• sumber : @sozanolomendrofa
  • sumber : suarapress.com
  • sumber : goo.gl/maps/mhNjRq2oBCs
  • sumber : hello-pet.com
  • sumber : jalanwisata.id
  • sumber : kaaget.com
  • sumber : tobadetour.com
  • sumber : wisatalagi.blogspot.com
  • sumber : @explorenias
  • sumber : goo.gl/maps/eajSWjLR7Us
  • sumber : museum-nias.org

Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi

Wisata Pulau Nias. Indonesia adalah negeri yang indah, semua orang tahu itu, dan Nias adalah salah satu sudut paling menonjol yang turut menyempurnakan keindahan itu. Meski pada tahun 2004 dan 2005 sempat diluluhlantakkan oleh gempa dan tsunami, pulau yang terkenal dengan tradisi lompat batu-nya ini kembali berbenah. Kini, keindahan Pulau Nias didukung oleh infastruktur yang memadai. Bahkan, untuk memastikan lancarnya pembangunan, Nias yang sebelumnya hanya terdiri 1 kabupaten, kini dimekarkan menjadi 4 kabupaten dan 1 kota.

Memilih liburan ke Pulau Nias merupakan ide yang sempurna bagi traveler yang suka wisata alam, terutama wisata pantai. Bahkan, pantai di Nias merupakan salah satu pantai terbaik di Indonesia untuk aktivitas selancar, snorkeling dan diving. Selain itu, Ono Nias (orang Nias) merupakan salah satu suku di Indonesia yang hidup dalam lingkungan adat dan budaya yang sangat tinggi. Jadi, wisata Pulau Nias juga termasuk wisata budaya yang menjanjikan pengalaman wisata yang kaya. Dalam hal ini, Nias terkenal dengan Fahombo atau tradisi lompat batu dan rumah tradisional-nya.

Ketika sampai disini, kami berasumsi Anda memang ingin berlibur ke kepulauan yang ada di sebelah barat pulau Sumatera ini. Secara administratif pulau ini berada dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara. Beragam tempat wisata Nias selalu siap menyambut siapa saja, untuk itu sebelum berangkat, pastikan memfilter objek wisata di Nias apa saja yang terbaik sesuai kebutuhan dan durasi wisata Anda. Berikut ini adalah rekomendasi beberapa obyek wisata Pulau Nias yang populer dan wajib dikunjungi

Rekomendasi Obyek Wisata Pulau Nias

1. Pantai Sorake

Pantai-Sorake Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : suarapress.com

Wisata alam Pulau Nias populer di dunia, salah satunya melalui keberadaan pantai ini. Berkat ombaknya yang besar dan indah, Pantai Sorake menjadi magnet utama yang menarik kunjungan para peselancar dunia. Tidak jarang, di pantai ini diadakan kompetisi selancar baik yang bersifat lokal maupun internasional. Sebagai salah satu dari 10 tempat surfing terbaik di dunia, fasilitas wisata Pantai Sorake sangatlah memadai, termasuk beragam jenis penginapan. Selain terkenal dengan ombaknya, pantai ini juga menjadi tempat ideal untuk menikmati keindahan matahari tenggelam.

Desa Sorake, Botohilitano, Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara

2. Desa Bawomataluo

Tradisi-Fahombo-Lompat-Batu-Nias Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : tobadetour.com

Seperti disebutkan diawal artikel ini, suku Nias memiliki kebudayaan yang sangat tinggi. Bahkan jejak masyarakat Nias kuno yang hidup dalam budaya megalitik masih bisa dijumpai hingga saat ini. Tersebutlah salah satunya, yakni Tradisi Lompat Batu. Tradisi yang awalnya merupakan ritual pendewasaan bagi masyarakat Nias ini telah menjadi objek wisata tradisional terunik dan teraneh di dunia. Liburan ke Pulau Nias tidak lengkap jika tidak berkunjung ke Desa Bawomataluo sebagai salah satu desa yang tetap menjalankan tradisi tersebut.

Desa Bawomataluo, Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara

3. Pantai Lagundri
Pantai-Lagundri Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : wisatalagi.blogspot.com

Sama halnya dengan Pantai Sorake, Pantai Lagundri juga termasuk 10 pantai terbaik dunia untuk aktivitas surfing. Kedua pantai tersebut hanya berjarak sekitar 2 kilometer saja. Ombak di pantai ini bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter dengan panjang berkilo-kilo meter. Tentu saja, ombak sebesar itu tidaklah selalu bisa dijumpai. Jika sobat suka dengan aktivitas selancar, datanglah ke pantai ini pada kisaran bulan Juni-Juli ketika ombak pantai sedang bagus-bagusnya.

Lagundri, Tlk. Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara

4. Pantai Malaga

Pantai-Malaga Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : goo.gl/maps/mhNjRq2oBCs

Pantai Malaga haruslah disertakan dalam daftar kunjungan wisata Pulau Nias, terutama jika Anda datang ke Nias menggunakan jalur udara. Pantai nan molek ini berada cukup dekat dengan Bandara Binaka, hanya sekitar 30 menit perjalanan berkendara. Di pantai ini, para pengunjung biasanya lebih suka bersantai menikmati udara segar. Waktu ideal adalah sore hari disaat perubahan warna alam turut mengiringi matahari kembali ke peraduannya. Fasilitas di pantai ini termasuk penginapan, area bermain dan beberapa tempat jajanan kuliner.

Siwalu Banua II, GunungSitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara

5. Pantai Indah Tureloto

Pantai-Indah-Tureloto Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : @explorenias

Seperti namanya, Pantai Indah Tureloto adalah pantai yang indah. Anda pasti tahu Laut Mati yang terkenal keindahannya serta memiliki air dengan kadar garam yang tinggi. Tidak perlu jauh-jauh ke danau yang berada di Yordania itu, datang saja ke Pantai Tureloto yang juga indah dan mengandung kadar garam yang tinggi. Sama halnya di Laut Mati, oleh karena tingginya kandungan garam, Anda bisa mengapung di air tanpa harus berenang. Selain itu, pantai ini juga menawarkan keindahan bawah laut sehingga ideal untuk aktivitas penyelaman.

Desa Tureloto, Balefadoro Tuho, Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara

6. Kepulauan Hinako
Kepulauan-Hinako Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : kaaget.com

Kepulauan Hinako merupakan gugusan pulau yang tentu saja sangat indah, termasuk didalamnya adalah Pulau Asu yang populer dengan surga bawah lautnya. Ada juga Pulau Bawa yang dikenal dunia melalui ombaknya yang dahsyat. Pulau ini selalu menjadi destinasi wisatawan mancanegara yang gemar berselancar. Tidak hanya itu, kepulauan Hinako juga merupakan tempat paling cocok bagi mereka yang suka memancing. Suka memancing? uji skill Anda disini. Untuk datang kesini, Anda bisa menyeberang menggunakan kapal yang ada di dermaga Pantai Sirombu.

Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara

7. Pulau Tello

Pulau-Tello Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : hello-pet.com

Durasi liburan kali ini panjang? Lanjutkan wisata bahari Anda ke Pulau Tello (Tello Island). Sebuah pulau yang menakjubkan bagian dari gugusan Pulau-Pulau Batu di Nias Selatan. Keindahan alam pulau ini sungguhlah sempurna, luar dan dalam. Panorama alamnya elok dan menawan, sementara ada surga dibawah lautnya sehingga snorkeling dan diving menjadi aktivitas wajib dilakukan. Apalagi? memancing dan selancar pun bisa dilakukan. Ingin melihat cantiknya sunrise dan sunset di satu tempat? datanglah kesini.

Pulau Pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara

8. Museum Pusaka Nias

Museum-Pusaka-Nias Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : museum-nias.org

Bagi yang tertarik dengan kesejarahan dan budaya masyarakat Nias, Museum Pusaka Nias wajib masuk dalam daftar Wisata Pulau Nias kali ini. Dalam sejarahnya, museum ini dimulai dari kegemaran Pastor Johannes M. Hammerle mengoleksi benda-benda budaya, seni dan sejarah Suku Nias. Seiring dengan semakin banyak koleksinya, maka Pastor Johannes mengusulkan agar didirikan museum Nias. Hingga saat ini, museum ini menjadi salah satu wadah untuk melestarikan nilai-nilai budaya Nias. Datanglah untuk memperkaya pengalaman wisata Anda.

JL. Yos Sudarso, Iraonogeba, Gunungsitoli, Kota Gn. Sitoli, Sumatera Utara

9. Pantai Merah (Walo Afulu)
Pantai-Merah Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : goo.gl/maps/eajSWjLR7Us

Kemolekan alam Pulau Nias memanglah kentara melalui border-border pantai yang mengelilinginya. Diantara daftar pantai tersebut, ada satu yang paling unik, yakni Pantai Merah, atau yang dikenal masyarakatnya sebagai Pantai Walo. Seperti diisyaratkan namanya, pantai ini memiliki pasir berwarna kemerah-merahan berbulir-bulir yang teramat halus. Melalui keunikan pasirnya, Pantai Merah Afulu jelas menawarkan citarasa alam tersendiri. Kekhasan tersebut semakin sempurna melalui hamparan bebatuan karang di bibir pantai yang berair jernih hijau kebiru-biruan. Datang kesini dan tunggulah sore hari untuk menikmati golden sunset yang menakjubkan.

Harewakhe, Afulu, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara

10. Pulau Onolimbu
Pulau-Onolimbu Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : @sozanolomendrofa

Pulau Onolimbu merupakan satu bagian dari kawasan Soziona (Somi, Bozihona, Onolimbu, dan Nalawo), sebuah kecantikan alam yang menghiasi sisi timur Kepulauan Nias. Pulau ini merupakan surga tersembunyi yang jarang terjamah wisatawan. Apa yang tersaji disini tidaklah kalah dengan pulau-pulau lain di Nias yang terlanjur populer. Hamparan pasir putih yang lembut, kejernihan air bak kristal, serta keragaman terumbu karang yang lengkap dengan ikan-ikan indah berawarna warni. Menariknya, untuk ke pulau ini hanya dibutuhkan kurang lebih 2 jam menggunakan boat. Datanglah dan bahagiankan diri Anda.

Tagaule, Bawolato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara

11. Air Terjun Luaha Ndroi

Air-Terjun-Loaha-Ndroi Daftar Obyek Wisata Pulau Nias yang Terbaik & Populer di Kunjungi
sumber : jalanwisata.id

Jadikanlah wisata Pulau Nias kali ini sedikit berbeda dengan rutinitas di pantai Nias. Meluncurlah ke desa Fulolo di Kecamatan Alasa dan temukan kemolekan alam berupa air terjun, yakni Luaha Ndroi. Diantara rimbunnya kehijauan yang mendominasi pemandangannya, lihatlahlah air terjun bertingkat ini benar-benar eksotis. Sebagai salah satu objek wisata tersembunyi di Pulau Nias, wanawisata air terjun ini sangatlah kurang dalam hal aktivitas. Namun bagi petualang sejati seperti Anda, bukankah minimnya fasilitas itu justru menjadi warna sebuah petualangan. Datanglah dan masuklah pada nuansa sejuk menenangkan.

Fulolo, Tugala Oyo, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara

Tentu, infomasi mengenai tempat wisata Pulau Nias ini belumlah mencakup semua objek wisata terbaik di Nias. Setidaknya, dengan membaca artikel ini, Anda akan memiliki gambaran tentang wisata Nias apa saja yang wajib dikunjungi, satu atau dua bisa juga masuk dalam daftar kunjungan Anda. Selebihnya, jika durasi wisata kali ini sangatlah panjang, salah satu ide terbaik adalah menjelajahi Wisata Danau Toba. Baca Daftar Tempat Wisata Terbaik di Danau Toba. Selamat Berwisata!

Daftar Tempat Wisata Pulau Nias

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.5 (2 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *