Pantai Atuh (Atuh Beach) – Eksotika Batas Alam Sisi Tenggara Nusa Penida

Nusa Penida adalah mahakarya alam yang mengukuhkan pesona Bali di sisi tenggara. Dunia pun mengakuinya, terutama melalui Kelingking Beach dan Broken Beach dengan lanskap yang sudah pasti memanjakan mata. Hanya itu? tidak juga! Pantai Atuh juga mempesona. Dan, masih banyak sudut keindahan lain di sana.

Atuh Beach Nusa Penida” demikianlah turis mancanegara menyebutnya, merupakan batas alam di sisi tenggara Nusa Penida. Eksotika alamnya sudah semestinya dikagumi dan saat inilah giliran Anda membuktikannya. Keberadaannya masih cukup tersembunyi, jika dibandingkan gemerlapnya wisata Bali.

Berpetualang wisata ke Pulau Bali, kunjungilah Nusa Penida dan masukkan Pantai Atuh dalam daftar atas kunjungan Anda. Secara administratif pantai ini masuk wilayah Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Artikel ini merupakan menu pembuka agar Anda lebih mengenalnya.

Atuh Beach Nusa Penida Bali
credit: unsplash/@gokumacun

Daya Tarik Pantai Atuh Nusa Penida

Menempati ujung tenggara Nusa Penida, Atuh Beach merupakan pantai teluk yang eksotis. Pemandangannya didominasi bebatuan karang, baik sebagai benteng tebing yang menjulang maupun sebagai jajaran pulau di lepas pantainya. Pantai identik dengan pasir dan pantai ini menawarkan pasir bersihnya yang keemasan.

Gradasi laut jernih membiru, jelas menggoda siapapun untuk mendekatinya. Turun, meski harus dibarengi dengan usaha yang tak biasa. Tapi tunggu, tuntaskan dulu menikmati lanskap alam yang jelas indah di setiap mata. Terkhusus, melalui Labuan Ampuak dan Tanjung Juntil di kanan-kiri yang mengapitnya.

Setidaknya ada 4 pulau karang menawan yang bisa ternikmati di atas ketinggian. Oleh penduduk lokal, pulau-pulau tersebut dinamai Batu Melawang atau Pepadasan, Batu Paon, Batu Abah dan Bukit Jineng. Ini berita bagus bagi Anda yang menyukai dunia fotografi, yang berarti bagus juga untuk penggemar selfie.

Matahari Terbit “Sunrise” Yang Mempesona

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Atuh Bali adalah memulainya di awal pagi. Mungkin, melakukan perjalanan sejak pukul 05.00 pagi. Yang pasti, usahakan tiba di waktu matahari terbit untuk menyambut moleknya sunrise. Ini adalah salah satu momen terbaik di sana yang sayang jika diabaikan begitu saja.

Nikmatilah damai pagi, melebar ke beberapa sudut yang memungkinkan selama di ketinggian. Atau, bisa juga langsung menuruni tangga agar bisa segera mencapai pantainya dan nikmatilah sunrise dengan sudut pandang berbeda. Ini adalah tur “kasar” yang tak ideal bagi traveler manja. Dan, itu pasti bukan Anda.

Pantai Berpasir Indah Yang “Wajib” DiJamah

Pantai Atuh Nusa Penida terhimpit oleh tebing tinggi yang spektakuler. Meski tak terlalu luas seperti halnya Pantai di Kuta, hamparan pasir bersihnya landai dan cocok untuk bersantai. Anda bisa berjemur dengan dimanjakan pemandangan laut yang menakjubkan. Pantai ini sepi, anggaplah seperti milik sendiri.

Menikmati segarnya kelapa muda adalah ide yang sempurna, dengan mudah Anda bisa mendapatkannya. Pastikan tersedia cukup waktu untuk bertahan. Menyewa salah satu kursi berjemur yang tersedia, sepenuhnya bersantailah seharian. Atau, berkeliling di sekitar dan temukan spot terbaik untuk diabadikan.

Di lepas pantai ini ada Pulau Batu Melawang yang ikonik dengan bentuk mirip penyu. Ada juga yang mengatakan mirip dinosaurus. Jika berani, dekati dan naiki pulau karang tersebut. Tidak sedikit turis mancanegara yang nekat mendakinya dan melakukan “cliff jump“. Tetap utamakan keselamatan Anda!.

Jelajah Alam, Menikmati Daya Tarik Tetangga

Meski curam, menuruni Pantai Atuh Nusa Penida hanya sebentar, sekira 10 menit saja. Namun, usaha berat akan terasa ketika Anda diharuskan kembali naik ke atas. Jika itu bukanlah masalah dan masih tersisa banyak energi dan gairah, bagaimana kalau lebih jauh menjelajah? Banyak spot menarik dekat Atuh Beach.

Kurang lebih 1 km, Anda bisa menemukan spot yang tak kalah eksotisnya. Raja Lima/Rumah Pohon Molenteng Nusa Penida namanya. Setidaknya terdapat 3 rumah panggung yang disewakan (± 500K). Sejauh ini, Rumah Pohon yang paling diminati dan merupakan salah satu spot sunrise paling ikonik di Nusa Penida.

IMG_5430_1.psd
credit: flickr.com/chrysotil/

Asal-usul dan Mitos Pantai Atuh Bali

Perihal namanya “Atuh” dikatakan berasal dari mata air di sisi barat Pura Atuh di dekat pantai ini. Meski berjarak sangat dekat dengan pantai, mata air tersebut berair tawar. Airnya tak pernah kering, bahkan ketika kemarau. “A” berarti tidak dan “Tuh” berarti kering. Jadi, “Atuh” bisa berarti tidak pernah kering.

Pulau Batu Melawang yang berlubang menjadi yang paling menarik di Atuh Beach. Ada mitos yang berkembang bahwa setiap nelayan yang berlayar dari Pantai Atuh diharuskan melalui lubang pulau tersebut. Hingga saat ini, tidak ada yang berani melanggarnya karena diyakini memiliki nilai magis tersendiri.

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Meski tersembunyi Pantai Atuh Nusa Penida menawarkan fasilitas yang mencukupi. Tersedia area parkir di sisi kanan maupun kiri. Untuk diketahui, ada dua jalur untuk mencapai pantai ini sejak percabangan jalan sebelum lokasi. Ide bagus memilih jalur kiri mendapatkan lanskap Atuh Beach yang ikonik.

Di pantai juga tersedia warung penjual makanan dan minuman berlapak jerami. Di warung-warung itulah Anda bisa mendapatkan kelapa muda yang segar. Selain itu, tersedia juga persewaan kursi berjemur untuk bersantai. Toilet umum juga disediakan. Bagaimana harga tiket masuknya? Rp10.000 saja.

Untuk akomodasi, jika berminat bisa menginap di salah satu rumah panggung di Raja Lima. Namun karena stoknya terbatas, pastikan mendapatkan informasi sebelumnya. Opsi penginapan lain adalah Diamond Beach Bungalow dan Atuh Forest Cottage (2,5 km). Pilihan akomodasi lainnya lihat melalui tombol berikut:

Pantai Atuh Beach Nusa Penida Bali
credit: flickr/Jakob Paessler/CC BY-NC-ND 2.0

Lokasi Atuh Beach Nusa Penida Bali

Pantai Atuh Nusa Penida Bali berlokasi di Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Sekitar 30 km dari Pelabuhan Toya Pakeh, Nusa Penida . Namun karena kondisi jalan yang kurang bagus dan banyak lubang, berkendara ke pantai ini bisa memakan waktu hingga 2 jam.

Terdapat percabangan jalan ketika mendekati lokasi pantai, ke kiri dan ke kanan dan keduanya menuju ke Atuh Beach. Rekomendasi terbaik adalah memilih arah kiri untuk mendapatkan pemandangan terindah yang paling ikonik dari pantai ini. Sejauh ini, Google Map sudah mengarahkan rute ke arah kiri.

Sebelum melakukan perjalanan itu, pastikan dulu Anda sampai di Nusa Penida. Lakukan penyeberangan ke Nusa Penida dari Bali. Anda bisa naik kapal dari Pelabuhan Padang Bai atau naik perahu tradisional dari Pantai Kusamba. Dan, saran terbaik adalah naik fast boat dari Pelabuhan di Pantai Sanur.

Biaya penyeberangan menggunakan fast boat dari Pelabuhan Sanur berkisar Rp100.000 – Rp120.000. Tarif tersebut bergantung boat vendor yang digunakan. Terdapat 3 boat vendor di Pantai Sanur, di antaranya El Rey Junior, The Angkal dan Gogun Express. Berikut ini rincian jadwal keberangkatannya:

Boat VendorSanur – Nusa PenidaNusa Penida – Sanur
El Rey Junior Fast Boat08.00 AM, 10.45 AM, 03.00 PM09.15 AM, 12.15 AM, 05.00 PM
The Angkal Fast Boat08.15 AM dan 03.00 PM02.00 PM dan 04.00 PM
Gogun Express Fast Boat08.15 AM, 10.00 AM, 04.30 PM02.00 PM dan 04.00 PM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *