Liburan di Jogja? Wajib Kunjungi Tempat Wisata Kulonprogo Berikut Ini

Tempat Wisata di Kulonprogo. Bagi sebagian wisatawan, Jogja terlalu menarik jika hanya didatangi satu kali. Mereka rindu kembali datang untuk kemudian melebarkan penjelajahan ke tempat-tempat wisata yang belum sempat dikunjungi.

Sobat salah satu dari mereka? atau baru berencana liburan ke Jogja untuk pertama kalinya? Oleh karena banyak sekali objek wisata di Yogyakarta, perlu kiranya memfilter tujuan agar bisa sesuai dengan kebutuhan dan durasi wisata Anda.

Jika sobat suka dengan obyek wisata alam, satu diantara ide terbaiknya adalah meluncur ke Kulonprogo. Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang dijuluki The Jewel of Java ini memiliki segudang destinasi wisata untuk memuaskan liburan siapa saja.

Kulonprogo adalah surga, terutama bagi penggemar wisata alam. Beragam varian spot alam bisa ditemukan, karena secara geografis kabupaten ini merupakan perpaduan dataran rendah dan tinggi. Ada pantai-pantai yang indah juga perbukitan yang mempesona.

Perlahan tapi pasti, beberapa tempat wisata Kulonprogo mulai digandrungi. Jadilah salah satu traveler yang puas bermanja di kemolekan alamnya. Tertarik? segera pastikan jadwal liburannya dan berikut beberapa tempat wisata di Kulonprogo yang wajib dikunjungi.


Rekomendasi Tempat Wisata di Kulonprogo


1. Wisata Alam Kalibiru

Wisata Alam Kalibiru - tempat wisata Kulonprogo
sumber : www.jogjatravelling.com

Kulonprogo adalah destinasi terbaik untuk melepaskan diri dari gemerlapnya wisata Jogja. Mencoba lebih dekat dengan alam, menuju pada ketinggian untuk mendapati lanskap alam yang lebih sempurna. Kalibiru adalah tempat yang wajib dituju untuk menikmati semua itu.

Setidaknya ada tiga spot foto terbaik yang semuanya berlatarbelakangkan Waduk Sermo dibalut rimbun kehijauan perbukitan Menoreh, bahkan laut selatan. Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata Kalibiru adalah senja dan fajar, saat komposisi warna alam tersaji sedemikian memanjakan mata.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Kalibiru diantaranya adalah penginapan dan joglo pertemuan yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik kelompok maupun keluarga. Ada juga wahana outbond seperti high rope dan flying fox dan masih banyak lagi aktivitas seru, termasuk trekking.

Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY


2. Wisata Waduk Sermo

Waduk Sermo - tempat wisata Kulonprogo
sumber : jogjaempatroda.com

Terletak teramat dekat dengan wisata Kalibiru, tempat wisata di Kulonprogo berupa waduk atau danau buatan ini wajib juga didatangi. Waduk Sermo menawarkan banyak hal, selain secara halus memaksa setiap pengunjungnya untuk takjub dengan pemandangan alamnya.

Berperahu mengelilingi setiap lekukannya adalah aktivitas yang sayang dilewatkan, sama pentingnya dengan menanti moleknya matahari terbenam di waduk yang berada di lembah perbukitan Menoreh ini. Cara terbaik lainnya adalah menjelajahi setiap sudut dengan trekking atau bersepeda.

Suka memancing? lakukanlah! sementara kebanyakan wisatawan lebih memilih bersantai dengan memanfaatkan fasilitas berupa gubuk-gubuk di pinggir waduk. Jika lapar melanda, tinggal menuju warung makan atau restoran yang ada disekitarnya. Terlanjur kerasan? bermalam dan dirikanlah tenda.

Sremo Lor, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY


3. Wisata Gua Kiskendo

Goa Kiskendo - wisata di Kulonprogo
sumber : dinpar.kulonprogokab.go.id

Sejenak berlepas diri dari keindahan lanskap perbukitan karst Menoreh, kunjungilah Gua Kiskendo yang eksotik. Melengkapi citarasa wisata sejarah Yogyakarta, tempat wisata di Kulonprogo ini akan mengajak traveler menelusuri kisah epik tentang subali dan sugriwa ratusan tahun yang lalu.

Menariknya, mitos tentang kedua manusia kera tersebut juga di ukir di dinding batu di sekitar goa sedalam 800 meter ini. Selain itu, kisah tersebut juga sering divisualisasikan melalui tarian kolosal di tempat ini. Hingga saat ini. Gua Kiskendo terus dikembangkan sebagai wisata geopark.

Datanglah dan nikmati apa saja yang tersaji di setiap bagian gua yang pertama kali ditemukan tahun 1820 ini. Siapa tahu, sobat juga beruntung bisa menikmati sajian budayanya. Masuklah ke bawah hingga sedalam mungkin dan tahukah Anda bahwa goa ini sampai saat ini belum ditemukan jalan tembusnya.

Jalan Goa Kiskendo, Girimulyo, Sokomoyo, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY


4. Taman Sungai Mudal
Taman Sungai Mudal - tempat wisata di Kulonprogo
sumber : panduanwisata.id

Seperti di isyaratkan oleh namanya, Taman Sungai Mudal adalah tempat ideal untuk berbasah-basahan. Sebuah kolam pemandian berair jernih berwarna toska yang indah. Hijau tetumbuhan mendominasi benar disekitarnya, kesan sejuk nan asri pun tercipta. Suasananya membuat siapapun betah berlama-lama.

Taman Sungai Mudal merupakan ekowisata yang memadukan antara sungai, kolam dan air terjun. Ada beberapa air terjun disini serta beberapa kolam dengan kedalaman bervariasi, 1 hingga 2 meter. Selain mandi dan bersantai, traveler juga bisa trekking ke Watu Wayang, tebing karst rumah bagi kawanan kera ekor panjang.

Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY


5. Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah - wisata Kulonprogo
sumber : www.piknikdong.com

Agar bisa bersaing dengan kabupaten lain di DIY, Kulonprogo terus membenahi diri dengan menyajikan tempat wisata baru yang unik. Terciptalah satu diantaranya yang menjadi surga para selfer, Tebing Gunung Gajah yang lokasinya berbatasan langsung dengan Purworejo.

Gunung Gajah merupakan wisata tebing dengan kemiringan mencapai 45 derajat, sedangkan lokasi tertingginya berada di ketinggian 900 mdpl. Sejuk dan nyaman adalah suasana yang mendominasi, sementara sejauh mata memandang hanyalah keindahan alam pegunungan.

Selain alam, daya tarik wisata Kulonprogo ini mencakup wahana seru, seperti flying fox dan treetop yang mengajak traveler berjalan dari pohon ke pohon. Selain itu banyak spot berswafoto, mulai dari yang klasik hingga tematik. Bulan sabit dan gembok raksasa adalah spot yang paling diminati.

Jl. Sermo – Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY


6. Pesona Bukit Cendana

Pesona Bukit Cendana - tempat wisata Kulonprogo
sumber : ngadem.com

Meski konsepnya hampir sama dengan Kalibiru yang menawarkan lanskap Waduk Sermo, tentu Bukit Cendana menawarkan sudut pandang dan nuansa wisata yang berbeda. Lokasi kedua wisata Kulonprogo ini juga cukup dekat. Jadi, datanglah dan berfoto dengan sudut lanskap yang berbeda.

Bukit Cendana tergolong tempat wisata baru di Kulonprogo, sehingga tiket masuknya belum ditetapkan (info terbaru biaya 5 ribu). Oleh karena masih baru, gardu pandang yang ada belum dilengkapi sistem pengamanan yang memadai. Spot lain ada di ayunan dan jembatan kayu.

Tegiri II, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY


7. Desa Wisata Nglinggo
Desa Wisata Nglinggo - tempat wisata di Kulonprogo
sumber : @aliona.ramaneika

Meskipun tetap mengusung nuansa khas perbukitan Kulonprogo, Desa Wisata Nglinggo mampu memastikan semua wisatawan mendapatkan pengalaman wisata yang kaya. Banyak sudut di desa ini yang menawarkan suasana dan aktivitas yang berbeda. Tidak heran jika kemudian Nglinggo tampil sebagai juara 3 lomba desa wisata Nasional.

Objek wisata yang paling menonjol dan banyak minati adalah perkebunan teh. Menyusuri petak-petak kebun teh di ketinggian 800 mdpl sangatlah mengesankan. Terlebih dari sini terlihat juga lanskap perkampungan Magelang dan Purworejo, hutan pinus, serta lembah yang semuanya menyajikan komposisi warna hijau yang mengagumkan.

Selain itu, di Desa Wisata Nglinggo ada Bukit Ngisis yang memungkinkan wisatawan melihat pemandangan dari tempat yang lebih tinggi. Ada juga Curug Watu Jonggol, air terjun tersembunyi pada ketinggian 900 mdpl. Fasilitas wisatanya pun sangatlah lengkap, dari penginapan, pusat jajanan, hingga bumi perkemahan dll.

Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY


8. Puncak Widosari

Puncak Widosari - wisata di Kulonprogo
sumber : @rudicayo

Setelah puas berwisata di Desa Wisata Nglinggo, jika masih ingin menikmati laskap pemandangan dari ketinggian, cobalah meluncur ke Puncak Widosari yang masih berada di kecamatan yang sama. Objek wisata ini ramai dikunjungi seiring dengan banyaknya foto yang tersebar di media sosial.

Disamping potensi keindahan alamnya yang memanjakan mata, puncak di ketinggian 1.017 mdpl ini juga menyimpan nilai sejarah. Menurut penuturan warga setempat, konon bukit dengan daya tarik utama bongkahan batu besar ini pernah menjadi tempat pertapaan Pangeran Diponegoro.

Tritis, Ngargosari, Tegalsari, Ngargosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY


9. Pantai Glagah Indah

Pantai Glagah - tempat wisata di Kulonprogo
sumber : liburmulu.com

Puas dengan wisata alam pegunungan, berarti sudah saatnya pergi ke pesisir selatan untuk menemukan Pantai Glagah. Inilah salah satu primadona tempat wisata di Kulonprogo yang dipastikan mampu menyibukkan liburan siapa saja, pantai yang kaya aktivitas dan spot menarik.

Pantai Glagah adalah pantai yang unik, terutama melalui keberadaan laguna dan tetrapod, yakni pemecah ombak di kanan kiri dermaganya. Pantai dengan hamparan pasir besi ini sangatlah indah, terlebih di saat-saat matahari mulai tenggelam. Baca ulasan lengkapnya di artikel Pantai Glagah Indah

Glagah, Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY


10. Mangrove Pantai Pasir Kadilangu
Hutan Mangrove Pantai Pasir Kadilangu
sumber : hutanmangrovekulonprogo.com

Pantai dengan hutan mangrove akan selalu menarik dijelajahi. Di Kulonprogo, tepatnya sekitar 8 kilometer ke arah barat dari Pantai Glagah, ada Pantai Pasir Kadilangu. Meski ada istilah pasir pada namanya, pantai ini justru menghadirkan hamparan hutan mangrove di sepanjang tepi pantainya. Pelestarian hutan bakau di pantai ini telah dimulai sejak tahun 1999.

Adapun sejak awal 2016 dikembangkan lagi menjadi tujuan wisata dan kini ramai dikunjungi. Wisatawan yang datang bisa lebih dekat dengan rimbunnya hutan melalui jembatan bambu yang dibangun disepanjang kawasan. Beragam spot menarik tersedia, mulai dari jembatan cinta, menara pandang, jembatan tempo dulu, hingga goa mangrove.

Pasir Kadilango, Jangkaran, Temon, Kabupaten Kulon Progo, DIY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *