• sumber : paketliburanlombok.com
  • sumber : www.adventureinyou.com
  • sumber : thebalelomboktour.com
  • sumber : indonesia.travel
  • sumber : travelagentlombok.com
  • sumber : almarik-lombok.com
  • sumber : iklantravel.com
  • sumber : dilombok.com
  • sumber : lombokoption.co.id
  • sumber : www.sunshineseeker.com

Objek Wisata Alam di Lombok Yang Menarik & Layak Di Kunjungi

posted in: Daftar Menarik, NTB, Wisata | 0

Tempat Wisata di Lombok. Perlahan tapi pasti, Lombok mencoba beranjak menjadi salah satu primadona pariwisata Indonesia. Terhitung sejak tahun 2007, pariwisata menjadi sektor andalan yang paling berkembang disana. Selanjutnya perlahan tapi pasti, pulau Lombok semakin digemari oleh wisatawan dunia sebagai varian dari destinasi wisata terbaik di Indonesia.

Lombok adalah pulau cantik yang merupakan bagian dari Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara). Dengan berbekal keindahan alam, budaya, tradisi, serta segala daya tarik yang dimilikinya, tidak menutup kemungkinan bagi Lombok untuk menjadi tujuan wisata terpopuler di Indonesia. Melalui segala daya tarik yang dimilikinya, Pulau Lombok sering disamakan dengan Pulau Bali yang telah menjadi primadona wisata Indonesia.

Pembaca sedang berencana liburan ke Pulau Lombok? tentu saja itu adalah ide yang sempurna. Pulau yang hanya terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali ini benar-benar akan memanjakan siapa saja dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Mengingat jumlah kunjungan wisata belum sebanyak Pulau Bali, memungkinkan kondisi alamnya lebih bersih dan alami. Suka pantai? Lombok adalah surga pantai terindah di Indonesia yang sanggup memanjakan kebutuhan wisata Anda.

Dalam rencana wisata ke Pulau Lombok, Anda perlu memiliki gambaran mengenai tempat-tempat terbaik yang akan dikunjungi selama berada disana. Artikel ini akan memuat daftar singkat perihal obyek wisata terbaik di Pulau Lombok yang layak dipertimbangkan untuk Anda kunjungi. Selanjutnya, bersegeralah untuk beruntung menjadi bagian dari kemolekan Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat ini.

Tempat Wisata di Lombok Yang Menarik Di Kunjungi

1. Pantai Senggigi

Pantai-Senggigi-Lombok Objek Wisata Alam di Lombok Yang Menarik & Layak Di Kunjungi
sumber : paketliburanlombok.com
Memilih datang ke Pantai Senggigi sebagai langkah awal liburan di Lombok adalah pilihan tepat. Pantai yang terletak di pesisir sebelah barat Pulau Lombok ini sering kali disamakan dengan Pantai Kuta di Pulau Bali. Meskipun begitu, Pantai Senggigi terkesan lebih alami karena jumlah kunjungan tidak seluar biasa Pantai Kuta.

Datanglah dan seketika nikmatilah lembutnya semilir angin yang menenangkan. Bermanjalah di hamparan pasir putihnya, berteduh dalam naungan pohon-pohon kelapa, sembari sejauh pandangan hanya melihat air jernih kebiru-biruan.

Menariknya, Pantai Senggigi juga menyimpan pemandangan bawah laut yang juga molek. Snorkeling bisa menjadi aktivitas pilihan mengingat ombak yang tidak terlalu besar. Selain itu, untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda, Anda juga bisa berjalan kaki sekitar setengah jam ke “Batu Bolong”. Nikmatilah keeksotikan pura diatas karang yang terletak di tepi laut. Selengkapnya di Pantai Senggigi.

2. Gili Air
Gili-Air-Lombok Objek Wisata Alam di Lombok Yang Menarik & Layak Di Kunjungi
sumber : indonesia.travel
Gili Air adalah satu dari tiga pulau Gili di Pulau Lombok. Gili Air merupakan yang terdekat dan menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di Pulau Lombok. Disinilah tempat semua orang bisa menikmati keanekaragaman hayati dari laut Indonesia. Tempat yang memungkinkan Anda untuk melihat spot kuda laut, kura-kura, aneka jenis ikan yang berwarna-warni, yang semakin cantik dengan keberagaman penghuni laut lainnya.

Masyarakat Lombok menyebut pulau ini sebagai “Tengaq Aid” yang berarti ditengah-tengah laut. Popularitasnya sebagai tempat wisata terbaik di Lombok semakin menanjak seiring banyaknya pelancong mancanegara yang memilihnya sebagi tujuan favorit ketika berlibur ke Pulau Lombok. Gili Air semakin ramai terutama pada kisaran bulan Juli hingga Agustus.

3. Gili Meno

Gili-Meno-Lombok Objek Wisata Alam di Lombok Yang Menarik & Layak Di Kunjungi
sumber : travelagentlombok.com
Gili Meno adalah salah satu bagian dari tiga pulau kecil, selain Gili Air dan Gili Trawangan yang menjadi kawasan wisata bahari terkenal di Pulau Lombok. Pulau ini dapat diakses dengan melakukan perjalanan sekitar 45 menit dari Kota Mataram melalui Pantai Senggigi yang berlatar kemolekan pemandangan pantai dan hutang lindung.

Di Pulau ini, setiap pengunjung akan dimanjakan oleh pantai yang indah dan alami, sementara dari kejauhan juga terlihat keindahan dan keanggunan Gunung Rinjani. Selain itu, di Gili Meno juga terdapat taman burung dengan koleksi burung-burung langka dari Indonesia dan mancanegara.

4. Gili Trawangan

Gili-Trawangan-Lombok Objek Wisata Alam di Lombok Yang Menarik & Layak Di Kunjungi
sumber : almarik-lombok.com
Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari tiga pulau kecil di sebelah barat Pulau Lombok. Pulau ini hadir sebagai kawasan wisata dengan fasilitas yang paling beragam dengan suasana “pesta” lebih kentara ketimbang yang ada di Gili Meno dan Gili Air. Oleh karena pantainya menghadap ke timur, sehingga pemandangannya menjadi lebih indah, baik ketika matahari terbit maupun terbenam.

Aktivitas populer di Gili Trawangan adalah scuba diving, snorkeling, bermain kayak dan berselancar. Di pulau ini juga tersedia beberapa tempat untuk para pelancong yang ingin berkuda mengelilingi pulau, selain bisa juga menyewa sepeda untuk melakukannya. Selebihnya, ditempat ini wisatawan akan dimanjakan dengan kesenian bela diri tradisional yang disebut presean atau stick fighting.

5. Gunung Rinjani
Gunung-Rinjani Objek Wisata Alam di Lombok Yang Menarik & Layak Di Kunjungi
sumber : lombokita.com
Taman Nasional Gunung Rinjani telah lama menjadi obyek wisata terkenal di Indonesia, terutama bagi traveler pecinta petualangan alam bebas. Gunung Rinjani menempati peringkat keenam dari sepuluh gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl. Salah satu gunung terindah di Indonesia ini telah mendominasi sebagian besar pemandangan pulau Lombok bagian utara.

Perihal keindahannya, bisa jadi inilah gunung dengan pemandangan tercantik di Indonesia. Tidak salah jika selama ini menjadi destinasi terfavorit bagi para pendaki, baik dari Indonesia maupun dunia. Apa yang ditawarkan semakin sempurna dengan keberadaan Danau Segara Anak. Rinjani adalah tujuan ideal bagi siapa saja yang ingin merasakan sensasi lain yang melengkapi mahakarya keindahan Pulau Lombok.

6. Air Terjun Sendang Gile
Air-Terjun-Sendang-Gile-Lombok Objek Wisata Alam di Lombok Yang Menarik & Layak Di Kunjungi
sumber : thebalelomboktour.com
Ketika telah memutuskan untuk menjelajah di Taman Nasional Gunung Rinjani, sangat disayangkan jika tidak berkunjung ke Air Terjun Sendang Gile yang terletak di pintu masuk Gunung Rinjani. Sebagai bagian dari TN. Gunung Rinjani, tentu saja air di Sendang Gile berasal dari mata air di Gunung Rinjani.

Memilih pergi ke Air Terjun Sendang Gile, berarti harus melewati dua ratusan anak tangga dengan ketinggian mencapai 40 meter, termasuk juga melewati jembatan berlubang di sebuah lembah. Opsi lain, Anda juga bisa menyusuri pinggir lembah yang agak curam, mengikuti saluran irigasi dan menyeberangi jembatan yang terbuat dari rotan.

7. Selong Belanak

Pantai-Selong-Belanak-Lombok Objek Wisata Alam di Lombok Yang Menarik & Layak Di Kunjungi
sumber : dilombok.com
Selong Belanak adalah sebuah pantai semi-circular yang mempesona terletak kurang lebih 49 kilometer dari Kota Mataram, Lombok. Salah satu tempat wisata terbaik di Lombok ini menawarkan pemandangan sempurna melalui bukit-bukit dan kerimbunan yang mengitarinya. Seperti halnya dengan pantai-pantai lain di Pulau Lombok, Pantai Selong Belanak hadir dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih.

Pasir pantai lebih bersih dan halus, terutama di sisi utara. Sisi tersebut menghadirkan kontur pantai yang landai, perairan yang lebih jernih dan suasana yang lebih tenang. Satu hal yang menarik dari pantai ini adalah keberadaan dua jenis ombak, di satu sisi ombaknya besar dan ideal untuk berselancar, disisi lain ombaknya lebih tenang sehingga cocok untuk berjemur, berenang atau berperahu.

8. Tanjung Bloam

Pantai-Tanjung-Bloam-Lombok Objek Wisata Alam di Lombok Yang Menarik & Layak Di Kunjungi
sumber : lombokoption.co.id
Lombok terkenal sebagai surga pantai terindah di Indonesia dan Pantai Tanjung Bloam adalah satu yang paling mewakilinya. Panorama pantai sangatlah eksotik melaluit keberadaan tebing-tebing batu cadas berwarna kuning, lengkap dengan bercak-bercak hitam yang cukup kontras dengan warna lautnya. Pantai ini dikenal sebagai tempat konservasi penyu yang berhabitat di sekitaran tebing sepanjang garis pantai.

Mengingat lokasinya yang cukup tersembunyi, untuk mencapai pantai ini dibutuhkan usaha yang cukup berat melalui jalan yang berlumpur. Apabila berminat, Anda bisa mengunjunginya di balik hutan jati di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Percayalah, perjalanan yang berat akan segera tergantikan dengan moleknya pemandangan alam pantai yang menawan.

9. Pantai Kuta

Bukan hanya Pulau Bali saja yang memiliki pantai bernama “Kuta”. Jika Pantai Kuta Bali telah terlanjur populer sehingga sarat dengan hiruk pikuk pelesir dunia, datanglah ke Pantai Kuta Lombok untuk mendapatkan pengalaman wisata yang jauh berbeda. Pantai dengan hamparan pasir putih ini bisa dikunjungi di Desa Kuta.

Selain pesona alam pantai yang menawan, disinilah tempat diadakannya upacara Sasak setiap setahun sekali. Sebuah tradisi ritual Bau Nyale, dimana semua pelaut mencari cacing “Nyale” di laut. Di Sumba, juga ada tradisi serupa, Anda bisa membacanya di Tradisi Pasola dan Nyale. Pantai Kuta telah menjadi salah satu obyek wisata menarik di Indonesia sejak dibangun banyak hotel-hotel baru disekitarannya.

10. Tanjung Aan

Pantai-Tanjung-Aan-Lombok Objek Wisata Alam di Lombok Yang Menarik & Layak Di Kunjungi
sumber : www.sunshineseeker.com
Berwisata ke Pulau Lombok, berarti bersiap untuk dimanjakan dengan beragam pantai yang menawan. Adalah Pantai Tanjung Aan yang sangat ideal bagi traveler yang doyan dengan nuansa menenangkan. Salah satu tempat wisata terbaik di Pulau Lombok ini bisa dijumpai di dekat Pantai Kuta Lombok dengan jarak hanya sekitar 3 kilometer saja. Meski berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, Tanjung Aan lebih menawarkan gelombang air yang tenang.

Salah satu yang unik dari pantai ini adalah dua jenis pasir yang keberadaannya dipisahkan oleh batu karang berukuran besar. Di satu sisi pasirnya putih dan lembut, disisi lain pasirnya berbentuk seperti merica. Disini, Anda bisa melakukan banyak hal, termasuk berenang, snorkeling, atau berjalan kaki dan menjelajahi lebih detail pemandangan dari sudut yang berbeda.

Demikian informasi mengenai Objek Wisata di Lombok. Tentu saja, jika berniat untuk menjelajahi semua tempat wisata Lombok diatas dibutuhkan durasi wisata yang cukup panjang. Semua bergantung kebutuhan Anda, memilih satu atau dua diantaranya, atau bahkan sanggup untuk menjelajahi semuanya. Yang pasti, persiapkan banyak ketakjuban dan bersyukurlah masih diberikan kesempatan menikmati alam Indonesia yang termat menawan. Selamat Berwisata!

Daftar Tempat Wisata Di Lombok

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.6 (5 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *