Diamond Beach Nusa Penida – Permata Tersembunyi Dekat Atuh Beach Bali

Nusa Penida seolah permata Bali yang terlanjur diketahui. Eksotika alamnya memicu banyak traveler semakin jauh menjelajahi. Pantai Kelingking dan Pasih Uug yang menempati sisi barat pulau ini demikian tersohor dikagumi. Selain itu di sisi tenggara, ada Diamond Beach yang terlampau mempesona.

Jadi, belum waktunya atau mungkin tidak pernah ada waktu untuk puas menjelajahi Pulau Dewata. Teruntuk Anda, traveler yang sangat mengenal Kuta, Seminyak, dan Canggu, sudah saatnya mendekati Nusa Penida. Mulailah perjalanan dari Sanur untuk selanjutnya memilih satu dua tempat wisata yang Anda suka.

Tentu! mengunjungi Diamond Beach adalah pilihan yang sempurna. Persiapkanlah kegembiraan, setidaknya sejak di Pejukutan, yakni desa tempat pantai ini berada. Bertetangga dengan Atuh Beach, primadona lain wisata Nusa Penida Bali. Lanjutkan saja membacanya untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Diamond Beach Nusa Penida Bali
credit: flickr/michaelmattiphotography, CC BY-NC-ND 2.0

Daya Tarik Diamond Beach Bali

Atuh Beach dan Diamond Beach Nusa Penida Bali merupakan satu paket wisata. Secara fisik dua pantai ini terpisah, namun hanya terpisah oleh Atuh Cliff, tebing ikonik yang membatasi keduanya. Bukanlah ide bagus jika Anda melewatkan salah satunya, meski harus juga mempersiapkan stamina yang prima.

Naik turun bukit adalah aktivitas yang tak bisa Anda hindari, terkecuali jika sudah puas menikmati pemandangan dari ketinggian. Namun percayalah, keindahan yang tersaji akan memicu gairah wisata Anda untuk semakin jauh menjelajah. Hanya waktu yang menjadi pembatas dan memaksa siapapun harus puas.

Eksotika Pantai Atuh dan Pantai Berlian memang mengagumkan. Perbentengan tebing yang menjulang terlihat garang menampilkan karakter keras yang elegan. Tidak ada yang membatasi pertemuan benteng karang dengan bentangan laut yang bening membiru, kecuali pasir putih bersih yang terhampar sempit.

Penamaan berlian atau diamond pada pantai ini merujuk pada pulau karang tepi pantai yang bentuknya menyerupai bongkahan batu berlian. Meski hanya sebagai bagian kecil dari formasi karang yang ada, pulau ini sangatlah ikonik karena terlihat menonjol menjorok ke laut sehingga mewakili kekhasan pantai ini.

Diamond Beach menempati sisi kanan dari Pantai Atuh. Telah tersedia tangga menuruni tebing untuk mencapai bibir pantai ini. Panorama alam seolah tersaji berbeda dalam memanjakan mata pada setiap langkah Anda menuruni tangga itu. Jadi, Anda wajib turun untuk mendapatkan pengalaman wisata seutuhnya.

Menjelajah dan mencari spot-spot terbaik merupakan kegiatan menarik, khususnya bagi Anda penyuka fotografi. Saran terbaik adalah mengunjungi Pantai Atuh juga, hamparan pasirnya lebih luas dan punya kursi malas. Atau, bisa juga mengunjungi Thousand Island Viewpoint, sekira 2 menit berkendara dari pantai ini.

Thousand Island Viewpoint terkenal dengan pemandangan sunrise, salah satu yang ikonik di Nusa Penida Bali. Spot sunrise terindah bisa Anda nikmati dalam kawasan Raja Lima/Rumah Pohon Molenteng. Akomodasi ini menyewakan 3 rumah panggung, sekitar 500K tarifnya, termasuk rumah pohon sebagai spot terbaik.

Pantai Diamond Beach di Nusa Penida Bali
credit: unsplash/@alfianostn

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Diamond Beach Nusa Penida termasuk salah satu yang masih alami dalam kawasan wisata ini. Oleh karena itu, fasilitasnya belum lengkap, kecuali akses jalan berupa tangga menuruni tebing yang sudah tertata dengan baik. Selain itu, ada juga lahan parkir serta spot foto. Harga tiket masuknya sekitar 10K.

Untuk fasilitas wisata yang memadai, kunjungi Atuh Beach. Tersedia warung-warung tradisional beratap jerami, toilet umum, serta penyewaan kursi berjemur. Untuk akomodasi, selain Raja Lima, ada juga beberapa cottage, vila dan bungalow tidak jauh dari lokasi. Lihat rekomendasinya melalui tombol berikut:

Diamond Beach Bali
credit: unsplash/@alessionord

Rute Diamond Beach Nusa Penida

Pantai ini masuk wilayah Desa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Kurang lebih 30 km jaraknya dari Pelabuhan Toya Pakeh Nusa Penida. Jika Anda merujuk pada google map, perkiraan berkendara hanya sekitar 1 jam saja. Namun, bisa jadi jauh lebih lama mengingat akses jalan yang tidak bagus.

Sebelum melakukan perjalanan itu, pastikan dulu Anda mencapai Nusa Penida. Lakukan penyeberangan ke Nusa Penida dari Bali. Anda bisa naik kapal dari Pelabuhan Padang Bai atau naik perahu tradisional dari Pantai Kusamba. Dan, saran terbaik adalah naik fast boat dari pelabuhan Pantai Sanur.

Biaya penyeberangan menggunakan fast boat dari Pelabuhan Sanur berkisar Rp100.000 – Rp120.000. Tarif tersebut bergantung boat vendor yang Anda pilih. Terdapat 3 boat vendor yang tersedia, antara lain El Rey Junior, The Angkal dan Gogun Express. Berikut ini rincian jadwal keberangkatannya:

Boat VendorSanur – Nusa PenidaNusa Penida – Sanur
El Rey Junior Fast Boat08.00 AM, 10.45 AM, 03.00 PM09.15 AM, 12.15 AM, 05.00 PM
The Angkal Fast Boat08.15 AM dan 03.00 PM02.00 PM dan 04.00 PM
Gogun Express Fast Boat08.15 AM, 10.00 AM, 04.30 PM02.00 PM dan 04.00 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *