Pantai di Anyer, Banten? 8+ Pantai Anyer nan Indah, Semestinya Dijamah

Pantai di Anyer. Petualangan wisata haruslah sempurna, membahagiakan dan memperkaya pengalaman. Dalam hal destinasi, wisata pantai selalu bisa diandalkan. Sekali waktu pertimbangkan pergi ke Banten. Ke Sawarna atau ke Anyer yang merupakan markas pantai-pantai indah di Provinsi Banten.

Anyer atau Anyar adalah suatu kecamatan di Kota Serang, ibukota Provinsi Banten. Sebuah kota pantai yang berhadapan langsung dengan Selat Sunda. Pantai di Anyer lebih menonjolkan hamparan pasir putihnya. Menghadap ke barat sehingga menjadi tempat ideal menikmati sunset, berlatarbelakang Gunung Rakata.

Pantai Anyer terkotak-kotak menjadi beberapa pantai dengan nama berbeda serta memiliki sudut kecantikan yang berbeda pula. Meski sempat di hantam tsunami, Anyer berbenah dan cantik alamnya pun bersemi lagi. Berikut daftar Pantai Anyer yang layak dijelajahi. Tidak mencakup semua, hanya 9 di antaranya.


Daftar 9 Pantai di Anyer Banten


Titik Nol Pantai Anyer

Pantai Anyer bisa dikatakan sebagai pantai paling terkenal di Banten. Satu hal yang paling ikonik dari pantai ini adalah Mercusuar Cikoneng. Di sinilah titik nol dari Great Post Road (Jalan Raya Pos) yang dibangun Belanda di abad ke-18. Sepanjang 1.000 km dari Anyer hingga ujung timur Pulau Jawa, Panarukan.

Mercusuar Pantai Anyer
sumber: @iseeindonesia

Sebuah ide menarik jika wisata pantai di Anyer di mulai dari menara yang dibangun tahun 1806 ini. Setiap sudutnya mengajak sobat membaca sejarah. Mulai dari awal pembangunannya, hancur oleh letusan Krakatau (1883) dan dibangun kembali (1885). Termasuk juga sejarah pembangunan jalan Anyer-Panarukan (1825).

Tidak hanya sejarah, alam pantai pun demikian terasa. Pengunjung bisa naik ke atas mercusuar hingga lantai ke-3. Beragam pemandangan bisa dinikmati dari ketinggian. Mulai dari lautan lepas, Jalan Raya Anyer, hingga hijaunya perbukitan. Jika tiba menjelang senja, sunset di sini sangat menawan.


Pantai Sambolo

Pantai Sambolo Anyer
sumber: limakaki.com

Dari Titik Nol, sobat bisa lanjut ke selatan menuju Desa Sambolo yang berjarak sekitar 3 km. Sebenarnya, ada beberapa pantai yang bisa juga dikunjungi dalam perjalanan ke desa tersebut. Salah satunya adalah Pantai Mambruk. Di Sambolo sendiri ada dua pantai yang populer, yakni Pantai Sambolo 2 dan Pantai Sambolo Anyer.

Pantai di Sambolo sangat indah, menonjol melalui hamparan pasir putihnya yang lembut dan cukup landai. Laut yang cenderung tenang memungkinkan siapapun untuk lebih dekat dan bermain di kejernihan airnya. Untuk memanjakan pengunjung, di sini telah difasilitasi dengan jajaran warung, gazebo, toilet dan lain sebagainya.


Pantai Marbella

Pantai Marbella Anyer
sumber: marbellaanyer.com

Setelah puas di Pantai Sambolo Anyer, sobat bisa meluncur lagi ke selatan sekitar 1 km saja untuk menemukan Pantai Marbella. Nama pantai ini merujuk pada nama Hotel Marbella karena lokasi pantai ini berada di depan hotel tersebut. Pantai Marbella termasuk pantai di Anyer yang banyak dikunjungi wisatawan.

Meski berada di depan sebuah hotel, pantai ini terbuka untuk umum. Di tepian hamparan pasir putihnya yang landai banyak saung untuk bersantai. Tersedia juga warung, lapak-lapak cinderamata, Mushola, cafe, toilet dan area parkir. Beragam wahana air turut melengkapi, ada banana boat, papan seluncur dll.


Pantai Pasir Putih Sirih
Pantai Pasir Putih Sirih
sumber: @p3sirihanyer

Pantai Anyer selanjutnya adalah Pantai Pasir Putih Sirih atau dikenal juga sebagai P3S Anyer. Pantai ini hanya terletak sekitar 1,5 km saja di selatan Pantai Marbella. Jadi, sangat disarankan melebar ke pantai ini dan menikmati kemolekan alam dengan sudut pandang yang berbeda. Di dekatnya juga ada Pantai Karang Meong.

Seperti namanya, Pantai Pasir Putih Sirih sangat khas dengan hamparan pasir pantai berwarna putih bersih. Bahkan, terkadang dinamanya diserta embel-embel “Landai Tanpa Karang”. Seperti halnya pantai di depan Hotel Marbella, pantai ini juga kaya fasilitas dan aktivitas. Pantai menjadi tempat ideal untuk berkemah.


Pantai Florida

Pantai Florida Anyer
sumber: @didi_warsnop

Rata-rata pantai di Anyer Banten menawarkan hamparan pasir putih dengan pemandangan laut berlatarbelakang Gunung Rakata (Anak Gunung Krakatau). Hal ini juga berlaku di Pantai Florida, kurang lebih 4 km ke arah selatan Pantai Pasir Putih Sirih. Terkadang pantai ini juga disebut Pantai Pasir Putih Florida Anyer.


Pantai Marina

Pantai Marina Anyer
sumber: @mtofansagara

Untuk melengkapi wisata Pantai Anyer di Banten, wajib kiranya melanjutkan perjalanan hingga tiba di Pantai Marina. Terletak kurang lebih 2 km di selatan Pantai Pasir Putih Florida. Pantai Marina Banten khas melalui keberadaan Break Water, yakni tumpukan-tumpukan batu besar sebagai peredam ombak.

Pantai ini menawarkan banyak fasilitas dan aktivitas, bisa dikatakan salah satu yang terlengkap di Pantai Banten. Aneka watersport bisa dinikmati, di antaranya Jetsky, Banana Boat dan Donat Boat. Ada juga kolam renang anak dan dewasa, arena billiard, wahana bermain anak, wahana outbound dan banyak lagi.


Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong Banten
sumber: pantainesia.com

Selain di Bali, Yogyakarta dan di Pacitan, ada banyak pantai bernama “Karang Bolong”. Salah satunya Pantai Karang Bolong di Anyer Banten yang dulunya bernama Pantai Karang Suraga. Sebuah pantai eksotis sarat mitos yang sayang jika dilewatkan ketika liburan di Anyer. Sekira 3 km di selatan Pantai Marina.

Seperti diisyaratkan oleh namanya, pantai ini memiliki tebing karang besar dengan lubang di tengahnya. Ada pendapat yang mengatakan bahwa lubang tersebut merupakan salah satu jejak dasyatnya letusan Krakatau di tahun 1883. Tidak hanya pantai, di sini juga ada Goa Kecil yang kental nuansa mistis.


Pantai Jambu
Pantai Jambu
sumber: @pasirputihjambu

Jika cenderung bersemangat, jangan lupa meluncur lagi ke selatan sekitar 3 km untuk tiba di Pantai Jambu yang menawan. Dalam perjalanan ini pun ada beberapa pantai jika sobat ingin juga mengunjunginya. Pantai Jambu sendiri bisa dikatakan sebagai pantai dengan pasir paling putih di antara Pantai Anyer lainnya.

Pantai yang juga dikenal sebagai Pantai Pasir Putih Jambu ini sangat ideal bagi wisatawan yang lebih menghendaki sebuah ketenangan wisata. Lebih alami dan cenderung sepi. Fasilitas yang ada tidak sebanyak pantai di Anyer lainnya. Namun di perairan yang dangkal dan jernih, siapapun akan betah berlama-lama.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *