• sumber : jogja.korinatour.co.id
  • sumber : traveltodayindonesia.com
  • sumber : www.asiawisata.com
  • sumber : www.njogja.co.id
  • sumber : travelingyuk.com

Selain Pantai, Berikut Wisata Alam Jogja Yang Wajib di Kunjungi

posted in: Daftar Menarik, Jawa, Wisata, Yogyakarta | 0

Wisata Alam Jogja. Wisata alam akan selalu menjadi pilihan menarik bagi kebanyakan orang dan Yogyakarta selalu berpotensi menjadi yang terdepan dalam hal ini. Telah menjadi rahasia umum bahwa Jogja terlanjur primadona dalam segala wisata. “menjadi” mampu memenuhi segala kebutuhan pelesir semua orang.

Daerah istimewa ini akan senantiasa menyibukan Anda dalam nuansa liburan termasuk dalam hal wisata alam. Berkat potensi alamnya, Yogyakarta memastikan tetap cantik demi memenuhi keserbajenisan hasrat para petualang.

Wisata alam di Jogja terbilang sangat lengkap karena secara geografis memiliki bentang alam yang terdiri fisiografi dataran tinggi dan dataran rendah. Wisata Jogja terlebih diuntungkan oleh oleh jarak antara lokasi objek wisata yang terjangkau, dan mudah ditempuh.

Gunung Kidul terbilang lebih mencolok bagi penggila wisata pantai dan Kaliurang menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang menyukai segarnya udara dataran tinggi. Terlepas dari keduanya, telah tertebar puluhan tujuan wisata alam Jogja yang siap memanjakan hasrat wisata semua orang.

Apakah Anda seorang petualang yang ingin menjadi bagian dari keindahan alam jogja? Sebagai bahan pertimbangan agar anda nantinya memiliki gambaran yang baik mengenai wisata alam di Yogyakarta, berikut ini telah admin siapkan overview sebagian dari tujuan wisata alam Yogyakarta yang menarik untuk di kunjungi.

Wisata Alam Jogja Yang Layak Di Kunjungi

1. Wisata Kaliurang

Wisata-Kaliurang-Yogyakarta Selain Pantai, Berikut Wisata Alam Jogja Yang Wajib di Kunjungi
sumber : jogja.korinatour.co.id

Wisata Alam Kaliurang telah menjadi salah satu yang paling diminati dan menjadi objek wisata alam terbaik di Yogyakarta. Cobalah menyempatkan sementara waktu berada di gardu pandang untuk menikmati pesona keindahan Gunung Merapi sambil menghirup sejuknya udara pegunungan.

Kaliurang didesain untuk menjadikan setiap pengunjung tetap sibuk dalam ketakjuban. Disini Anda juga disuguhi dengan sekitar 22 gua peninggalan Jepang di sisi barat Bukit Plawangan. Bisa juga berkunjung ke Wisma Kaliurang, bangunan bersejarah yang dulu digunakan sebagai tempat Perundingan Khusus antara Republik Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada 13 Januari 1948. Perundingan Kaliurang inilah yang melahirkan Notulen Kaliurang.

2. Wisata Kaliadem

Kaliadem Selain Pantai, Berikut Wisata Alam Jogja Yang Wajib di Kunjungi
sumber : www.asiawisata.com

Melalui Kaliurang, cobalah untuk melanjutkan ke Ekowisata Kaliadem, menikmati sejuknya udara dalam rindangnya hutan pinus di lereng Gunung Merapi. Biarkan ketakjuban yang begitu jujur itu menikmati keunikan alam. Keberadaan Gunung Merapi dengan fenomena vulkaniknya, morfologi gunung dan lembahnya, hutan alam dengan keanekaragaman flora dan fauna serta kondisi sosial budaya yang unik.

Anda dapat mencapai Kaliadem dari Yogyakarta (melalui Kaliurang), dari Solo (melalui Prambanan dan Cangkringan) atau dari Borobudur/Magelang (melalui Tempel dan Turi).

3. Gunung Nglanggeran
Gunung-Nglanggeran Selain Pantai, Berikut Wisata Alam Jogja Yang Wajib di Kunjungi
sumber : www.njogja.co.id

Telah menjadi tujuan sebagian besar para petualang alam, dimana mereka berharap untuk bisa menikmati keindahan pada waktu yang tepat. Matahari Terbit dan Terbenam akan terkesan lebih indah di gunung yang terletak di patuk, Gunung Kidul ini. Datanglah dan nikmati ketika pandangan dipersempit gelapnya malam hingga terfokus pada indahnya gemerlap Jogja dari kejauhan.

Tentu saja, semua itu akan semakin sempurna ketika telah terseduh secangkir kopi hangat. Sebelumnya Anda cukup menempuh pendakian selama 1/1,5 jam untuk sampai ke Gunung Gede yang menjadi puncak bagian barat, selebihnya anda bisa menelusuri dusun misteri di Puncak Timur Nglanggeran yang dikenal dengan dusun 7 kepala keluarga.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Sri-Gethuk Selain Pantai, Berikut Wisata Alam Jogja Yang Wajib di Kunjungi
sumber : traveltodayindonesia.com

Kini, objek wisata alam Jogja ini terlanjur populer dimata para pelancong. Bukanlah tanpa sebab air terjun ini diminati, baik segala bagiannya atau namanya terlalu eksotik untuk tidak dijamah. Terkesan mengalir tenang di ngarai sungai Oya, dibentengi oleh hamparan sawah menghijau dan menjadi penyempurna mahakarya keindahan Gunung Kidul.

Anda bisa terpesona dalam nuansa yang tenang dengan mengunjungi air terjun di Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

5. Gua Rancang Kencono

Gua-Rancang-Kencono Selain Pantai, Berikut Wisata Alam Jogja Yang Wajib di Kunjungi
sumber : travelingyuk.com

Jadikan Wisata Alam di Jogja kali ini menjadi lebih bermakna, bertahanlah di Desa Wisata Bleberan, Gunung Kidul hingga Anda puas dengan keeksotikan gua yang sarat cerita sejarah, mulai jaman prasejarah hingga masa-masa perjuangan Laskar Mataram. Gua ini semakin purba dengan adanya pohon klumit berusia ratusan tahun.

Dikatakan bahwa gua purba ini dahulu pernah dijadikan persembunyian dan pertemuan Laskar Mataram pada saat menyusun rencana untuk mengusir Belanda dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Karena digunakan untuk merancang strategi demi tujuan mulia maka gua ini dinamakan Gua Rancang Kencono.

Demikian informasi mengenai “Obyek Wisata Alam di Yogyakarta”. Artikel ini hanya masih berisi sebagian dari Wisata Alam Terbaik di Yogyakarta. Jika menyukai alam pantai, Anda bisa juga membaca artikel Daftar Pantai di Yogyakarta. Selebihnya, semoga informasi ini bisa menjadi gambaran yang baik ketika Anda berencana berlibur ke Yogyakarta. Terima Kasih atas kunjungannya!.

Objek Wisata Alam Yogyakarta

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.5 (2 pembaca)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *