Gili Meno Lombok – Yang Terindah & Paling Mellow di Antara Tiga Pulau Gili

Gili Meno Lombok. Salah satu dari tiga pulau Gili di barat laut Lombok ini bisa menjadi destinasi terbaik dalam rencana wisata sobat kali ini. Meskipun sama-sama menonjol sebagai kawasan wisata bahari, Meno sangat kontras dengan pulau tetangganya, yakni Gili Trawangan yang penuh pesta.

Gili Meno bisa dikatakan sebagai pulau paling mellow, termasuk jika dibandingkan dengan Gili Air. Lebih menawarkan suasana kedamaian dan ketenangan, sehingga ideal bagi pasangan yang menghendaki alam dan romansa jauh dari keramaian. Andakah itu? datanglah dan nikmati liburan penuh ketakjuban.

Dalam hal kunjungan, Meno lebih sepi ketimbang Gili T dan Gili Air. Meski demikian, pantainya lebih indah dan lebih alami. Satu hal yang paling khas dari pulau ini adalah Meno Wall. Spot diving terbaik untuk menikmati keindahan bawah laut, tempat berenang penyu-penyu di pagi dan sore hari.

Gili Meno Lombok
sumber : paketliburanlombok.com

Aktivitas di Gili Meno Lombok

Salah satu ide terbaik adalah memulai aktivitas ketika pagi masih gelap. Pastikan sebelumnya telah mendapatkan sepeda, ada beberapa penyewaan sepeda di pulau ini. Opsi transportasi hanya sepeda dan cidomo (kereta kuda) karena aturan lokal melarang penggunaaan kendaraan bermotor.

Kayuhlah sepeda Anda hingga tiba di sisi timur pulau untuk bisa menikmati keindahan matahari terbit. Lokasi terbaik menikmati sunrise terletak tidak jauh dari Karma Reef Gili Meno. Di sekitar Jetty Bar, atau berada di dekat titik penurunan penumpang kapal cepat.

Gili Meno Diving
sumber : https://www.instagram.com/p/BxD9AoMHr5l/

Pulau Gili di Lombok terkenal keindahan bawah lautnya, apalagi Gili Meno yang memiliki spot Meno Wall. Oleh karena itu snorkeling dan diving merupakan aktivitas populer dilakukan. Jika diving lebih menuntut sertifikasi dan keahlian khusus, snorkeling bisa menjadi alternatifnya.

Untuk snorkeling Gili Meno, traveler bisa dengan mudah menyewa peralatannya dari penduduk setempat. Sementara itu, untuk diving ada beberapa sekolah menyelam yang dapat dipilih untuk memandu penyelaman. Dibutuhkan setidaknya 10 menit naik perahu untuk sampai di Meno Wall.

Selebihnya, kegiatan wisata yang bisa dilakukan adalah menjelajah pulau ini. Entah itu dengan bersepeda atau naik cidomo, pastikan saja berkunjung ke Danau Air Asin yang berada di tengah-tengah pulau yang rimbun oleh kehijauan hutan mangrove. Ada juga Meno Bird Park, dan penangkaran penyu.


Fasilitas Wisata di Gili Meno

Meski tidak selengkap yang ada di Gili Trawangan dan Gili Air, fasilitas Gili Meno sudah cukup memadai. Untuk konsumsi, cukup banyak kafe yang tersedia dengan menu seafood dan juga pizza. Jika membutuhkan uang tunai, ada beberapa ATM di sekitar Mahogany Cottage.


Pilihan Akomodasi di Gili Meno

Untuk akomodasi, ada beberapa jenis penginapan di Gili Meno. Yang murah harganya mulai dari 100 ribuan permalam, Gili Meno Eco Hostel biasanya tersedia di bawah harga tersebut. Sementara itu, jika Anda ingin berwisata secara royal, pilih menginap di Mahogany Cottage, Karma Reef, ataupun di Mahamaya Gili Meno.

Umumnya penginapan murah berupa homestay juga tersedia, namun sayangnya tidak bisa di pesan secara online. Wisatawan dapat memesan langsung ketika sampai di sana. Saat high / peak season, memesan secara offline sangat tidak disarankan karena kemungkinan besar sudah penuh.

Jika ingin kemudahan, berikut ini telah penulis filter beberapa akomodasi yang bisa di booking secara online. Lihat harga dan fasilitas lengkapnya dengan klik “details” :

Penginapan Harga Murah
Gili Meno Eco Hostel
Family and Reza Bungalow
The Sunset Gecko
Penginapan Harga Menengah
Adeng-Adeng Bungalows
Biru Meno
Good Heart Resort
My Gili Cottages
Penginapan Super Mewah
Karma Reef Gili Meno
Mahamaya Gili Meno
Mahogany Cottage
Gili Meno Sunrise
sumber : @kirschrotersommer

Cara Menuju ke Pulau Gili Meno

Dari Lombok

Jika berangkat dari Kota Mataram, sobat harus menuju pelabuhan Bangsal di Pemenang. Bisa menggunakan rute Mataram-Senggigi-Pemenang dengan durasi berkendara sekitar 1 jam. Bisa juga menggunakan rute Mataram-Pusuk-Pemenang, durasi perjalanan sekitar 45 menit.

Di pelabuhan Bangsal, ada dua pilihan kapal, yakni kapal umum dan kapal cepat (fast boat). Jika memilih kapal umum, biaya tiketnya berkisar antara Rp 15.000 – Rp 25.000. Jadwal keberangkatannya adalah pukul 10.00, 14.00, dan 17.00. Waktu menyeberang sekitar 30 menit, berangkat ketika penumpang penuh.

Jika ingin cepat 10 menit sudah sampai, pilih menggunakan fast boat ke Gili Meno dengan membayar tiket Rp 85.000. Tidak harus menunggu penumpang penuh, fast boat berangkat sesuai jadwal. Jadwalnya adalah pukul 10.00, 12.00, 14.00, dan 16.00.

Dari Bali

Fast boat dari Bali ke Gili Meno bisa didapatkan di Pelabuhan Amed di ujung timur Bali. Amed Sea Express menyediakan layanan ini dua kali sehari, berangkat pukul 10.00 dan 15.30. Anda bisa melihat detail harga dan memesannya secara online melalui situs resminya, di sini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *