 1-4 Juli 2019 di Kabupaten Biak Numfor, Papua


Parade 1001 Kuda Sandelwood (5-12 Juli 2019)
Festival Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Tenun Ikat
sumber : travelounge.co

Festival Parade 1.001 Kuda Sandelwood & Tenun Ikat merupakan event tahunan NTT yang selalu dinanti-nanti wisatawan, termasuk turis mancanegara. Pagelarannya tahun ini akan berlangsung mulai tanggal 5-12 Juli 2019 di 4 kabupaten di Pulau Sumba.

Menariknya, disamping menikmati keunikan atraksi ribuan kuda hias, para wisatawan juga bisa ikut berkuda ke destinasi-destinasi di Pulau Sumba. Sementara itu, dalam festival tenun akan ada fashion show dari empat kabupaten. Ada juga tarian kolosal khas Sumba.


Yadnya Kasada Bromo Eksotika (13-18 Juli 2019)

Yadnya Kasada Bromo - Event Wisata Budaya 2019
sumber : indonesia.go.id

Kasada Suku Tengger selalu menjadi event unggulan Nasional yang mampu memukau wisatawan dunia. Serangkaian acara Yadnya Kasada Bromo akan segera dilangsungkan kembali mulai tanggal 13 – 18 Juli mendatang.

Acara yang dikemas dalam Yadnya Kasada Bromo Eksotika ini mengusung konsep menyatukan seni, budaya dan daya tarik wisata alam. Bertempat di lautan pasir Gunung Bromo. Sementara puncaknya dilangsungkan di Pura Luhur Poten dan Kawah Bromo.


Festival Babukung (17-19 Juli 2019)

Festival Babukung 2019 - CoE 2019
sumber : traveltodayindonesia.com

Pada pergelaran kedua di tahun 2015, Festival Babukung dimeriahkan oleh lebih dari seribu penari bukung. Jumlah tersebut berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori penampilan tari topeng tradisional terbanyak.

Tahun 2019 event wisata budaya ini merupakan edisi yang ke-5. Rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 17 Juli mendatang. Biasanya kegiatan ini bisa berlangsung hingga tiga hari. Bertempat di Nanga Bulik, ibu kota Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah.


Festival Bumi Rafflesia (18-22 Juli 2019)
Festival Bumi Rafflesia - Event Wisata Budaya 2019
sumber : @wonderfulbengkulu

2019 merupakan tahun pertama bagi Festival Bumi Rafflesia Bengkulu masuk dalam jajaran 100 event terbaik Nasional. Pemprov Bengkulu melalui Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu menarget 10.000 pengunjung pada festival yang digelar selama 5 hari ini.

Acaranya digelar 18-22 Juli 2019 dan dipusatkan di Sport Center di kawasan wisata Pantai Panjang di Kota Bengkulu. Selain menampilkan berbagai produk unggulan Bengkulu, event ini juga akan diwarnai berbagai kegiatan.

Di dalamnya akan ada Festival Kopi Bengkulu, Bencoolen Dhol Attraction, Bencoolen Etnic Carnaval, Bencoolen Art and Culture Festival, Nge Trail Wonderful Bengkulu, dan masih banyak acara menarik lainnya.


Toraja International Festival (19-21 Juli 2019)

Toraja International Festival 2019
sumber : spektakel.id

Toraja International Festival (TIF) adalah festival budaya internasional yang diselenggarakan di Toraja. Untuk tahun ini, TIF yang memasuki edisi ke-7 acaranya akan dihelat 19-21 Juli di Rantepao, ibukota Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Selain diwarnai berbagai atraksi tradisional Suku Toraja nan unik dan sakral. TIF juga menampilkan beragam kesenian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Acara ini juga melibatkan peserta dari berbagai negara di Asia, Eropa, dan Amerika.


Mizan Al Sufi (20 Juli 2019)

Mizan Al Sufi - Event Wisata Budaya
sumber : www.kemenpar.go.id

Al Mizan Sufi Musik Festival adalah program wisata religi bertaraf internasional. Pagelarannya di tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 20 Juli mendatang. Bertempat di Pondok Pesantren Al-Mizan, Ciborelang, Jatiwangi, Loji, Majalengka, Provinsi Jawa Barat.


Toboali City On Fire Sesi 4 (25-28 Juli 2019)
Toboali City on Fire Sesi 4 2019
sumber : www.kemenpar.go.id

Seperti diisyaratkan oleh namanya, Toboali City On Fire Sesi 4 bertujuan mengobarkan semangat berapi-api untuk membangkitkan sektor Pariwisata dan Budaya Kabupaten Bangka Selatan. Berlokasi di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Atraksi wisata budaya ini rencananya akan berlangsung selama 4 hari. Mulai tanggal 25 Juli hingga 28 Juli 2019. Kegiatannya terdiri dari 16 rangkaian acara bertema Budaya, Olahraga, Tradisi, Kompetisi juga Carnival.


ARTJOG (25 Juli – 25 Agustus 2019)

ARTJOG 2019
sumber : artjog.co.id

Sejak pertama kali dihelat di tahun 2008, pagelaran Art Jog selalu memukau. Berdedikasi dalam membangun jaringan seni rupa kontemporer nasional serta terkoneksi dengan beragam komunitas seni rupa yang mendunia.

Tahun ini, Art Jog hadir kembali dengan wajah barunya, ARTJOG MMXIX “Arts in Common”. Perhelatan ini akan berlangsung selama satu bulan, pada 25 Juli -25 Agustus mendatang. Bertempat di Jogja National Museum, Yogyakarta.


Solo Batik Carnival (26-28 Juli 2019)

Solo Batik Carnival 2019
sumber : rove.me

Tahun 2019 merupakan tahun ke-12 bagi event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta ini. Kegiatannya akan ikut meramaikan gegap gempita bulan Juli. Di gelar 26-28 Juli 2019 di Stadion Sriwedari-Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah.

Solo Batik Carnival kali ini mengangkat tema “Survanabhumi: The Golden of ASEAN”. Untuk grand carnivalnya akan menampilkan 10 defile berciri khas Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, Laos, Myanmar, serta Kamboja.


Festival Cisadane (27 Juli – 3 Agustus 2019)
Festival Cisadane 2019
sumber : travelingyuk.com

Kota Tangerang bakal menggelar kembali event terbesarnya yang sudah berlangsung sejak 1993, yakni Festival Cisadane. Rencananya akan berlangsung mulai tanggal 27 Juli hingga 3 Agustus 2019. Bertempat di Sungai Cisadane, Gerendeng, Kota Tangerang, Provinsi Banten.

Beragam kebudayaan dengan berbagai macam kesenian dan hiburan akan memeriahkan acaranya. Tidak terkecuali lomba perahu hias dan lomba perahu naga yang kabarnya akan diikuti juga oleh peserta dari lima negara. Ada juga stand bazar murah dari UKM sekitar Tangerang.


Banyuwangi Ethno Carnival (27 Juli 2019)

Banyuwangi Ethno Carnival 2019
sumber : idetrips.com

Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) merupakan karnaval kostum berakarkan seni dan tradisi lokal namun dikemas modern nan megah. Event inilah yang mengawali julukan “Kota Festival” bagi Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Di tahun ini BEC akan meramaikan event di penghujung Juli.

Rencananya digelar pada tanggal 27 Juli mendatang bertempat di Taman Blambangan, Banyuwangi. Tema BEC 2019 adalah “Kingdom of Blambangan” yang mengisahkan tentang kerajaan Blambangan sebagai cikal bakal dari Kota Banyuwangi.


Jember Fashion Carnaval (30 Juli – 4 Agustus 2019)

Jember Fashion Carnival 2019
sumber : www.bakpiamutiarajogja.com
Penghujung Juli benar-benar meriah, salah satunya karena gelaran Jember Fashion Carnaval (JFC) 2019. JFC merupakan karnaval busana yang menempati peringkat pertama sebagai karnaval terbaik Asia dan peringkat ke-3 di dunia. Event ini akan berlangsung pada 31 Juli – 4 Agustus 2019 di Jember, Jawa Timur.

JFC yang digagas pertama kali oleh Dynand Fariz ini, di tahun 2019 ini mengusung tema “Tribal Grandeur” atau “Keagungan Suku-suku Bangsa”. Akan ditampilkan rancangan fashion carnaval dari 8 suku terkemuka di dunia, termasuk juga di Indonesia. Lebih dari 6.000 peserta terlibat di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *