Liburan di Situbondo? 7 Tempat Wisata Situbondo Berikut Wajib Disinggahi

Wisata Situbondo. Masing-masing wilayah di Jawa Timur menjamin pengalaman wisata berkesan bagi siapa saja yang menetapkan liburan ke provinsi tersebut. Jika sebelumnya sobat telah akrab dengan Objek Wisata di Banyuwangi, kini cobalah melebar ke pesisir utara Pulau Jawa, ke “Surga Burung“, yakni Kabupaten Situbondo.

Sesuai dengan namanya, “Situbondo” dikatakan berasal dari kata siti bondo yang berarti tanah yang mengikat. Sehingga mengisyaratkan bahwa Situbondo merupakan daerah yang menarik bagi siapapun yang datang untuk bertahan, berlama-lama karena terpikat oleh pesonanya. Julukan “East Side of Paradise” pun menegaskannya.

Baluran National Park yang kecantikannya telah mendunia, sebagian wilayahnya ada di Situbondo. Kemudian Gunung Argopuro yang eksotis. Meski Puncak Rengganis yang terkenal itu berada di Kabupaten Jember, namun gunung setinggi 3.088 mdpl itu juga menitipkan sebagian keindahannya di Situbondo.

Alam sedemikian rupa membentuk kabupaten yang juga dijuluki “Afrikaanse Van Java” ini, sehingga Wisata Situbondo dipastikan mampu memanjakan gairah wisata Anda. Sejenak tahan dulu keterpikatan sobat akan pesona Wisata Malang Raya. Persiapkan segala sesuatunya dan berikut 7 tempat wisata di Situbondo yang wajib dikunjungi.


Pantai Pasir Putih

Wisata Pasir Putih Situbondo
sumber : @rizaldelarocha

Wisata Pasir Putih Situbondo memang sudah semestinya menempati posisi teratas dalam daftar wisata Situbondo. Pantai yang berada di Selat Madura ini menjanjikan keindahan, kenyamanan, hingga pengalaman wisata yang menarik melalui beragam aktivitas yang menyertainya. Ideal untuk siapa saja, termasuk wisata keluarga.

Pasir Putih merupakan pantai di Situbondo terpopuler dengan fasilitas terlengkap, bahkan cantik luar dan dalam. Di pesisirnya, wisatawan bisa sepuasnya menikmati lanskap pemandangan atau menjelajah dengan Cross ATV. Di pantainya, bisa mencoba berlayar dengan kano, memancing ataupun berenang dalam kejernihan airnya.

Tidak hanya itu, pesona Pantai Pasir Putih Situbondo juga termasuk keindahan bawah lautnya. Snorkeling atau diving itu terserah Anda, yang pasti secara jujur takjublah dengan apa yang tersaji untuk kemudian bersyukur karena diberi kesempatan menikmatinya. Tenang saja, segala peralatan telah disediakan dan bisa disewa.

Lokasi Pantai Pasir Putih : Pandansari, Pasir Putih, Bungatan, Situbondo, Jawa Timur


Savana Bekol

Savana Bekol Baluran
sumber : @novitasariratnadewi

Wisata Baluran memang mempesona dan savana bekol adalah satu bagian yang paling mewakili citarasa alamnya. Melalui padang savana inilah kemudian Taman Nasional Baluran dijuluki Africa van Java atau The Little Africa in Java. Untuk diketahui, vegetasi sabana sangatlah mendominasi hingga 40% dari total luas Baluran.

Wisata di Situbondo wajib kiranya mendatangi padang sabana yang secara administratif masuk wilayah Situbondo ini. Takjublah dalam ruang terbuka luas yang umumnya dipenuhi dengan sekawanan rusa bersama hewan-hewan lain yang bermain secara bebas. Naik ke view point dan nikmati pesona alam Baluran dari ketinggian.

Lokasi Savana Bekol : Area Hutan, Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur


Pantai Bama

Pantai Bama di Taman Nasional Baluran
sumber : @azkafauziya

Setelah puas di Padang Savana Bekol, lanjutkan perjalanan sekitar 3 km sampai tiba di Pantai Bama. Pantai indah dan tenang di Baluran. Untuk sementara waktu, bolehlah menganggap pantai ini seperti milik sendiri. Cenderung sepi, waktu penulis datang kesini hanya beberapa monyet ekor panjang jail yang menemani.

Duduk di ayunan atau kursi di pinggiran pantainya. Bertahan agak lama, resapi semilir angin yang setia menyertai rasa ketakjuban Anda. Menjelajahlah di hamparan pasir putih lembut itu, sejauh langkah, sejauh itu pula gradasi laut dangkal biru muda memanjakan mata. Jangan lupa, masuk dalam rimbun hutan mangrovenya.

Memancing atau berkeliling pantai dengan perahu juga bisa. Yang menarik, ketika kebetulan sore hari mulai menyapa, perhatikanlah sekawanan monyet yang menyerbu pantai. Sedang apa mereka? Hal itu sudah tradisi bahwa menjelang sore hari adalah saat tepat untuk memancing ikan. Lihatlah mereka memancing dengan ekornya.

Lokasi Pantai Bama : Area Hutan, Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur


Pantai Balanan

Pantai Balanan - Wisata Baluran
sumber : @doel_edan

Banyak sekali pantai di Baluran, selain Pantai Bama, ada juga Pantai Balanan. Dalam wisata Situbondo kali ini, pastikan juga untuk menikmati keindahan pantai ini. Balanan merupakan satu diantara resor Baluran yang berpenghuni, disini ada wisata pantai dan hutan mangrove yang sangat luas.

Sama halnya dengan Pantai Bama, Pantai Balanan merupakan pantai berpasir putih berair jernih. Yang menarik, di pantai ini ada savana kecil yang turut melengkapi lanskap pemandangannya. Sementara itu, ekosistem mangrovenya menawarkan salah satu spesies mangrove dengan nilai jual mahal, namanya Setigi.

Jika berangkat dari Pantai Bama, perjalanan esktrim akan mewarnai wisata Anda. Sejauh 5 km melewati savana untuk kemudian menuruni tebing terjal. Sedikit wisatawan yang tertarik melakukannya, namun penulis yakni sobat petualang sejati, yang menganggap kesulitan akan memberi citarasa wisata tersendiri.

Lokasi Pantai Balanan : Area Hutan, Sumberwaru, Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur


Waduk Bajulmati
Waduk Bajulmati Tempat Wisata di Situbondo
sumber : @fotonisun

Lanjut ke Waduk Bajulmati. Tempat wisata Situbondo yang membendung Sungai Bajulmati ini juga masih berada disekitaran Baluran, dekat juga dengan objek wisata fenomenal Kawah Ijen. Danau yang luasnya mencapai 98.43 km2 ini merupakan primadona wisata baru karena menawarkan desain alam yang unik nan eksotik.

Desain alam Waduk Bajulmati terutama ditonjolkan oleh keberadaan bukit-bukit kecil yang mengelilingnya. Panoramanya didominasi warna hijau alam yang kaya, tidak terkecuali airnya yang jernih dan tenang laksana cermin raksasa. Kemolekannya dianggap sebagai Citra Misool Raja Ampat di Ujung Timur Pulau Jawa.

Baca ulasan lengkap mengenai tempat wisata di Situbondo ini di Wisata Waduk Bajulmati


Wisata Kampung Blekok
Kampung Blekok - Wisata di Situbondo
sumber : ulp.situbondokab.go.id

Situbondo rimbun oleh hijau hutan mangrove dan Kampung Blekok adalah salah satu tempat wisata di Situbondo yang paling mewakilinya. Seperti diisyaratkan oleh namanya, Kampung Blekok merupakan kawasan bakau yang dihuni oleh Blekok, burung air jenis ardidae yang menawan melalui dominasi warna putihnya.

Datanglah, namun pastikan datang di waktu yang tepat, di saat kemolekan ranum pagi atau ketika senja mulai menyapa. Setidaknya pukul 05.00 pagi, burung-burung akan terbang mencari makan. Juga pukul 17.00 sore dikala burung-burung itu kembali pulang. Melalui jembatan kayu atau menara pandang, nikmatilah fenomena itu.

Selain aktivitas ratusan burung Blekok, yang menarik adalah aktivitas masyarakatnya. Sudah belasan tahun, penduduk Kampung Blekok menjadi pengrajin souvenir. Mereka membuat bermacam-macam gantungan kunci dan hiasan meja. Susuri gang-gang kecil lihat aktivitas mereka, terutama di hari minggu ada bazar kuliner disini.

Lokasi Wisata Kampung Blekok : Krojan Barat, Klatakan, Kendit, Situbondo, Jawa Timur


Wisata Kampung Kerapu

Kampung Kerapu - Wisata Situbondo
sumber : @trapel.oka

Dari Kampung Blekok, ide terbaiknya adalah melanjutkan perjalanan wisata ke Kampung Kerapu, hanya sekira 3 km ke arah barat. Di Kampung Kerapu, sobat bisa menikmati puluhan budidaya keramba ikan yang dikemas berbeda. Disini ada dermaga apung melingkar yang unik sebagai atraksi utamanya, tempat ideal bagi para selfer.

Sore hari merupakan waktu ideal untuk datang ke Kampung Kerapu, karena kawasan pesisir Situbondo dikenal dengan keindahan matahari terbenamnya. Jadi, sobat traveler bisa selfie dengan latarbelakang yang menawan, termasuk juga bagi Anda penggemar landscape photography, dapatkanlah spot terbaik untuk diabadikan.

Selain itu, Wisata Kampung Kerapu juga telah lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang yang sayang jika dilewatkan. Lengkapi pengalaman wisata dengan mencoba menaiki perahu wisata yang tersedia. Berkelilinglah melihat keramba-keramba di tengah air, atau bisa juga memancing berbagai ikan yang dibudidayakan.

Lokasi Wisata Kampung Kerapu : Gundit, Klatakan, Kendit, Situbondo, Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *