Festival Babukung 2019 di Kalimantan Tengah – Digelar 17 Juli Mendatang

Festival Babukung 2019. Bulan Juli ini banyak dimeriahkan oleh event-event besar yang masuk dalam daftar Calendar of Events 2019 Kementerian Pariwisata. Festival Babukung adalah salah satunya. Sebuah event tahunan yang digelar di Nanga Bulik, ibu kota Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Festival yang pertama kali digelar pada tahun 2014 ini bermula dari tarian ritual adat kematian oleh Suku Dayak Tomun. Bukung merupakan istilah untuk menyebut penarinya yang bertopeng dengan karakter hewan yang disebut Luha. Tarian mereka dimaksudkan untuk menghibur keluarga duka sembari menyerahkan bantuan.

Karena tertarik oleh keunikan dan keeksotikan Babukung, Pemerintah Kabupaten Lamandau mengangkatnya menjadi salah satu agenda rutin festival budaya. Hasilnya cukup menggembirakan, masyarakat dan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara sangat antusias menikmatinya.

Pada pergelaran kedua di tahun 2015, festival budaya Babukung dimeriahkan oleh lebih dari seribu penari bukung. Jumlah tersebut berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori penampilan tari topeng tradisional terbanyak.

Tahun 2019 ini Festival Babukung merupakan edisi yang ke-5. Rencananya atraksi budaya ini akan diselenggarakan pada tanggal 17 Juli mendatang. Biasanya kegiatan ini bisa berlangsung hingga tiga hari. Rangkaian acara didalamnya, termasuk karnaval topeng, bukung big sale, workshop pembuatan bukung, hingga lomba photography.


Festival Babukung 2019

LokasiKabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Barat
Tanggal Mulai17 Juli 2019
Tanggal Akhir19 Juli 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *