Gili Air Lombok – Yang Terdekat, Memadukan Citarasa Gili T dan Gili Meno

Gili Air Lombok. Meski banyak Gili (pulau kecil) yang tersebar di perairan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun istilah Pulau Gili lebih populer untuk menyebut tiga pulau di barat laut Lombok. Selain Gili Trawangan dan Gili Meno, ada Gili Air yang turut menjadikan Lombok sebagai salah satu primadona wisata bahari Indonesia.

Ketiga pulau di Kepulauan Gili tersebut berada di Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Di antara ketiganya, Gili Air merupakan yang terdekat dengan pulau Lombok. “Tengaq Aiq” yang berarti di tengah-tengah laut, adalah sebutan pulau ini dari masyarakat lokalnya yang kebanyakan adalah Suku Sasak dan Suku Bugis.

Menetapkan Gili Air sebagai destinasi liburan merupakan ide yang sempurna. Di sinilah tempat Anda benar-benar dimanja oleh bahari, baik di pesisir pantainya maupun di kedalaman lautnya. Jadi, pastikan jadwal keberangkatannya dan siapkan segala sesuatunya, termasuk banyak-banyak rasa bahagia. Teruskan membaca sebagai bekal informasi.

Sunset Gili Air
sumber : southeastasiabackpacker.com

Aktivitas di Gili Air Lombok

Istilah “Air” pada namanya mengisyaratkan bahwa pulau ini menawarkan berbagai macam aktivitas yang berhubungan dengan air. Seperti wisata pantai pada umumnya, mungkin Anda ingin memulai dengan membasahi kaki dan merasakan kejernihan air yang biru kehijauan itu.

Berjalanlah pelan di hamparan pasir putih pantainya, sementara biarkan keindahan pemandangan secara bebas menggembirakan hati Anda. Menjadi sepenuhnya basah, berenanglah! atau ingin lebih bersantai diiringi live music, bisa juga! datangi saja, misalnya Gili Lumbung Beach Club.

Itu hanya sebagian dari kegiatan biasa untuk memulai kegembiraan wisata, Gili Air Lombok memiliki banyak aktivitas menarik yang terus berlanjut. Agar wisata kali ini bermanfaat, bisa juga bergabung dengan Trash Hero Gili Air. Bersama banyak orang membersihkan dan memastikan surga ini jauh dari sampah.

Gili Air Diving
sumber : @thatsjustphil

Diving dan takjub pada apa yang tersaji dikedalaman air merupakan aktivitas wajib di Pulau Gili, bagi mereka yang merasa mampu melakukannya. Namun jika Anda ragu atau memang belum memiliki sertifikasi tingkat lanjut, snorkeling bisa menjadi solusi sempurna.

Secara keseluruhan, wisatawan bisa snorkeling di mana saja di sepanjang pantai. Namun, rekomendasinya adalah di sekitar Bel Air Resort & Spa dan Sunrise Resort. Selain dikenal lebih kaya kehidupan laut, di sekitar dua resort tersebut lebih banyak kemungkinan untuk melihat penyu khas Gili.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di Gili Air Lombok adalah menjelajah pulau, menemukan sudut-sudut terindah dan mengabadikannya dengan kamera. Lakukan hal itu dengan berjalan, bersepeda atau naik cidomo (kereta kuda tradisional).

Ide lain adalah mengikuti kelas memasak dan memakan semua kuliner karya Anda itu. Gili Cooking Class bisa ditemukan di sekitar pelabuhan. Bisa juga berselancar dan menaklukan ombak, lokasi surfing terbaik ada di ujung timur pulau. Jika terlanjur kerasan, lakukan island hopping ke Gili-Gili tetangga.

Fasilitas Wisata & Akomodasi

Sebagai objek wisata populer, bahkan di mancanegara, fasilitas di Gili Air Lombok sudah sangat memadai. Ada sekitar 10 diving shops yang menawarkan kursus menyelam, serta ada beberapa kedai yang menyediakan opsi freediving, termasuk kursusnya. Untuk peralatan snorkeling, banyak sekali yang menyediakannya.

Jika membutuhkan uang tunai, ada beberapa ATM di pulau ini. Untuk konsumsi, sangatlah terjamin mulai dari warung desa, hingga restoran dan bar yang menyediakan beragam menu laut. Meski tidak seperti kemeriahan pesta di Gili T, di Gili Air juga ada beberapa bar yang memungkinkan hal itu.

Sebagian besar fasilitas dan akomodasi Gili Air berada di pantai timur dan selatan. Jika mencari penginapan murah, ada beberapa homestay di sana. Hanya saja, sebagian besar tidak menyediakan pemesanan online. Booking langsung saat Anda tiba, ada beberapa yang masih mungkin untuk ditawar harganya.

Pemesanan secara langsung tidaklah ideal ketika high / peak season, karena kebanyakan sudah penuh. Jadi pertimbangkan juga kemungkinan tersebut. Jika ingin lebih mudah, banyak juga hotel, resort, bungalow, dan cottage di Gili Air yang menyediakan booking online. Berikut beberapa di antaranya, klik “Cek Harga” untuk melihat harga dan fasilitasnya.

Penginapan Harga Murah
Mangga HomestayCek Harga
Bunga BaruCek Harga
Villa KarangCek Harga
Beranda EcolodgeCek Harga
Fantastic GiliCek Harga
Gili MalibuCek Harga
Gili CemaraCek Harga
Abdi FantasticCek Harga
Si Pitung VillageCek Harga
Gili Air SantayCek Harga
Villa ResotaCek Harga
Penginapan Harga Menengah
Samata VillageCek Harga
Bel Air ResortCek Harga
Gili LumbungCek Harga
Chill Out BungalowsCek Harga
Pelangi CottageCek Harga
Nusa IndahCek Harga
Salim CottageCek Harga
Kaluku Gili ResortCek Harga
Matahari BungalowsCek Harga
Scallywags MangoCek Harga
Grand SunsetCek Harga
Zipp BarCek Harga
Penginapan Super Mewah
Gili Air LagoonCek Harga
Villa MarinaCek Harga
Gili Air SanctuaryCek Harga
Slow Private PoolCek Harga
Villa Casa MioCek Harga
7SEAS CottagesCek Harga
A Villa Gili AirCek Harga
DolcemareCek Harga
Sunrise Gili AirCek Harga
Gili Air EscapeCek Harga
ScallywagsCek Harga
Gili Air Lombok
sumber : brothersofbali.com

Cara Menuju Gili Air Lombok

Dari Lombok

Jika berangkat dari Kota Mataram, terlebih dahulu sobat traveller harus menuju pelabuhan Bangsal di Pemenang. Bisa menggunakan rute Mataram-Senggigi-Pemenang dengan durasi berkendara sekitar 1 jam. Bisa juga menggunakan rute Mataram-Pusuk-Pemenang, durasi perjalanan sekitar 45 menit.

Di pelabuhan Bangsal, ada dua pilihan kapal, yakni kapal umum dan kapal cepat (fast boat). Jika memilih kapal umum, biaya tiketnya berkisar antara Rp 12.000 – Rp 25.000. Jadwal keberangkatannya adalah pukul 10.00, 14.00, dan 17.00. Waktu menyeberang sekitar 30 menit, namun berangkat ketika penumpang penuh.

Jika ingin cepat 10 menit sudah sampai, bisa menyeberang menggunakan fast boat ke Gili Air dengan membayar tiket Rp 85.000. Tidak harus menunggu penumpang penuh, fast boat berangkat sesuai jadwal. Jadwalnya adalah pukul 10.00, 12.00, 14.00, dan 16.00.

Dari Bali

Fast boat dari Bali ke Gili Air bisa didapatkan di Pelabuhan Padangbai di Karangasem, Bali. Jadwal keberangkatan bervariasi, namun umumnya pukul 09.00, dan 13.00. Harga tiket mulai dari Rp 200.000 +.

Ada juga opsi perjalanan ala backpacker, lebih murah namun jauh lebih lama. Naik kapal ferry dari Padangbai ke Lembar. Waktu penyeberangan 4 jam, tiket sekitar Rp 50.000. Kemudian menuju ke Pelabuhan Bangsal dan menyeberang ke Gili Air Lombok.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *