Waduk Bajulmati – Lanskap Misool Raja Ampat di Ujung Timur Pulau Jawa

Waduk Bajulmati. Jawa Timur sangatlah kaya akan obyek wisata alam. Setiap bagiannya mendefinisikan citra keindahan dengan caranya sendiri. Apabila tujuan wisata sobat kali ini adalah Jawa Timur, cobalah memulai dari ujung timur. Mendarat di Banyuwangi dan menjelajahi apa yang tersaji.

Tahukah Anda? di sekitar Kawah Ijen dan Baluran National Park yang telah mendunia, ada Waduk Bajulmati. Meski namanya sama dengan Pantai Bajulmati di Malang, objek wisata alam ini lebih menawarkan keindahan seolah Raja Ampat di Papua. Datanglah dan segeralah berbahagia.

Seperti halnya Baluran, waduk yang membendung Sungai Bajulmati ini terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Luas Daerah Tangkapan Air (DTA) waduk yang dibangun pada tahun 2015 ini mencapai 98.43 km2. Membentang di antara Gunung Baluran dan Pegunungan Ijen.

Harga Tiket Masuk Waduk Bajulmati
sumber: @masyusuf.official

Selain dimanfaatkan untuk irigasi, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH), konservasi air dan perikanan keramba. Waduk Bajulmati juga primadona wisata baru karena menawarkan lanskap yang unik nan eksotik. Desain alam terutama ditonjolkan oleh bukit-bukit kecil yang mengelilingnya.

Panoramanya didominasi warna hijau alam yang kaya. Airnya jernih dan tenang laksana cermin raksasa. Secara keseluruhan, waduk dengan luas genangan 91,93 ha ini menawarkan pemandangan seperti halnya di Pulau Misool. Jadi, cobalah ke sini sebelum benar-benar liburan ke Raja Ampat di Papua nan jauh itu.


Aktivitas di Wisata Waduk Bajulmati

Selamat datang di Waduk Bajulmati. Untuk sejenak atau berlama-lama, biarkan sejauh pandangan mata menikmati lanskap alam yang mengagumkan. Hiruplah dalam-dalam sejuknya udara melalui semilir angin yang menyapa hingga sempurna membalut sekujur tubuh Anda.

Menjelajah, mencoba lebih dekat adalah ide sempurna dan pastikan juga menemukan spot terbaik, abadikanlah. Bisa memilih latarbelakang Gunung Marapi dan Pegunungan Ijen yang samar-samar menyatu dengan awan. Atau, bisa juga Gunung Baluran di sebelah timur yang terkesan gagah.

Waduk Bajulmati
sumber : @fotonisun

Usahakanlah tiba agak pagi atau sore hari. Karena jarang sekali pohon peneduh, siang hari terasa panas dan gersang. Ketika terik, umumnya pengunjung menuju balai Bengong, yakni balai beratapkan patung Tari Gandrung yang ada di sana.

Di balai itulah mereka biasanya menikmati suasana sambil menyantap perbekalan. Waduk ini juga sebagai tempat ideal untuk memancing. Hanya saja, sementara tidak bisa di sekitar bangunan waduk atau pintu air. Pengunjung yang ingin memancing biasa berkeliling waduk menuju sisi selatan.


Fasilitas Wisata di Waduk Bajulmati

Meski sudah ramai pengunjung, objek wisata Waduk Bajulmati belum sepenuhnya dibuka untuk tujuan wisata. Oleh karena itu, belum ada fasilitas di tempat ini. Satu-satunya fasilitas yang ada hanyalah sebuah balai yang biasa digunakan oleh para wisatawan untuk berteduh.

Rute Fasilitas Waduk Bajulmati
sumber: @mariamelyana55

Harga Tiket Masuk Waduk Bajulmati

Keterangan Harga
Tiket Masuk Gratis
Parkir Roda 2 Rp. 5.000
Parkir Roda 4 Rp. 10.000
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Peta Lokasi & Rute Waduk Bajulmati

Objek wisata ini mencakup wilayah Desa Watukebo, Wongsorejo di Kabupaten Banyuwangi dan Desa Wonorejo, Banyuputih di Kabupaten Situbondo. Dari Banyuwangi, lokasinya berjarak sekitar 40 kilometer ke utara.

Searah dengan Taman Nasional Baluran karena letaknya memang bersebelahan. Dari pintu masuk TN Baluran, sekurang-kurangnya 10 menit perjalanan berkendara untuk sampai di gerbang masuk wisata alam ini.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *