Pengertian Seni – Apa Itu Seni? Lebih dekat dengan Kesenian dan Jenisnya

Sebagai salah satu unsur kebudayaan, seni atau kesenian telah hidup, tumbuh, dan berkembang seiring dengan sejarah kebudayaan manusia. Kecenderungan pada keindahan, memungkinkan manusia bergerak dan berkreasi hingga sebuah karya seni pun tercipta. Lalu, apa sebenarnya definisi atau pengertian seni?

Cakupan seni sangatlah luas dan memiliki banyak faset. Definisi seni pun beragam, mulai dari yang paling sederhana hingga definisi yang mencoba menyentuh esensi seni. Secara sederhana, disebutkan bahwa… “seni adalah segala keindahan yang diciptakan oleh manusia”. Lebih rinci mengenai pengertian seni, berikut ulasannya:

Pengertian Seni

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) seni adalah keahlian membuat karya bermutu (terlihat dari kehalusannya, keindahannya, dll). Atau, karya yang tercipta berkat keahlian yang luar biasa, misalnya tari, lukisan, ukiran, dll. Arti seni lainnya adalah kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi.

KBBI juga menyebutkan bahwa kesenian adalah perihal seni, keindahan. Dalam Ensiklopedia Indonesia, pengertian seni adalah ciptaan dari segala hal yang karena keindahannya orang akan senang melihat atau mendengarkan. Dalam The Meaning of Art (1931), seni berarti usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan.

Encyclopaedia Britannica menyebut seni sebagai objek visual atau pengalaman yang tercipta secara sadar melalui ekspresi ketrampilan atau imajinasi. Menurut Kamus Oxford, makna seni adalah ekspresi dan imajinasi kreatif manusia dalam menghasilkan karya yang dihargai karena keindahan atau kekuatan emosionalnya.

Menurut Ki Hajar Dewantara, seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaan yang bersifat indah hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia lain. Akhdiat K. Miharja menyebut seni sebagai kegiatan rohani manusia yang merefleksi realita dalam suatu karya yang mana bentuk dan isinya mampu membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani penerimanya.

Perihal Istilah Seni

Bahasa Indonesia/Melayu tidak memiliki padanan istilah yang pas untuk konsep “art” dalam bahasa Inggris atau “kunst” dalam bahasa Belanda. Oleh karena itu, riwayat peristilahan seni dalam bahasa Indonesia tidak sederhana, baik dari segi terminologis maupun etimologis. Terdapat beberapa teori terkait asal usul kata seni.

Ada yang berpendapat bahwa istilah seni berasal dari kata “sani” dalam bahasa Sansekerta yang berarti persembahan, pelayanan dan pemberian yang tulus. Kata seni berasal dari “genie” dalam bahasa Belanda yang artinya kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir. Makna ketiga kata seni dalam KBBI adalah genius.

Anggapan lain terkait asal mula kata seni adalah berasal dari bahasa Melayu Riau (Sungai Rokan) yakni sonik. Sonik berasal dari “so” atau “se” artinya satu (dari bahasa Sansekerta “swa” berarti satu). Dengan tambahan kata “nik” atau sesuatu yang sangat kecil atau halus. Sonik/sonit/seni berarti sesuatu yang halus bentuk rupa dan sifatnya.

Jenis-Jenis Kesenian

Seorang pelaku seni atau seniman mengekspresikan seni berdasarkan kecakapan masing-masing. Mengingat dasar ketrampilan seniman yang sangat beragam, bentuk atau jenis kesenian pun sangatlah kaya dan beranekaragam. Jenis kesenian ini lebih merujuk pada media ungkap seniman dalam mengekspresikan karya seni mereka.

  • Seni Rupa: Cabang seni dengan media ungkap yang bisa dilihat dan diraba. Tercipta dengan mengolah titik, garis, bidang, volume, bentuk, tekstur, warna, dan pencahayaan. Sesuai wujud dan bentuk, seni rupa terbagi menjadi seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi. Adapun sesuai fungsinya, seni rupa terbagi menjadi seni rupa murni dan seni rupa terapan.
  • Seni Sastra: Bentuk seni dengan media ungkap berupa bahasa. Bahasanya tertata sedemikian rupa untuk memenuhi unsur seni, yakni keindahan. Sastra juga sesuatu yang imajinatif yang tersaji melalui kata-kata yang mampu membuat penikmatnya terpesona.
  • Seni Tari: Cabang atau jenis kesenian yang menggunakan media ungkap berupa gerak. Bentuk seni ini mempertunjukkan gerak tubuh berirama di waktu dan tempat tertentu. Tari menjadi media ekspresi untuk mengungkapkan banyak hal, baik pikiran maupun perasaan.
  • Seni Teater: Salah satu bentuk atau jenis seni yang menyajikan cerita kehidupan nyata dalam sebuah pentas. Dalam hal ini, cerita yang ada umumnya menyiratkan pesan moral dengan harapan bisa menjadi pelajaran kehidupan bagi para penonton.
  • Seni Musik: Bentuk seni dengan media suara yang tersusun sedemikian rupa hingga mengandung irama, lagu, nada, dan keharmonisan. Musik terutama merujuk pada suara dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Referensi:

  1. staffnew.uny.ac.id/upl…
  2. kompas.com/skola/re…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *