Festival Cheng Ho 2019, Semarang – Lebih Seru & Penuh Warna, Segera!

Festival Cheng Ho 2019. Kemeriahan Kota Lumpia (Semarang) di tahun ini, salah satunya terjadi pada 3-4 Agustus 2019. Pasalnya, Festival Cheng Ho akan kembali digelar di tanggal tersebut. Rencananya kegiatan akan dipusatkan di Klenteng Agung Sam Poo Kong atau yang disebut juga Gedung Batu, Kota Semarang.

Cheng Ho adalah seorang keturunan suku Hui yang memiliki banyak kemiripan fisik dengan Suku Han, namun memeluk agama Islam. Ia juga memiliki nama Arab, yakni Haji Mahmud Shams. Keberadaannya lebih dikenal sebagai seorang pelaut dan penjelajah asal Tiongkok. Sebanyak tujuh kali mengunjungi Nusantara, termasuk ke Kerajaan Majapahit.

Di beberapa daerah di Indonesia, Cheng Ho banyak meninggalkan jejak petualangannya. Lonceng raksasa “Cakra Donya” untuk Sultan Aceh darinya hingga kini masih tersimpan di museum Banda Aceh. Ia juga menghadiahi Sultan Cirebon, salah satunya berupa piring keramik bertuliskan Ayat Kursi yang sampai saat ini disimpan di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Di Jawa Tengah, peninggalan Cheng Ho berupa petilasan sebagai tempat persinggahan pertamanya, yakni Klenteng “Gedung Batu” Sam Poo Kong yang berada di daerah Simongan di barat daya Kota Semarang. Peninggalan lainnya berupa patung yang diberi nama Ledakar Juragan Dampo Awang Sam Po Kong.

Menariknya, meskipun Laksamana Cheng Ho beragama Islam. Orang-orang Indonesia keturunan China menganggapnya sebagai dewa. Hal ini dikarenakan pemeluk Kong Hu Cu menganggap orang yang sudah meninggal dapat memberikan pertolongan. Adapun ciri Islam diketahui melalui tulisan berbunyi “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur’an“.

Festival Cheng Ho di Semarang digelar dalam rangka memperingati kedatangan Cheng Ho (Sam Poo Tay Djien) ratusan tahun silam di Kota Semarang. Salah satu kekhasan event ini adalah di awali dengan kirab patung Sam Poo Tay Djien dengan berjalan kaki. Berangkat dari Klenteng Tay Kak Sie menuju ke Gedung Batu.

Pada gelarannya kali ini, Festival Cheng Ho dipastikan seru dan penuh warna. Berbagai rangkaian acara telah dipersiapkan. Ada malam pagelaran kesenian atau Cheng Ho Night Fest, ritual sembayangan, panggung kesenian dan bazar kuliner tradisional Semarang. Sebagai puncak acara ini, akan ada arak-arakan patung dewa.


Festival Cheng Ho 2019

Lokasi Klenteng Agung Sam Poo Kong, Simongan, Semarang, Jawa Tengah
Tanggal Mulai 03 Agustus 2019
Tanggal Akhir 04 Agustus 2019
Situs Resmi disporapar.jatengprov.go.id
Akomodasi Lihat Daftar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *