Dieng Culture Festival 2019 – Event Budaya Terbesar di Dataran Tinggi Dieng

Dieng Culture Festival 2019. Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau) di Jawa Tengah akan kembali menggelar acara terbesarnya, yakni Dieng Culture Festival (DCF). Rencananya, festival yang termasuk dalam Daftar 100 Event Wisata Budaya Terbaik Indonesia ini akan berlangsung selama tiga hari pada tanggal 2-4 Agustus 2019.

DCF merupakan even seni budaya tahunan khas Dieng. Inti acaranya adalah pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng. Menariknya, ritual ruwatan ini terlaksana atas permintaan anak dan diwajibkan memenuhi permintaan sang anak gimbal. Jika tidak dituruti, diyakini rambut gimbalnya akan tumbuh kembali meski sudah diruwat.

Anak-anak Gimbal Dieng adalah fenomena yang telah lama ada dalam kehidupan masyarakat di Dataran Tinggi Dieng. Anak-anak yang oleh masyarakat biasa disebut “anak gembel” ini umumnya berusia beberapa bulan hingga 8 tahun. Biasanya rambut gimbal mereka mulai tumbuh sebelum berusia 3 tahun.

Tidak ada garis keturunan khusus, setiap anak-anak asli Dieng memiliki kemungkinan menjadi anak berambut gimbal. Hingga sekarang fenomena ini tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Menurut masyarakat Dieng anak gembel merupakan titipan Kyai Kolo Dete, seorang punggawa Mataram Islam (kisaran abad ke-14).

Masyarakat Dieng percaya bahwa semakin banyak jumlah anak gembel, semakin sejahteralah kehidupan mereka. Salah satu alasannya karena Kyai Kolo Dete memang ditugaskan untuk membawa masyarakat Dieng menuju kesejahteraan. Jika tidak dipotong rambut anak gimbal akan terus tumbuh dan semakin lebat.

Pemotongan rambut bisa dilakukan, namun harus melalui prosesi khusus (ruwatan). Ada aturan-aturan yang menyertainya, termasuk harus didasari atas kemauan si anak berambut gimbal. Prosesi ruwatan inilah yang kemudian dikemas dalam sebuah event seni dan budaya dengan upacara ruwatan sebagai puncak acaranya.

Setidaknya ada 11 anak yang akan diruwat saat acara puncak DFC 2019 nanti. DFC sendiri biasanya berlangsung selama tiga hari. Di hari-hari sebelum acara puncaknya, event ini biasanya dimeriahkan oleh berbagai macam kesenian dan budaya. Ada juga pesta lampion dan kembang api dan masih banyak lagi.

Event Dieng Culture Festival merupakan salah satu event wisata terbesar Indonesia yang selalu mampu menarik banyak kunjungan wisatawan. Pada DCF 2018 yang lalu, kunjungannya mencapai 160.000 orang. Gelarannya di tahun 2019 ini dipastikan lebih meriah dengan jumlah kunjungan wisatawan yang lebih banyak lagi.


Dieng Culture Festival 2019

Lokasi Dieng Plateau, Bakal, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah
Tanggal Mulai 02 Agustus 2019
Tanggal Akhir 04 Agustus 2019
Harga Tiket ± Rp. 360.000
Situs Resmi disporapar.jatengprov.go.id
Akomodasi Lihat Daftar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *