Pantai Utara Jawa Tengah – 3 Destinasi Pantai Indah Yang Wajib Dikunjungi

Wisata bahari yaitu wisata pantai menjadi salah satu tempat wisata di Indonesia yang banyak digemari masyarakat. Terlebih wilayah indonesia merupakan daerah yang perairan, tentu wilayahnya terdapat banyak pantai seperti di pantai utara Jawa Tengah.

Jawa Tengah memang selalu memiliki keunikan pada wisatanya, dimana disini ada beragam jenis pantai dengan hamparan pasir hitam atau putih. Kalau diperbandingkan, keindahan pantai utara tidak akan kalah dengan pantai di Selatan. Hamparan pasir putih dan kejernihan air laut seakan membuat syahdu untuk dikunjungi.

Selain itu ombak yang ada disini lebih aman jika digunakan untuk berenang, keindahan bawah laut yang kaya akan kehidupan biota juga tak pernah membuat wisatawan puas meskipun sudah mengunjungi beberapa kali.

Dapat dikatakan kalau keindahan yang dimiliki pantai utara Jawa Tengah memang tidak ada duanya. Dan untuk mengetahui apa saja pantai tersebut. Yuk langsung saja kita ketahui berbagai pantai tersebut dibawah ini, beberapa pantai utara Jawa Tengah yang wajib dikunjungi.

Destinasi Pantai di Utara Jawa Tengah

Pantai Marina

Pantai Marina Jawa Tengah
credit: Novita Sari

Pantai Marina menjadi objek wisata pantai pertama yang dapat anda kunjungi saat berada di Semarang. Pantai ini merupakan pantai favorit karena menampilkan pemandangan yang eksotis khas daerah Semarang. Lokasi tepat dari Pantai Marina berada di Jalan Yos Sudarso, Semarang.

Kalau dari arah Tugu Muda kurang lebih 4km perjalanan menuju pantai, akses jalan sangat mudah dengan jalan beraspal dan ramai. Sedikit mengetahui asal mulanya, dahulu pantai ini merupakan hutan bakau dan tambak, kemudian pantai ini di reklamasi Pemerintah sebagai kawasan rekreasi serta pemukiman.

Jadi jangan heran kalau datang ke sana pada saat musim hujan, air Pantai Marina berwarna kecoklatan karena sisi timur pantai terdapat muara sungai kanal barat. Untuk bisa masuk ke pantai ini, kita perlu merogoh kocek murah sebesar 5ribu rupiah per orang. Wisata Pantai Marina buka selama 24 Jam, jadi kalau anda ingin berlama-lama di pantai ini sangat bisa dilakukan.

Kepulauan Karimunjawa

Pantai di Kepulauan Karimunjawa Jawa Tengah
credit: Lutfi Suryo

Berlanjut ke daerah utara pulau Jawa, yaitu Jepara. Tentu tidak akan lengkap kalau membahas pantai utara Jawa Tengah tanpa menyebutkan satu atau dua Pantai di Jepara. Memang tidak bisa dipungkiri lagi kalau Jepara merupakan sekian daerah di Jawa yang sangat rekomendasi untuk dikunjungi kalau mencari objek wisata pantai. Ada sekian pantai indah dan eksotis yang dapat dikunjungi, contohnya Kepulauan Karimunjawa.

Bagi yang suka pantai, Kepulauan Karimunjawa akan selalu menjadi wilayah yang sangat direkomendasikan. Tentu ini karena apa yang ada di Karimunjawa menjadi alasan untuk anda kunjungi, disini Karimunjawa menyimpan pesona taman laut yang memukau. Bayangkan saja dengan mengunjungi Karimunjawa, anda dapat menemukan berbagai biota laut dengan beragam hewan dan tumbuhan yang menjadi tempat perlindungan sekaligus budidaya agar tidak punah.

Karimunjawa dapat dikatakan sebagai rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai. Selain itu, didalamnya ada 400an spesies fauna laut yang di antaranya merupakan 242 jenis ikan hias. Untuk hewan ada berbagai fauna langka seperti Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau yang menjadikan Karimunjawa sebagai habitatnya. Dan untuk mengunjungi Karimunjawa, satu-satunya jalur yang dapat ditempuh adalah melalui laut. Karena untuk sampai, kita perlu menyeberang dari kota Jepara menuju Kepulauan Karimunjawa.

Pantai Tirto Samodra

Pantai Tirto Samodra Jateng
credit: Abdi Negara

Masih di Jepara, dengan hamparan pasir putih dan gelombang air laut yang tenang. Pantai Tirto Samodra atau lebih terkenal sebagai pantai Bandengan menjadi pantai terkenal di Jepara. Kalau dibandingkan dengan Karimunjawa, Pantai Tirto Samodra tidak kalah jauh dan ramai dikunjungi wisatawan. Fasilitas yang ada di Pantai Tirto Samodr dapat dikatakan lengkap dengan banyaknya tempat makan, mushola, toko souvenir cenderamata, serta parkiran luas.

Untuk yang membuat menarik, Pantai Bandeng memiliki sejumlah wahana permainan seperti Banana Boat, Jetski ATV, Sewa Ban, serta sarana lain. Selain itu, Melalui Pantai Bandengan kita dapat menyewa perahu untuk menuju ke Pulau Panjang. Pulau ini sangat dekat dan sering dijadikan alternatif kalau tidak bisa pergi ke Karimunjawa. Hal itu karena Pulau panjang sangat dekat dengan daerah Jepara dan dapat ditempuh dengan cepat dan murah. Dan untuk mengetahui lebih jauh seperti apa Pulau Panjang, maka anda dapat mengetahuinya di situs Liburanih.

Disana merupakan situs wisata yang memberikan informasi wisata dari berbagai daerah seperti wisata pantai ini. Dan kembali ke Pantai Bandengan, pantai ini menjadi rekomendasi terbaik untuk kalian kunjungi karena selain fasilitas, disini juga ada cafe dan hotel untuk bermalam di pesisir pantai Jepara. Jadi mau apa lagi, yuk buruan rasakan sensasi pantai utara Jawa Tengah yang keindahan tempatnya tidak ada duanya.

article by: Rafary Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *