Festival Budaya Lembah Baliem 2019 (Baliem Valley Culture Festival 30th)

Festival Budaya Lembah Baliem 2019. Sejak tahun 1989 Festival Lembah Baliem (Baliem Valley Culture Festival) rutin digelar. Terus berlangsung dan akhirnya menjadi Ikon Pariwisata Papua di mata dunia. Sudah dekat hari dimana hajatan besar masyarakat Papua itu akan digelar kembali untuk ke 30 kalinya.

Awalnya, Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) merupakan acara perang antarsuku Dani, Lani dan Yali. Kegiatan yang menjadi ajang adu kekuatan tersebut digelar sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Meski terkesan menakutkan, tradisi ini telah berlangsung turun-temurun dan aman untuk dinikmati.

Seiring berjalannya waktu, tradisi ini terus berlangsung dengan penampilan barunya. Tidak hanya menjadi pertunjukan perang, namun juga mencakup pertunjukan budaya dan seni bagi masyarakat Pegunungan Tengah, Papua. Meski demikian, tetap saja atraksi perang antarsuku tetap menjadi fokus utama dan dinanti-nantikan.

FBLB biasanya berlangsung selama tiga hari setiap bulan Agustus, menyemarakkan bulan dimana perayaan kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung. Yang menarik, festival ini dimulai dengan skenario pemicu perang. Ada juga ethai (tarian tradisional) dan seni merias tubuh dengan aksesoris karya suku Hubula.

Di event ini juga pertunjukan alat musik Pikon dan Witawo, atraksi memasak bakar batu, permainan anak Puradan dan Sikoko. Ada juga Lempar Sege dan Karapan Babi. Setidaknya, itulah ragam atraksi yang senantiasa menyertai Festival Baliem. Sementara itu, setiap tahunnya selalu ada warna dan atraksi baru.

Untuk Festival Budaya Lembah Baliem 2019, rencananya akan diselenggarakan mulai tanggal 7 hingga 10 Agustus 2019. Selain atraksi-atraksi budaya yang biasa dilakukan, festival ini akan diwarnai atraksi paralayang serta bentangan anyaman noken sepanjang 60 meter setinggi 30 meter. Ada juga Baliem Night Market.

Untuk memeriahkan acara puncaknya, akan diadakan karnaval dari Paguyuban Nusantara yang ada di wilayah Baliem. Karnaval ini disertakan untuk menunjukkan bahwa masyarakat Baliem hidup rukun dengan masyarakat pendatang. Para pendatang tersebut tergabung dalam Paguyuban Nusantara di Kabupaten Jayawijaya.


Festival Budaya Lembah Baliem 2019

Lokasi Wamena, Jayawijaya, Papua
Tanggal Mulai 07 Agustus 2019
Tanggal Akhir 10 Agustus 2019
Situs Resmi festivallembahbaliem.id
Panduan FBLB Download
Akomodasi Lihat Daftar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *