Festival Budaya Isen Mulang 2019 – Gempita Budaya di Hari Jadi Kalteng

Festival Budaya Isen Mulang 2019. Sebagai negeri kepulauan dan multikultural terbesar, Indonesia memiliki banyak cara untuk membuat takjub masyarakat dunia. Setiap wilayah yang menjadi bagiannya sangat unik dan selalu menarik. Salah satunya adalah Kalimantan yang telah lama menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Selain pemandangan alam yang menakjubkan, Kalimantan juga tentang keunikan suku dan budayanya. Pada tahun 2019 ini, pesona Kalimantan bakal semakin kentara karena setiap wilayah giat mempromosikan potensi wisatanya. Sebagai misal, Kalimantan Tengah yang akan kembali menggelar Festival Budaya Isen Mulang (FBIM).

FBIM 2019 merupakan festival tahunan dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah. Isen Mulang sendiri merupakan istilah dalam bahasa Dayak Ngaju yang berarti “pantang mundur“. Event budaya yang digelar di Kota Palangka Raya ini biasa menampilkan keragaman budaya se-Kalimantan Tengah yang dikemas dalam bentuk karnaval.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani mengatakan “Salah satu syarat sebuah festival budaya dapat berkembang dan bertahan lama antara lain karena memiliki keunikan yang tidak ditemukan di tempat lain. Ini dimiliki FBIM yang penyelenggaraannya kini memasuki tahun ke-26,”

FBIM merupakan salah satu atraksi wisata budaya terbaik Indonesia yang masuk dalam 100 Calendars of Events (CoE) 2019. Acara yang rencananya akan digelar 18-24 Mei 2019 ini mengusung tema “Eksistensi Kearifan Lokal Menuju Kalteng Berkah“. Didalamnya akan disajikan berbagai event budaya serta pameran produk-produk unggulan, yakni Kalteng Expo.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalteng, Guntur Tajalan menjelaskan “FBIM 2019 akan dijadikan sebagai momentum untuk mempromosikan potensi wisata budaya serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kalteng yang tahun ini ditargetkan mencapai 553.000 wisatawan,”

Sobat traveler punya rencana liburan pada bulan Mei mendatang? Pastikan untuk memasukkan Provinsi Kalteng dalam daftar unggulan wisata Anda. Untuk diketahui, ada sekitar 170 event kabupaten dan kota di Kalteng, 3 diantaranya merupakan event berskala internasional. Jadi, persiapkan segala sesuatunya untuk menjadi bagian dari kemeriahan event ini.


Festival Budaya Isen Mulang 2019

Lokasi Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah
Tanggal Mulai 18 Mei 2019
Tanggal Akhir 24 Mei 2019
Daftar Isi
  1. Jadwal & Lokasi
  2. Akomodasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *