Wisata Sekitar Candi Borobudur – Daftar 6+ Tempat Wisata Dekat Borobudur

Wisata Sekitar Candi Borobudur. Candi Borobudur adalah keajaiban Indonesia yang senantiasa dikagumi dunia. Berada di Magelang, Jawa Tengah, inilah kuil Buddha terbesar dunia yang meneguhkan slogan pariwisata Magelang “The Park of Java“.

Daya tarik wisata Borobudur tidak terbatas pada sejarah dan kemegahan arsitektur, namun juga tersebar ke wilayah sekitar. Memungkinkan wisatawan menikmatinya dengan cara berbeda. Menelusuri peninggalan-peninggalan yang terkait dengannya atau takjub pada lanskap alam yang mengelilinginya.

Banyak tempat wisata sekitar Candi Borobudur. Setidaknya dalam radius 8 km, puluhan objek wisata yang sebagian besar bertema alam dan budaya, tersedia untuk dinikmati. Dan, itu belum termasuk opsi wisata yang berada di kawasannya, museum-museumnya, Borobudur Sunrise atau Bukit Dagi misalnya.

Jadi jika sobat belum pernah ke sana, segera rencanakan kunjungan wisata. Jika sudah pernah, datanglah kembali masih banyak yang belum ternikmati. Melebarlah, wisata daerah Borobudur belum sepenuhnya Anda jamah. Berikut ini adalah daftar, yang sebenarnya lebih dari 6 wisata dekat Candi Borobudur.


Wisata Sekitar Candi Borobudur


Candi Pawon

Candi Pawon Wisata Sekitar Borobudur
sumber: @tantriw

Candi Pawon adalah salah satu objek wisata dekat Borobudur. Tidak hanya dekat pada jaraknya yang sekira 2 km, namun juga pada sejarahnya. Para ahli banyak yang berasumsi bahwa candi ini adalah bagian dari Borobudur. Pendapat lebih spesifik mengatakan ini adalah pintu gerbang Candi Borobudur.

Terkhusus bagi traveler pecinta sejarah, situs peninggalan abad ke-8 ini adalah destinasi wajib setelah puas menikmati eksotika Borobudur. Ini merupakan candi kecil yang lokasinya dikelilingi rumah-rumah warga. Warga setempat lebih suka menyebutnya Candi Brojonalan, karena berada di Dusun Brojonalan.

Meski berukuran kecil, banyak hal menarik yang bisa ditelusuri, terutama terkait keberadaannya. Cari tahu perihal misteri lokasinya yang berada di tengah sumbu garis lurus antara Candi Mendut dan Candi Borobudur. Bisa juga membandingkan motif pahatan yang sejauh ini dianggap memiliki kemiripan.

Lokasi: Dusun Brojonalan, Wanurejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah


Camera House

Rumah Kamera Wisata Dekat Candi Borobudur
sumber : wisatadiindonesia.com

Wisata sekitar Candi Borobudur selanjutnya adalah Rumah Kamera atau Camera House. Sebuah tempat ideal bagi mereka yang menghendaki kegembiraan wisata dengan cara yang mudah. Surga bagi para “selfer” untuk melampiaskan budaya mereka. Sobatkah salah satunya? datang dan nikmati yang ada.

Tidak jauh, kurang dari 10 menit berkendara dari Candi Borobudur. Temukan dan masukilah sebuah rumah yang dibangun menyerupai kamera DSLR. Banyak spot berswafoto di dalam rumah berlantai tiga ini, mulai dari lukisan 3D, kafe, hingga Gembok Cinta seperti yang ada di Paris atau di Korea Selatan.

Rumah unik ini merupakan galeri milik pelukis Tanggol Angien Jatikusumo. Di sini, Anda bisa menikmati beragam karya seni sang seniman di setiap lantainya yang unik. Naiklah hingga di ujung lensa kamera. Nikmati lanskap asri berlatar Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong, serta pegunungan Menoreh.

Lokasi: Karang Bawang, Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah


Candi Mendut

Mendut Temple Magelang Indonesia
sumber: @backpackerfabito

Jika sebelumnya Anda tertarik mengunjungi Candi Pawon, tidak lengkap rasanya kalo tidak sekalian berkunjung ke Candi Mendut. Lokasinya kurang lebih 4 km atau 9 menit berkendara ke arah timur dari Kawasan Wisata Candi Borobudur. Kalau berangkat dari Candi Pawon, lebih dekat lagi, mungkin 2 km.

Untuk diketahui, Candi Mendut adalah candi Buddha yang diduga lebih tua usianya dari Candi Pawon maupun Candi Borobudur. Salah satu situs peninggalan Wangsa Syailendra yang dibangun oleh raja pertamanya, yakni Dharanindra (Indra). Raja Dinasti Syailendra yang memerintah sekitar tahun 782 M.

Mendut-Pawon-Borobudur seolah urutan yang membentuk garis lurus imajiner yang mengisyaratkan keterikatan perlambang. Bahkan keterikatan tersebut masih bisa dilihat hingga sekarang, yakni ketika Waisak. Prosesinya dimulai dari Candi Mendut, melalui Candi Pawon dan berakhir di Candi Borobudur.

Lokasi: Jl. Mayor Kusen No.92, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah


Sungai Elo & Progo

Rafting Sungai Elo Magelang
sumber: @raftingsungaielo_magelang

Tidak jauh dari Kawasan Wisata Candi Borobudur juga ada aliran sungai panjang yang berhulu di Gunung Merbabu. Namanya, Sungai Elo dan Sungai Progo yang berada di sekitaran Candi Pawon dan Candi Mendut. Di dua sungai itulah keseruan wisata dimulai, melalui atraksi arung jeram atau rafting.

Untuk melengkapi pengalaman wisata, Anda perlu melakukannya. Terlebih jika wisata kali ini Anda bersama rombongan, nikmatilah keseruan bersama. Untuk grade II dengan tingkat kesulitan medium, bisa mencoba di Sungai Elo. Cocok bagi para pemula dengan jalur sepanjang 11 km berdurasi 2,5 jam.

Sungai Elo adalah anak Sungai Progo. Sungai induknya ini ideal bagi yang ingin sensasi arung jeram yang lebih menantang. Untuk grade III bisa mencoba di Progo Atas, untuk Grade III+ bisa di Progo Hulu. Atau, Anda seorang expert? taklukkan Sungai Progo Bawah dengan tingkat kesulitan di Grade IV-V.


Bukit Rhema

Bukit Rhema Gereja Ayam
sumber: @pangeraann_

Jika yang disebut di atas merupakan tempat wisata sekitar Borobudur di sisi timur-selatan. Sejak dari sini, objek wisatanya lebih merujuk wisata sekitar Candi Borobudur di sisi barat-selatan. Dimulai dari Bukit Rhema yang populer seiring dengan adanya film AADC 2, tentang Cinta dan Rangga.

Bersama dengan Punthuk Setumbu, objek wisata yang juga disebut dengan Gereja Ayam ini dijadikan spot romantis dalam film AADC 2. Bukit Rhema merujuk puncak bukit, tempat dimana Gereja Ayam dibangun. Meski disebut Gereja Ayam, rumah doa bagi segala bangsa ini sebetulnya berbentuk burung merpati.

Sebagai tempat wisata, Bukit Rhema menawarkan opsi wisata religi, wisata edukasi, wisata kuliner, hingga wisata alam. Karena lokasinya berada di ketinggian puncak bukit, di sinilah salah satu spot terbaik menikmati sunrise Borobudur, selain beberapa punthuk yang disebutkan di bawah ini.

Lokasi: Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah


Punthuk Borobudur

Punthuk Mongkrong Wisata Sekitar Candi Borobudur
sumber: @ahmad_ghufron

Daftar terakhir Tempat Wisata Sekitar Candi Borobudur ini adalah sebuah rangkuman dari artikel yang ditulis sebelumnya, yakni 5 Punthuk di Borobudur. Untuk info lebih terperinci, Anda bisa juga membaca artikel tersebut. Jadi di sekitar Borobudur, ada sejumlah spot untuk menikmati alam dari ketinggian.

Spot-spot tersebut berupa bukit atau yang oleh masyarakat lokal disebut punthuk. Gambar di atas adalah spot foto di Punthuk Mongkrong, yakni bukit tertinggi yang juga bisa dikatakan yang terjauh dari Borobudur, namun kurang dari 8 km. Sangat indah pemandangannya, baik di kala pagi maupun malam hari.

Punthuk yang paling populer adalah Punthuk Setumbu yang lokasinya berada di dekat Bukit Rhema dan Punthuk Purwosari. Punthuk Setumbu sangat terkenal karena menawarkan lanskap sunrise yang menakjubkan. Menjadi alternatif terbaik yang murah meriah, ketimbang di spot utamanya di Manohara Borobudur.

Meski kalah populer, ada juga Punthuk Kendhil dan Punthuk Sukmojoyo yang juga menawarkan keindahan sunrise Borobudur. Masing-masing memiliki sudut keindahan tersendiri. Seiring namanya dikenal, punthuk-punthuk Borobudur kini juga diperkaya sejumlah fasilitas, termasuk spot-spot untuk berselfie ria.


Bagaimana? apakah artikel ini sudah cukup menjadi alasan untuk Anda kembali berwisata ke Candi Borobudur? Sebenarnya, masih banyak tempat wisata sekitar Candi Borobudur. Daftar di atas hanya sebagian rekomendasi yang diharapkan bisa menjadi gambaran tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *