• Gunung Tertinggi di Indonesia
  • sumber : wikimedia.org
  • sumber : wikimedia.org
  • sumber :
  • sumber : triptrus.com
  • sumber : traveltodayindonesia.com
  • sumber : kompasiana.com
  • sumber : lombokita.com
  • sumber : manusialembah.com
  • sumber : phinemo.com

10 Gunung Tertinggi di Indonesia – Menanti Jejak Para Pendaki

posted in: Daftar Menarik, Hiburan, Wisata | 0

Gunung Tertinggi di Indonesia. Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia menawarkan keindahan alam yang luar biasa yang tersebar disetiap bagiannya. Tentunya ini akan menjadi surga bagi para petualang alam bebas baik itu yang petualang domestik maupun mancanegara.

Disamping menjadi rumah bagi pantai-pantai yang indah, hutan-hutan yang hijau, Indonesia adalah negeri yang telah dikokohkan dengan gunung-gunung yang menjulang tinggi yang telah siap didaki oleh para pendaki gunung yang penuh gairah dan beretika.

Tentu etika akan sangat diperlukan mengingat Indonesia adalah negeri yang dibangun oleh sejarah yang begitu kental dengan Adat dan Budaya Timur. Dalam hal ini mengharuskan kita tetap terjaga dalam etika yang telah dimaklumi, tidak terkecuali ketika sobat melakukan pendakian gunung.

Jumlah gunung di Indonesia sangatlah banyak dan sebagian besar memiliki ketinggian rata-rata diatas 2.000 mdpl. Namun dalam artikel ini akan disajikan beberapa gunung tertinggi di Indonesia, yang mana ada yang mencapai ketinggian hingga hampir 5.000 mdpl.

Bagi anda yang mengaku petualang sejati, pendaki gunung pemberani, andrenalin junkie atau siapalah anda yang menyukai tantangan untuk berpetualang di Alam Bebas. Berikut ini adalah 10 Gunung Tertinggi di Indonesia yang telah siap untuk menyaksikan seberapa besar nyali anda untuk menjadi bagian dari keeksotikan alam.

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Puncak Jaya, Papua

Puncak-Jaya 10 Gunung Tertinggi di Indonesia - Menanti Jejak Para Pendaki
sumber : vebma.com

Disebut juga dengan nama Puncak Soekarno atau Piramida Carstensz. Inilah gunung tertinggi di Indonesia dan Oceania yang juga termasuk salah satu Seven Summits (Tujuh Puncak Dunia). Gunung ini menjadi bagian dari Barisan Sudirman yakni barisan pegunungan di Papua, Indonesia.

Dengan ketinggian yang mencapai 4.884 mdpl menjadikan bagian atas gunung ini tertutup oleh salju atau Gletser Cartenz (satu-satunya gletser Tropika di Indonesia). Namun sayang sekali, karena bongkahan es di Puncak Jaya tersebut kemungkinan besar akan segera lenyap karena pemanasan global. 

2. Puncak Mandala, Papua

Puncak-Mandala 10 Gunung Tertinggi di Indonesia - Menanti Jejak Para Pendaki
sumber : wikimedia.org

Dahulu pada zaman penjajahan Belanda, puncak gunung ini dinamakan Julianatop atau Puncak Juliana. Dengan ketinggian yang mencapai 4.760 mdpl, Puncak Mandala menempati urutan kedua untuk gunung tertinggi di Indonesia. Terletak di Kabupaten Pegunungan Bintang yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini.

Dahulu kawasan tertinggi di Puncak Mandala kerap diselimuti oleh salju, hanya saja akibat pemanasan global salju sudah tidak terlihat lagi. Dikatakan bahwa Puncak Mandala adalah tantangan terberat bagi sebagian besar pendaki. 

3. Puncak Trikora, Papua
Puncak-Trikora 10 Gunung Tertinggi di Indonesia - Menanti Jejak Para Pendaki
sumber : wikimedia.org

Puncak Trikora adalah gunung tertinggi ketiga di Indonesia dengan ketinggian hingga 4.751 mdpl. Sama halnya dengan Puncak Mandala, gunung yang di zaman Belanda dinamai Wilhelminatop atau Puncak Wilhelmina ini memiliki kawasan tertinggi yang diselimuti salju setidaknya hingga tahun 1962.

Dikatakan bahwa gunung ini sempat diperkirakan sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia, namun ketika merujuk pada data SRTM (Shuttle Radar Topography Mission), ketinggian Gunung ini masih dibawah Puncak Mandala. 

4. Ngga Pilimsit, Papua

Ngga-Pilimsit 10 Gunung Tertinggi di Indonesia - Menanti Jejak Para Pendaki
sumber :

Papua tetap menjadi kawasan yang menjadi rumah bagi gunung-gunung tertinggi di Indonesia setidaknya hingga Gunung Ngga Pilimsit yang menjadi Puncak tertinggi Keempat di Indonesia.

Gunung dengan ketinggian 4.717 mdpl ini menjadi bagian dari Pegunungan Maoke di Provinsi Papua yang terletak cukup dekat dengan Puncak Jaya yakni berkisar 13 mil ke barat laut. Gunung ini dulunya dikenal dengan naman Gunung Idenburg. 

5. Gunung Kerinci, Jambi

Gunung-Kerinci 10 Gunung Tertinggi di Indonesia - Menanti Jejak Para Pendaki
sumber : phinemo.com

Gunung Kerinci disebut juga dengan Gunung Gadang atau Puncak Indrapura. Inilah puncak tertinggi di Sumatera yang sekaligus menjadi gunung tertinggi di Indonesia diluar Papua dengan ketinggian 3.805 mdpl. Gunung tertinggi kelima ini menjadi bagian dari Pegunungan Bukit Barisan yang ada di Provinsi Jambi. Gunung Kerinci dikelilingi oleh hutan lebat yakni Taman Nasional Kerinci Seblat yang menjadi rumah bagi Harimau Sumatra dan Badak Sumatra.

Di Puncak Gunung Kerinci anda bisa leluasa untuk melihat pemandangan yang indah Kota Jambi, Padang dan Bengkulu hingga Samudera Hindia yang luas juga terlihat jelas disini. Gunung ini juga dipercantik oleh keberadaan kawah yang berisi air berwarna hijau serta Danau Bento sebagai rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. 

6. Gunung Rinjani, Lombok, NTB
Gunung-Rinjani 10 Gunung Tertinggi di Indonesia - Menanti Jejak Para Pendaki
sumber : lombokita.com

Peringkat keenam adalah Gunung Rinjani yang menjadi bagian dari mahakarya keindahan Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat. Gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini bisa jadi adalah gunung dengan pemandangan tercantik di Indonesia dan salah satu Destinasi terfavorit bagi Para Pendaki.

Berdiri kokoh di Taman Nasional Gunung Rinjani yang mendominasi sebagian besar pemandangan Pulau Lombok Utara. Disini juga terdapat Danau Segara Anak yang merupakan objek wisata unggulan di Taman Nasional Gunung Rinjani. Lokasi ini dapat ditempuh dari dua jalur resmi pendakian yaitu jalur pendakian Senaru dan jalur pendakian Sembalun. 

7. Gunung Semeru, Jawa Timur

Gunung-Semeru 10 Gunung Tertinggi di Indonesia - Menanti Jejak Para Pendaki
sumber : traveltodayindonesia.com

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di Pulau Jawa, puncaknya Mahameru memiliki ketinggian 3.676 mdpl dan telah menempatkan Gunung Semeru menjadi gunung tertinggi Ketujuh di Indonesia. Gunung ini secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur.

Gunung Semeru termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bersama dengan Gunung Bromo yang menjadi obyek wisata alam terpopuler di Indonesia. Pendakian Gunung Semeru adalah salah satu aktivitas terfavorit di Indonesia baik oleh pendaki dari dalam dan luar negeri. Normalnya dibutuhkan waktu sekitar 4 hari untuk sampai puncak dari Malang atau dari Lumajang. 

8. Gunung Sanggar, NTB

Gunung-Sanggar 10 Gunung Tertinggi di Indonesia - Menanti Jejak Para Pendaki
sumber : kompasiana.com

Gunung Sanggar terletak di komplek pegunungan yang sama dengan Gunung Rinjani, tepatnya berada di wilayah Lelongken, Nusa Tenggara Barat. Beberapa data yang saya dapatkan menyebutkan bahwa ketinggian gunung ini mencapai 3.492 mdpl. Ada juga yang menyebutkan 3.564 mdpl serta 3.484 mdpl.

Meskipun menjadi salah satu dari 10 Gunung Tertinggi di Indonesia yakni menempati urutan kedelapan, Gunung Sanggar kurang dikenal ketimbang gunung-gunung Indonesia lainnya. Bisa jadi karena pendakian gunung lebih terpusatkan pada Gunung Rinjani yang memang terkenal dengan Keindahan Alamnya. 

9. Gunung Rantemario, Sulawesi Selatan
Gunung-Rantemario 10 Gunung Tertinggi di Indonesia - Menanti Jejak Para Pendaki
sumber : manusialembah.com

Di Sulawesi Selatan terdapat gunung tertinggi yakni Gunung Rantemario dan Gunung Rantekombola. Terdapat sumber yang mengatakan bahwa Gunung Rantemario adalah yang tertinggi, namun ada juga sumber lain yang menyebutkan sebaliknya.

Merujuk pada informasi yang ada di Wikipedia menyebutkan bahwa Gunung Rantemario memiliki ketinggian 3,478 mdpl, sedangkan Ranterkombola memiliki ketinggian 3.455 mdpl. Kedua Gunung tersebut terletak di wilayah pegunungan yang sama. Dengan ketinggian yang telah disebutkan, Gunung Rantemario menempati posisi kesembilan dalam Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia. 

10. Gunung Slamet, Jawa Tengah

Gunung-Slamet 10 Gunung Tertinggi di Indonesia - Menanti Jejak Para Pendaki
sumber : triptrus.com

Gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah ini adalah gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dan menempati urutan kesepuluh tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.428 mdpl. Meskipun memiliki medan yang cukup sulit, Gunung Slamet adalah salah satu tujuan pendakian terpopuler di Indonesia karena terkenal dengan pemandangannya yang indah.

Gunung ini terletak di perbatasan kabupaten Banyumas, Brebes, Purbalingga, Tegal dan Pemalang. Di kaki Gunung Slamet terletak kawasan wisata Baturraden yang menjadi andalan Kabupaten Banyumas karena hanya berjarak sekitar 15 km dari Purwokerto. 

Gunung Tertinggi di Indonesia

Rating pembaca, beri rating Anda?
Rata-rata : 4.5 (4 pembaca)
Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *