Festival Parade Pesona Kebangsaan 2019 Siap Digelar di “Kota Bung Karno”

Festival Parade Pesona Kebangsaan 2019. Kabupaten Ende di Nusa Tenggara Timur (NTT) merupakan wilayah yang kental dengan kesejarahan Ir. Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia. Seperti diketahui bahwa Ende lama dijadikan tempat pengasingan Bapak Proklamator Indonesia tersebut.

Taman Renungan Bung Karno dan Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende menjadi saksi diasingkannya Bung Karno ke Ende pada tahun 1934-1938. Tidak hanya itu untuk mengenang sosok Bung Karno, setiap setahun sekali diselenggarakan event Festival Parade Pesona Kebangsaan (FPPK).

Pada tahun 2019 ini, FPPK rencananya akan digelar pada 29 Mei – 1 Juni 2019. Event ini akan menjadi diorama diasingkannya Bung Karno dari Batavia ke Ende. Selain itu, juga ditujukan untuk memperingati bagaimana sari-sari Pancasila digali oleh beliau di Ende, 1 Juni merupakan Hari Lahir Pancasila.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Derson Duka mengatakan “FPPK bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat nasionalisme dalam mempertahankan nilai-nilai kebangsaan. Sekaligus mengenang Kota Ende sebagai kota sejarah lahirnya nilai-nilai Pancasila,”.

Selain itu, lanjut Derson, FPPK juga ditujukan untuk mempromosikan wisata, seni dan budaya Ende kepada wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Selebihnya, event ini juga mempromosikan produk-produk unggulan daerah untuk mendorong minat investor berinvestasi di Kabupaten Ende.


Kegiatan dalam Festival Parade Pesona Kebangsaan 2019

Pada FPPK 2019 nantinya akan dimeriahkan Fashion Show Kain Tenun Ikat Ende. Dengan menampilkan desain kontemporer, acaranya akan digelar di sepanjang jalan Soekarno pada 29 Mei 2019 pukul 17:00 WITA. Start di Jl Soekarno dan finish di Museum Tenun Ikat.

Pada 30-31 Mei 2019 di Lapangan Pancasila, digelar pagelaran budaya. Menampilkan beragam tarian tradisional dan kreasi baru, serta lagu-lagu daerah yang diiringi alat musik tradisional. Pesertanya adalah kelompok sanggar masyarakat dari 21 kecamatan, sekolah-sekolah, serta paguyuban-paguyuban Nusantara yang ada di Ende.

Selain itu, selama 30-31 Mei 2019 di Lapangan Pancasila juga diadakan Ende Culture Expo yang menampilkan berbagai kerajinan tangan yang dibuat dari bahan lokal setempat, serta aneka kuliner khas Ende. Ada juga Festival Kopi yang akan melibatkan para petani kopi, peracik kopi dan penikmat kopi.

Pada tanggal 31 Mei 2019 diadakan Parade Laut dari Pulau Ende menuju Pelabuhan Ende. Parade yang berlangsung mulai 09:00 – 12:00 WITA ini akan diikuti oleh sekitar 100 unit perahu yang dipimpin Kapal KRI Angkatan Laut. Sebelumnya, acara ini didahului upacara deba, zikir di Pulau Ende pada malam hari.


Festival Parade Pesona Kebangsaan 2019

Lokasi Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Tanggal Mulai 29 Mei 2019
Tanggal Akhir 01 Juni 2019
Daftar Isi
  1. Jadwal & Lokasi
  2. Akomodasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *