• sumber : www.filmtotaal.nl

Film Seniman – Daftar Film Biografi Seniman Terbaik Dunia

posted in: Daftar Menarik, Hiburan | 0

Film Biografi Seniman Dunia. Bagi para Seniman atau siapa saja yang menyukai dunia kesenian, tentunya menonton film-film yang masih berhubungan dengan kesenian akan memberi kesan tersendiri. Nantinya diharapkan dari film tersebut ada output yang bisa dijadikan pembendaharaan pengetahuan dalam bidang tersebut.

Hanya perlu dipahami bahwa sebagian besar film dalam hal apapun telah diramu sedemikian rupa untuk berbagai alasan. Hal ini juga berlaku pada film tentang Biografi Seniman Dunia yang terkadang intisari yang diberikan tidak cukup menjawab kehendak sebagian penikmatnya. Akan selalu ada pengembangan-pengembangan skenario yang bisa jadi mengaburkan keadaan aslinya.

Tentu saja apa saja yang disajikan oleh sebuah film, terkhusus film-film biografi atau semacamnya hanyalah sebuah adaptasi dari sebuah kejadian yang pasti akan ada penambahan-penambahan. Terlepas dari apapun motivasi pembuatannya, Film Biografi Seniman Besar Dunia akan memberi sumbangsih semangat tersendiri bagi Seniman atau Pecinta Seni, terutama bagi Seniman Newbie (Pemula).

Adapun Daftar Film Seniman yang saya sajikan dalam artikel ini bersumber dari apa yang tersaji di Internet dan bisa dipastikan tidak kesemuanya telah saya tonton. Jadi, harap dimaklumi apabila tidak pembaca dapati tinjauan yang mencukupi, karena apa yang admin infokan hanya merupakan tinjauan singkat dari masing-masing film.

Daftar Film Biografi Seniman Dunia Terbaik

1. Edvard Munch 1974

Edvard-Munch Film Seniman - Daftar Film Biografi Seniman Terbaik Dunia  Film ini berkisah tentang biografi dari Edvard Munch yakni Pelukis Ekspresionis kenamaan Norwegia karya dari sutradara Peter Watkins. Pada awalnya merupakan miniseri oleh jaringan televisi pemerintah Norwegia dan Swedia tahun 1974, namun kemudian dirilis di Amerika pada tahun 1976.

Fokus ceritanya adalah pengaruh kesenian serta mencakup sekitar tiga puluh tahun kehidupan Edvard Munch, terkhusus prevalensi penyakit yang berujung pada kematian pelukis tersebut. Tidak terkecuali kehidupan bersama keluarganya serta hubungannya dengan seorang wanita yang sebelumnya telah menikah. Film ini sempat diputar di Festival Film Cannes 1976.

2. La Belle Noiseuse 1991

La-Belle-Noiseuse-1991 Film Seniman - Daftar Film Biografi Seniman Terbaik Dunia  Film ini adalah adaptasi dari cerita pendek berjudul The Unknown Masterpiece oleh Honoré de Balzac. Berkisah tentang seorang pelukis terkenal bernama Edouard Frenhofer yang pada umurnya yang telah berkisar 60 tahun dia merasa tidak punya inspirasi lagi untuk melukis. Adapun “La Belle Noiseuse (Gangguan Kecantikan)” adalah karyanya ketika itu dengan memakai model istrinya sendiri yang belum juga selesai meski telah berjalan sepuluh tahun.

Adalah Nicolas (murid dari Frenhofer) yang memberikan semangat baru kepada gurunya untuk kembali berkesenian dengan menawarkan pacarnya sendiri Marianne sebagai model pengganti Elizabeth (istri Frenhofer) untuk meneruskan pembuatan karya terakhir (La Belle Noiseuse).

3. Lust for Life 1956

Lust-for-Life-1956 Film Seniman - Daftar Film Biografi Seniman Terbaik Dunia  Film ini berkisah tentang biografi dari pelukis kenamaan Belanda yakni Vincent van Gogh. Diceritakan berdasarkan novel laris karya Irving Stone 1934 yang diadaptasi oleh Norman Corwin dan dikatakan terinspirasi oleh korespondensi tertulis antara Van Gogh dan saudaranya Theo. Ini merupakan kisah obsesi Vincent Van Gogh (Kirk Douglas) dalam pengabdiannya pada seni yang membuatnya tenggelam hingga menghancurkan dirinya sendiri.

Theo Van Gogh (James Donald) yang memberikan dukungan finansial dan moral untuk saudaranya dari waktu Vincent meninggalkan rumah di Belanda di 1878 hingga kematiannya di Auvers tahun 1890. Dalam pembuatan film ini, berkisar 200 lukisan asli dari Van Gogh yang dipinjam dari koleksi pribadi.

4. The Agony and the Ecstasy 1965

The-Agony-and-the-Ecstasy-1965 Film Seniman - Daftar Film Biografi Seniman Terbaik Dunia  Seperti halnya film biografi seniman Vincent van Gogh (Lust for Life), film The Agony and the Ecstasy juga di adaptasi dari novel karya Irving Stone. Film ini dikisahkan berdasarkan surat wasiat antara pelukis Renaissance yakni Michelangelo Buonarroti (Charlton Heston) dengan Julius II (Rex Harrison).

Michelangelo ditugaskan untuk melukis fresko yakni melukis dua belas rasul di langit-langit Kapel Sistina oleh Julius II. Menariknya, tugas tersebut ditolak keras oleh Michelangelo yang berujung pada pelarian dirinya ke Carrara. Berusaha menghindar dari penjaga-penjaga paus akhirnya dia melarikan dirinya ke pegunungan yang selanjutnya keadaan disekitarnya juga turut menjadi inspirasinya.

5. Tony Takitani 2004

Tony-Takitani-1 Film Seniman - Daftar Film Biografi Seniman Terbaik Dunia  Film biografi seniman Jepang ini di sutradarai oleh Jun Ichikawa dengan berdasarkan cerita pendek karya Haruki Murakami yang menceritakan kisah seorang Tony Takitani. Hidup dalam kesendirian adalah hal alami dalam dunia seorang Tony, dia menghabiskan waktu dengan mengembangkan bakat menggambar, namun karyanya dikatakan tidak berperasaan karena lebih menekankan akurasi ketimbang emosi.

Akhirnya ketika dewasa dia beralih pada pekerjaan ilustrator teknis. Pekerjaan tersebut juga yang membuat Tony jatuh hati pada klien muda bernama Eiko Konuma hingga dianggap sebagai malaikat dalam hari-harinya karena dia adalah perantara yang memperkenalkan dirinya dengan dunia luar. Tidak ada yang salah pada perempuan ini kecuali dia adalah seorang yang senang berbelanja.

6. The Mill and the Cross 2011

The-Mill-and-the-Cross-2011 Film Seniman - Daftar Film Biografi Seniman Terbaik Dunia  Film biografi seniman kali ini berkisah tentang seorang pelukis Netherlandish Renaissance bernama Pieter Bruegel the Elder. Dalam film ini difokuskan pada belasan dari 500 karakter yang digambarkan dalam lukisan Bruegel.

Ini terdiri dari serangkaian sketsa yang menggambarkan kehidupan keseharian para petani, diselingi dengan monolog dari beberapa karakter utama, termasuk Bruegel yang menjelaskan struktur dan simbolisme lukisannya. Tema penderitaan Kristus diatur terhadap penganiayaan agama di Flanders tahun 1564. Film ini diceritakan berdasarkan buku Michael Francis Gibson dengan judul yang sama

7. Frida 2002

Frida Film Seniman - Daftar Film Biografi Seniman Terbaik Dunia  Film biografi seniman yang dibintangi oleh Salma Hayek ini merupakan Biografi dari Pelukis Surealis Meksiko bernama Frida Kahlo. Bercerita tentang kehidupan Frida Kahlo baik dalam kehidupan profesionalnya maupun kehidupan pribadi.

Film ini di sutradarai oleh Julie Taymor dan diadaptasi oleh Clancy Sigal, Diane Lake, Gregory Nava dan Anna Thomas dari buku Frida: A Biography of Frida Kahlo oleh Hayden Herrera.

8. Séraphine 2008

Film-Biografi-Seniman Film Seniman - Daftar Film Biografi Seniman Terbaik Dunia
sumber : www.filmtotaal.nl

Film ini adalah Film Perancis-Belgia yang disutradarai oleh Martin Provost dan ditulis oleh Marc Abdelnour dan Provost. Menggambarkan kehidupan seorang pelukis Perancis Seraphine de Senlis yang hidup antara tahun 1864 hingga 1942. Seorang pembantu rumah tangga yang memiliki bakat seni yang luar biasa.

Meskipun tidak berpendidikan dan hanya mendapatkan inspirasi dari agama, dia menemukan apresiasi besar dalam keindahan yang ditemukan di alam, terutama dalam kehidupan sehari-harinya. Suatu ketika dia pun bangga dan rendah hati ketika berhenti untuk menatap pohon. Pada awalnya, ia mencatat bahwa ia berhenti untuk mengumpulkan tanah dari tanaman serta beberapa darah dari babi mati.

Kemudian, di rumah kecilnya yang diterangi lilin ia terlihat menggunakan bahan-bahan yang sama saat membuat karya seninya. Pada satu titik ketika seninya mulai terlihat, dia bertanya bagaimana dia mencapai efek yang tidak biasa dalam dirinya “rouge” (merah). Dia menjawab bahwa dia lebih suka untuk menjaga rahasia.

Kumpulan Film Biografi Seniman Dunia

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.5 (4 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *