• sumber : http://blog.reservasi.com
  • sumber : rainbow-outbound.com
  • sumber : pinterest.com/pin/7107311882166714/
  • sumber : urbanradiobandung.com
  • sumber : explorewisata.com
  • sumber : pergidulu.com
  • sumber : curlylifes.blogspot.com
  • sumber : www.anakkos.net
  • sumber : ksmtour.com

Daftar Wisata Alam Bandung Yang Terindah & Menarik di Kunjungi

posted in: Daftar Menarik, Jawa, Jawa Barat, Wisata | 2

Wisata Alam Bandung. Berbicara mengenai Bandung secara keseluruhan, tentunya kita akan membahas suatu wilayah yang sangat luas. Bandung sebagai kota metropolitan terbesar di Jawa Barat dan terbesar di Pulau Jawa bagian selatan, atau Bandung Raya sebagai kawasan metropolitan terbesar kedua di Indonesia. Terlepas dari luas wilayahnya tersebut, Bandung juga merupakan kawasan yang dianugerahi keindahan alam yang luar biasa.

Dalam banyak hal, Bandung Raya sering disamakan dengan Malang Raya di Jawa Timur. Kedua kawasan metropolitan ini, selain terkenal sebagai wisata belanja dan kuliner, juga kaya dengan obyek wisata alam. Jika Malang disebut Kota Bunga, maka Bandung dikenal sebagai Kota Kembang. Julukan ini mewakili geografis keduanya yang dikelilingi oleh pegunungan. Di masa lalu, Bandung sangatlah cantik dengan banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga.

Semua orang menyukai keindahan alam, terutama pegunungan dan perbukitan yang setiap bagiannya mampu memanjakan siapa saja. Oleh karena itu, jika Pembaca adalah salah satu diantara mereka yang menyukai alam, menetapkan Bandung sebagai destinasi liburan adalah ide yang sempurna. Wisata Alam Bandung yang khas dengan pegunungan menawarkan beragam varian obyek wisata, termasuk lanskap perbukitan, danau-danau dan air terjun.

Tentu saja, menjelajahi semua tempat menarik di Bandung dibutuhkan durasi liburan yang sangat panjang. Bukannya tidak mungkin, namun menjadi bijak dalam gairah wisata adalah penting, kecuali jika Anda memang telah mantab menyisakan waktu banyak untuk penjelajahan. Terlepas dari bervariasinya kebutuhan wisata setiap orang, artikel ini akan memuat beberapa obyek wisata alam Bandung yang terindah, terbaik dan populer dikunjungi.

Daftar wisata alam Bandung ini, secara sekilas akan menunjukkan sudut-sudut alam yang paling menjadi magnet sehingga menarik ketakjuban banyak orang. Sebelum pergi ke Bandung, setidaknya artikel ini akan memberi gambaran tentang obyek wisata alam yang layak dikunjungi. Sehingga anda bisa memetakan tujuan wisata selama di Bandung.

Wisata Alam Bandung Yang Wajib Di Kunjungi

1. Kawah Putih Ciwidey

Kawah-Putih-Ciwidey Daftar Wisata Alam Bandung Yang Terindah & Menarik di Kunjungi
sumber : pinterest.com/pin/7107311882166714/

Dari letusan Gunung Patuha pada abad ke-10 terciptalah sebuah danau kawah pada ketinggian +2090 mdpl. Seiring berjalannya waktu sejak pertama kali ditemukan oleh Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, Kawah Putih di kawasan Ciwidey ini pun semakin dikenal dan terkenal. Tidak lain tidak bukan, popularitas danau kawah ini semakin menanjak dikarenakan keindahan alam yang tersaji.

Sebuah obyek geo wisata berupa danau vulkanik yang eksotis yang mengkombinasikan warna putih biru kehijau-hijauan bercampur dengan belerang, semakin unik ketika airnya terkadang mengesankan perubahan warna. Desain alam semakin baik disempurnakan oleh kemolekan lanskap Gunung Patuha. Pesona alam yang terkesan romantis benar-benar memukau banyak orang, mereka datang untuk kemudian merindukannya.

Saat berlibur di Bandung Selatan, jangan lupa berkunjung kesini. Pastikan Anda salah satu diantara mereka yang beruntung sejenak bermanja di dalamnya. Kunjungi obyek wisata alam ini di kawasan Ciwidey. Informasi lebih lengkap, silahkan merujuk ke artikel Kawah Putih Ciwidey, Danau Vulkanik yang Romantis & Eksotis.

2. Situ Patenggang

Situ-Patenggang-Bandung Daftar Wisata Alam Bandung Yang Terindah & Menarik di Kunjungi
sumber : urbanradiobandung.com

Tidak jauh dari Kawah Putih Ciwidey, ada lagi danau yang romantis, yakni Situ Patenggang. Bahkan kesan romantisnya itu telah ditekankan oleh legenda yang mewarnai kesejarahan danau ini, tentang kedalaman cinta dua sejoli titisan dewa yang terpisahkan. Singkat cerita, dibuatlah danau lengkap dengan sebuah kapal untuk mereka berlayar bersama. Adalah “Batu Cinta” yang diyakini masyarakat sebagai tempat awal pertemuan mereka.

Kisah romantis berpadu dengan pemandangan alam yang eksotis telah membuat obyek wisata ini menjadi salah satu tempat menarik di Bandung. Hijaunya hamparan perkebunan teh berbukit-bukit telah mengabarkan kesejukan air dan udara disekitarnya. Siapapun pasti suka, terlebih para pecinta, sejenak untuk berlama-lama di danau cinta seluas 45.000 ha ini. Andakah salah satunya? Jadi, masih adakah yang menghalangi untuk bersegera?

Beragam aktivitas bisa dilakukan di Situ Patenggang, termasuk mengarungi danau dengan berperahu. Menikmati pengalaman memancing di danau pada ketinggian 1600 mdpl atau bisa juga melebar mengitari Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara. Persiapkan totalitas dalam berwisata atau baca artikel lengkapnya di Danau Situ Patenggang.

3. Stone Garden Geo Park Citatah
Stone-Garden-Geopark-Citatah Daftar Wisata Alam Bandung Yang Terindah & Menarik di Kunjungi
sumber : http://blog.reservasi.com

Stone Garden Citatah Padalarang adalah objek wisata alam Bandung yang meski tergolong baru namun banyak dikunjungi traveler pecinta alam. Pesona alam yang khas dari pegunungan kapur telah membentuk lanskap pemandangan yang sangat apik dan memanjakan. Terhamparlah keeksotikan perbukitan kapur yang dibalut hijaunya tetumbuhan di lahan luas pada ketinggian 709 mdpl di kawasan puncak Gunung Pawon. Selain indah, obyek geo wisata ini juga mewakili sejarah purba kawasan Bandung.

Gunung kapur yang berdiri sepanjang Citatah tidaklah lepas dari keberadaan danau purba yang menggenangi Bandung pada zaman purbakala. Danau tersebut kemudian surut melalui lubang di Sanghyang Tikoro dan menyisakan cekungan besar yang kini dikenal sebagai Kota Bandung. Salah satu penemuan fenomenal adalah di Goa Pawon berupa alat-alat batu dan tulang, gerabah, sisa tulang dan gigi binatang.

Disini juga sebagai tempat aneka fosil binatang koral yang turut membuktikan bahwa Bandung dahulunya adalah laut dangkal. Dengan hanya membayar tiket sebesar Rp 10.000, siapa saja bisa menikmati keindahan alam yang dulunya dikenal sebagai Pasir Pawon ini. Selain itu, Citatah adalah wilayah yang populer dengan kuliner dan pusat oleh-oleh, seperti peuyeum Bandung. Anda tahu artinya khan? Bersegeralah!

4. Sanghyang Heuleut

Sanghyang-Heuleut Daftar Wisata Alam Bandung Yang Terindah & Menarik di Kunjungi
sumber : rainbow-outbound.com

Berbicara mengenai Sanghyang Heuleut berarti akan membicarakan tiga obyek wisata alam sekaligus, yakni Sanghyang Heuleut, Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek. Ketiga-tiganya berada di satu lokasi yakni di dekat PLTA Saguling, Rajamandala. Hiruk pikuk media sosial telah begitu gencar menyeret ketiga obyek wisata purba ini. Alhasil, keeksotikan danau dan dua goa purbakala pun tersebar menggentayangi fikiran para penikmat keindahan.

Sanghyang Heuleut adalah sebuah danau yang dalam legenda disebut sebagai tempat mandinya para bidadari. Danau nan indah dimana bagian atasnya dialiri gemericik air yang merupakan bagian dari Sungai Citarum Purba. Unsur purba semakin melekat ketika melihat formasi bebatuan yang ada. Sementara itu, Sanghyang Tikoro telah lama populer sebagai goa misterius yang menjadi tempat mengalirnya danau purba Bandung tatkala jebol. Adapun Sanghyang Poek adalah goa dengan pesona lain dengan lanskap diagonal didominasi batu-batuan besar.

Tiada yang lebih berarti ketika berkunjung ke obyek wisata alam Bandung ini selain menjadi lebih bersyukur akan kemolekan yang ditawarkan. Sesekali berhenti menjadi “traveler kebanyakan” dengan tradisi selfinya untuk beralih lebih menghayati kesejarahan dan keindahan yang ada. Hmmm…. selebihnya Andalah yang paling tahu cara terbaik untuk berbahagia.

5. Gunung Batu Lembang
Gunung-Batu-Lembang Daftar Wisata Alam Bandung Yang Terindah & Menarik di Kunjungi
sumber : curlylifes.blogspot.com

Sejenak atau berlama-lama menikmati keindahan alam secara lebih sempurna. Inilah gambaran tentang apa yang ditawarkan oleh Gunung Batu di Lembang. Disinilah spot paling menarik untuk menikmati lanskap pemandangan Bandung. Terlebih dimalam hari, jika tidak ada kabut yang menghalangi, Anda benar-benar dimanjakan oleh pesona Kota Bandung. Memadukan beraneka warna lampu perkotaan dengan latar belakang siluet pegunungan yang mengagumkan.

Gunung Batu menjadi bagian dari kawasan patahan Lembang yang termasuk dari bentang alam di utara Bandung. Bukit bebatuan yang menonjol menjadi tempat yang sangat strategis untuk menikmati lanskap pemandangan pada ketinggian 1228 mdpl. Dari tempat ini, Anda bisa menikmati beberapa gunung yang mengitari Bandung, diutara, ditimur maupun diselatannya.Menariknya, Anda tidak perlu menggunakan alat mendaki untuk sampai puncak Gunung Batu, hanya perlu bersabar menyusuri bebatuan besar yang ada disana.

Perlu diketahui, ini adalah lokasi alam yang erat hubungannya dengan sejarah terbentuknya cekungan besar berupa Kota Bandung. Gunung ini diprediksi terbentuk dari aliran lava akibat letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi 500.000 tahun silam. Nikmati keeksotikan alamnya sembari mencoba menelusuri kesejarahannya. Jadikan liburan menjadi lebih berarti dan yang terpenting adalah bersegera datang kesana.

6. Ranca Upas
Ranca-Upas-Bandung Daftar Wisata Alam Bandung Yang Terindah & Menarik di Kunjungi
sumber : www.anakkos.net

Kawasan Ciwidey di Bandung Selatan tetap menjadi salah satu primadona tujuan wisata, khususnya wisata alam Bandung. Nuansa pegunungan tetap mendominasi sehingga memungkinkan adanya variasi bagian dengan keunikan tersendiri, Ranca Upas adalah salah satunya. Sebuah bumi perkemahan yang menjadi tempat ideal untuk menikmati liburan di alam terbuka. Di musim liburan, inilah satu dari sekian tempat paling dituju para penikmat alam, mendirikan tenda untuk beberapa waktu lepas dari rutinitas harian.

Letaknya yang ada di ketinggian 1700 mdpl dengan lingkup area keseluruhan mencapai 215 ha, Rancak Upas membiarkan semua orang menghabiskan kekaguman sembari terus diselimuti hawa dingin siang dan malam. Komposisi hutannya benar-benar memanjakan dan menenangkan dengan beragam flora seperti puspa, hamuju, huru, kitambang, kihujan, hamirung, kurai, dan lain-lain. Sementara itu, Ranca Upas juga tentang peternakan kijang dan rusa, pemandian air panas, termasuk juga ada paket outbond yang layak dicoba.

7. Dusun Bambu Lembang

Dusun-Bambu-Lembang Daftar Wisata Alam Bandung Yang Terindah & Menarik di Kunjungi
sumber : pergidulu.com

Sudah dimaklumi bahwa Lembang adalah tujuan wisata populer dikunjungi di Bandung. Melengkapi pesona Kabupaten Bandung Barat dan mewarnai kawasan Bandung Utara, Lembang dengan citarasa alam tersendiri memikat banyak orang untuk datang. Diantara sekian yang ada, cobalah menyempatkan diri berkunjung ke tempat wisata bernama Dusun Bambu. Sebuah tempat ideal menikmati alam dari sisi yang berbeda, sembari bersantai bersama keluarga tercinta.

Di Dusun Bambu ada Kampung Layung sebagai tempat menginap berupa cottage bernuansa pedesaan dimana sebagian besar yang membentuknya terbuat dari kayu. Ada juga Lutung Kasarung berupa kafe yang ideal untuk bersantai berdesain unik seperti kandang burung raksasa yang bergantung di atas pohon. Disamping itu, ada Cafe Burangrang dengan Pasar Khatulistiwa sebagai pasar buah dan sayuran segar. Selebihnya adalah Tegal Gangulingan sebagai tempat bermain aneka permainan tradisional Sunda.

8. Curug Malela

Curug-Malela-Bandung Daftar Wisata Alam Bandung Yang Terindah & Menarik di Kunjungi
sumber : explorewisata.com

Bandung kaya akan wanawisata air terjun (curug) seperti Curug Dago atau Curug Cinulang di Bandung Timur. Namun dalam artikel obyek wisata alam Bandung ini, penulis lebih fokus ke air terjun yang masih ada di sekitaran Kabupaten Bandung Barat, yakni Curug Malela. Adalah wajib bagi Anda untuk takjub dengan “curug” sebagai “niagara mini ala Indonesia” ini. Datanglah ke Kampung Manglid, Desa Cisadas, Kecamatan Rongga.

Seperti halnya lingkungan air terjun, Curug Malela tetap mengusung suasana ketenangan dan kesejukan. Rimbun tetumbuhan itu tetap kukuh membentengi kemaskulinan batu-batu yang senantiasa memberi jalan bagi air untuk mengalir ke tujuan. Desain bebatuan yang tertata acak itu benar-benar artistik dalam warna-warna basah yang elegan, sementara lajunya air menegaskan keindahan melalui warna putih bersihnya. Komposisi alam ini benar-benar diselesaikan sempurna oleh hijau yang melingkupinya.

Tidak banyak yang bisa dilakukan disini, kecuali meluapkan rasa bahagia sambil terus takjub dalam nuansa yang menenangkan. Lanskap pemandangan adalah satu hal yang pasti membuat semua orang terhipnotis untuk datang dan mengaguminya. Hanya saja, keindahan ini mahal harganya dan harus dibayar dengan perjalanan yang luar biasa melelahkan bagi traveler manja. Melalui bebatuan nan terjal, di musim penghujan jalan becek dan berlumpur.

9. Terminal Grafika Cikole

Terminal-Grafika-Cikole Daftar Wisata Alam Bandung Yang Terindah & Menarik di Kunjungi
sumber : ksmtour.com

Pada awalnya, ini hanya semacam rest area yang diperuntukkan bagi wisatawan yang berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu. Seiring berjalannya waktu, Terminal Grafika berubah menjadi varian obyek wisata alam Bandung yang banyak diminati. Letaknya yang berada di tengah-tengah hutan pinus, menjadikan tempat wisata ini salah satu tempat paling cocok untuk bersantai dalam nuansa liburan. Beragam fasilitas pun disediakan, meliputi outbond, penginapan, sentra souvenir dan restoran.

Melalui lokasi yang strategis dengan beragam fasilitas yang ditawarkan, perlahan tapi pasti Terminal Grafika pun menjadi populer sebagai tujuan wisata di alam terbuka. Disini banyak wahana untuk mendukung aktivitas outbond, termasuk flying fox, jembatan tali dua, jembatan borma, turun tebing, jembatan elvis, jaring laba-laba, wisata naik kuda, ATV, serta rumah pohon. Tempat ini juga cocok untuk menikmati kuliner khas Sunda dan lain-lain dengan beragam pilihan restoran yang ada.

Demikian informasi mengenai Obyek Wisata Alam Bandung, Jawa Barat. Melalui daftar tempat wisata di atas, Anda bisa memilih satu dua diantaranya, atau bisa juga menjadi lebih bergairah dengan mengunjungi semuanya. Setiap orang unik, jadi semua selalu bergantung dengan durasi dan kebutuhan wisata Anda. Selamat Berwisata!

Objek Wisata Alam Bandung

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 5 (2 pembaca)

2 Responses

  1. Sasak NTB

    Menarik untuk dicoba nih.. istirahat sebelum melanjutkan ke Gunung Tangkuban Perahu..
    Wisata Bandung memang nggak ada habisnya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *