Echo Beach (Pantai Batu Mejan) Canggu, Bali – Antara Sunset, Surfer & Karang

Echo Beach. Kuta, sebagai titik fokus popularitas wisata Bali, menawarkan banyak tempat menarik di setiap sudutnya. Pantai adalah citarasanya. Tidak hanya di pusatnya maupun pantai-pantai di Kuta Selatan, pantai di Kuta Utara pun mempesona.

Canggu, di Kuta Utara tampil dengan karakter tersendiri. Memadukan lanskap persawahan dengan pantai yang umumnya berpasir hitam vulkanik. Pesisirnya membentang dari Kerobokan hingga Echo Beach, salah satu ruas pantai Canggu yang meriah, hendak menyamai semaraknya Pantai Kuta.

Jika suka suasana pantai, liburan ke Bali kali ini cobalah menjelajahi Kuta hingga tiba di Canggu, desa di kecamatan Kuta Utara. Temukan Pantai Echo, kira-kira 10 km di utara Double Six Beach dan Pantai Seminyak. Bersatulah dengan gegap gempita suasananya, bersenang-senanglah di sana.

Echo Beach Surfing
sumber: @echobeachcanggu

Daya Tarik & Aktivitas Wisata

Pantai Batu Mejan atau Pantai Mejan adalah nama lokal ruas pantai ini. Istilah Echo disematkan seiring popularitas Echo Beach Club. Klub pantai ini lokasinya bersebelahan dengan Pura Batu Mejan, satu di antara pura suci umat Hindu dengan mata air, seperti halnya Pura Tanah Lot Bali.

Perihal pantainya, hamparan pasir yang cenderung kecoklatan itu landai terbentang sebelum akhirnya terbatasi bebatuan karang, di beberapa bagian. Sejauh ruas pantainya yang panjang, gelombang laut memamerkan karakteristik kerasnya. Para peselancar menyukainya. Suka juga? lakukan saja.

Secara keseluruhan, suasana dan pemandangan pantai ini tidak jauh berbeda dengan pantai lain di sepanjang pesisir Kuta. Pantai Legian misalnya. Termasuk sunset, Pantai Batu Mejan menawarkan keindahan matahari terbenam yang mempesona. Jadi, pastikan berada di sini sejak di awal senja.

Keberadaan pantai ini dikenal, salah satunya karena ideal untuk berselancar. Para surfer sangat menyukai ombaknya yang tinggi dan indah. Ketika berkunjung ke pantai ini, mungkin Anda akan mendapati mereka melakukannya. Tentu, bisa juga Anda turut serta menjadi bagian kegembiraan mereka.

Selain surfing, setiap wisatawan di Echo Beach bisa bersantai dengan berjemur. Di siang hari suasananya cenderung sepi, namun menjadi lebih meriah ketika sore hari. Anda bisa menyesuaikan kedatangan. Lebih suka ketenangan apa lebih suka suasana yang meriah, semua tergantung selera.

Tepi pantainya terbatasi oleh karang dengan hamparan pasir di bawahnya. Di atas karang itulah, baik wisatawan domestik maupun turis mancanegara, bersantai sambil menikmati sajian minuman dan makanan yang disediakan Echo Beach Club. Saran terbaik datang di sore hari, bertahan hingga sunset tiba.

Jika ini adalah wisata keluarga yang mengikutsertakan anak-anak. Pantai ini juga memiliki beberapa bagian yang berkarang. Di lantai karang tersebut ada semacam kolam-kolam kecil, anak-anak bisa bermain air dengan aman di sana. Bagian pasirnya juga landai dan cukup luas, biarkan mereka bermain di atasnya.

Secara keseluruhan, banyak hal yang bisa dilakukan di Pantai Echo Beach. Selain berselancar, wisatawan di sini bisa bersantai atau bermain di pasirnya, berenang atau bermain air. Jika punya energi lebih, bisa juga menyusuri pantainya. Hobi memancing? cobalah di sela-sela karang yang ada.

Echo Beach Canggu Bali
sumber: @felux

Fasilitas Pantai Batu Mejan

Pantai Batu Mejan atau Echo Beach terbilang sebagai wisata pantai Bali yang cukup pesat perkembangannya. Kini, berbagai fasilitas pun dengan mudah ditemukan di sekitarnya. Selain Echo Beach Club, di sini juga ada banyak pilihan restoran dan kafe lain. Banyak juga opsi penginapan di dekat pantai ini.

Echo Beach Pantai Mejan Canggu Bali
sumber: unsplash.com

Lokasi Echo Beach Canggu

Pantai Batu Mejan dan Echo Beach Club berlokasi di Jl. Batu Mejan Canggu No.n, Canggu, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Kira-kira 22 km atau 1 jam berkendara ke arah utara dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. 17 km jika dari Pantai Kuta atau 14 km dari kawasan Seminyak.


FAQ Pantai Echo Beach Bali

  1. Berapa harga tiket masuk ke Pantai Batu Mejan?

    Seperti umumnya wisata pantai di Bali, sejauh ini wisatawan bisa memasukinya tanpa dipungut biaya. Biaya mungkin untuk parkir kendaraan saja.

  2. Apakah di Echo Beach ada persewaan papan selancar?

    Di sepanjang pantai Canggu, Anda bisa dengan mudah menemukan penyewaan surfboard. Harga sewanya kurang lebih IDR 50K untuk penggunaan 2 jam.

  3. Kalau berangkat dari Tanah Lot, berapa jarak Echo Beach?

    Dari Pura Tanah Lot jaraknya sekitar 12 km. Berkendara sekitar 25 menit melalui Jl. By Pass Tanah Lot dan belok ke kanan di Jl. Pantai Batu Mejan.

  4. Apa saja yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini?

    Selain berselancar, banyak wisatawan yang berjemur, berenang atau bermain air. Atau, menikmati sunset sambil mencicipi sajian resto di pinggir pantai.

Bermanfaatkah artikel ini?

Berikan nilai Anda dengan bintang!

Rating rata-rata 4 / 5. Jumlah penilai: 2

Belum ada yang menilai! Jadilah yang pertama.

Sepertinya artikel ini bermanfaat untuk Anda...

Bagikan ke teman-teman di media sosial?

Maaf jika artikel ini kurang bermanfaat buat Anda!

Mari kita perbaiki artikel ini!

Beritahu kami apa yang kurang dari artikel ini?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *