Pantai Berawa Canggu Bali – Tetangga Echo Beach Dengan Sunset Cantik

Selain Wisata Seminyak, kawasan Kuta di Bali juga mencakup pesisir pantai Canggu yang indah di sisi utaranya. Memiliki banyak ruas pantai menawan dan telah dikenal akrab oleh wisatawan mancanegara. Di selatan Echo Beach atau Pantai Batu Mejan Canggu yang terkenal, ada juga Pantai Berawa yang tak kalah indahnya.

Tentu, wisata ke Pulau Bali, sobat perlu melebar ke Canggu. Jelajahi sepenuhnya pesona wisata di Kuta Utara. Mengakrabi kemeriahan atmosfer di Echo Beach untuk kemudian menyusuri pesisir ke selatan hingga tiba di Berawa Beach. Bersantailah secara sempurna, nongkrong dan menikmati kemolekan Samudera Hindia.

Di kalangan turis, pantai ini sering disebut sebagai Berawa Beach Canggu. Namun, alamat sebenarnya berada di desa Tibuneneng. Ini mungkin karena desa Canggu lebih tenar namanya. Atau, karena bertetangga dekat dengan Echo Beach Canggu. Lokasinya berada di Jl. Pantai Berawa, Tibubeneng, Kuta Utara, Badung, Bali.

Pantai Berawa Bali
credit: unsplash/@febiyanr

Daya Tarik Pantai Berawa Canggu

Daya tarik wisata di kawasan Kuta Utara menawarkan pemandangan persawahan dan pesisir pantai yang berpasir hitam vulkanik. Demikian juga dengan Berawa Beach Bali. Pantai ini hadir dengan hamparan pasir yang cenderung gelap. Terbentang luas, landai memanjang sehingga beragam aktivitas bisa dilakukan di atasnya.

Suasananya lebih sepi jika dibanding dengan Pantai Batu Mejan, tetangganya. Apalagi jika dibandingkan dengan Pantai Kuta dan Pantai Legian di pusat kawasan wisata Kuta. Justru ini memberi nilai lebih, yang mana wisatawan bisa sepenuhnya menikmati wisata mereka, karena tidak terganggu hiruk-pikuk keramaian.

Salah Satu Spot Surfing Populer di Bali

Daya tarik utama wisata Pantai Berawa adalah ombaknya yang besar dan indah. Ideal bagi wisatawan yang gemar berselancar. Sejauh ini, Berawa merupakan salah satu spot surfer terbaik di Bali. Pantai ini menjadi spot surfing populer di Bali, salah satunya karena suasananya yang sepi, sehingga banyak disukai.

Sehubungan dengan aktivitas selancar, terkadang ada juga yang melakukan kiteboarding atau kitesurfing. Ini adalah olahraga ekstrem yang mengkombinasikan wakeboarding, snowboarding, windsurfing, surfing, paragliding, skateboarding dan sailing. Jika ke pantai ini, semoga Anda bisa menyaksikan keseruannya.

Arus yang kuat dengan ombak besar juga menandakan bahwa Berawa Beach tidak cocok untuk berenang. Ini juga berarti kurang ideal bagi sebuah wisata keluarga yang melibatkan anak-anak di dalamnya. Rekomendasi wisata pantai terbaik di Bali untuk keluarga adalah Pantai di Sanur dan Pantai di Nusa Dua.

Apabila ingin berwisata keluarga di Berawa, mungkin aktivitas terbaik adalah bermain di atas hamparan pasirnya. Bersantai atau bisa juga menyusuri pesisir pantainya yang memanjang kurang lebih satu kilometer. Namun karena pasir pantai ini berwarna gelap, waktu terbaik adalah sore hari karena siang sangat panas.

Keindahan Sunset Yang Mengagumkan

Pantai di Kuta sebagian besar menghadap ke barat. Menikmati pemandangan matahari terbenam selalu menjadi momen yang sebisa mungkin jangan terlewatkan. Termasuk jika Anda berwisata ke Pantai Berawa Bali yang segaris dengan pesisir Kuta. Sunset di Berawa Beach tidak kalah indahnya dengan pantai lain di Bali.

Tempat Untuk Nongkrong dan Bersantai

Sore hari adalah waktu terbaik mengunjungi pantai ini. Suasana pantainya semakin meriah, terutama semenjak senja menjelang. Banyak wisatawan, baik domestik maupun mancanegara yang bersantai dengan nongkrong di tepi pantai. Terdapat beberapa kafe dan bar di pantai ini. Termasuk sejumlah klub pantai populer Bali.

Selebihnya, beragam aktivitas bisa dilakukan di Berawa Beach. Untuk opsi wisata keluarga, bisa mengunjungi tempat bernama “Bermain” di sekitar pantai. Bisa juga ke Bali House Riding untuk menikmati serunya naik kuda di sepanjang Pantai Canggu. Atau kunjungi House of Alaia untuk mengasah kreatifitas membuat perhiasan.

Surfing
credit: flickr/bruno kvot/CC BY-NC-ND 2.0

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Meski tidak selengkap dengan apa yang tersedia di kawasan wisata utama Kuta, fasilitas di Pantai Berawa Canggu juga memadai. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di tepi pantai banyak tersedia kafe dan bar. Ada juga fasilitas berupa sunbed lengkap dengan payung untuk bersantai dan berteduh di siang hari.

Area parkirnya pun luas, khususnya di sebelah barat pantai. Di sebelah timur cukup terbatas karena di ruas jalan raya. Bagaimana dengan tiket masuk? gratis, kecuali parkir. Untuk akomodasi, beragam opsi penginapan dan hotel dengan mudah ditemukan. Mulai dari yang murah hingga villa tepi pantai yang mewah.

Untuk mendapatkan lebih banyak pilihan akomodasi yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan menginap, Anda tidak mesti harus menginap di tepi pantai. Beragam opsi penginapan di kawasan Canggu dan Tibuneneng yang lokasinya tidak jauh dari pantai ini. Lihat daftar selengkapnya melalui tombol berikut ini:

Pantai Berawa Canggu
credit: unsplash/@riolec

Peta & Lokasi Pantai Berawa Bali

Pantai ini beralamatkan di Jalan Pantai Berawa, Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. Dekat Echo Beach Club dan Pantai Batu Bolong. Kurang lebih 7 km dari Pantai Seminyak atau 13 km dari Tanah Lot Bali. Akses jalan untuk mencapainya pun mudah. Atau, untuk mempermudah, gunakan Peta Lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *