• sumber : khoirurosida.com

Pantai Bajulmati, Malang – Pantai Molek dengan Jembatan Ikonik

posted in: Jawa, Jawa Timur, Wisata | 0

Pantai Bajulmati adalah salah satu pantai populer dikunjungi di Malang Raya. Pantai yang konon pertama kali ditemukan tahun 1980-an ini tepatnya terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Perihal penamaan pantai ini, ada yang mengatakan bahwa disekitaran pantai pernah ditemukan seekor buaya yang mati. Kejadian itu juga yang menandai ditemukannya pantai ini pada kisaran tahun 1980-an. Dari peristiwa tersebut, pantai ini kemudian dinamakan Pantai Bajulmati.

Selain itu, panorama yang turut dikaitkan dengan nama pantai ini adalah adanya batu karang panjang yang berbentuk menyerupai seekor buaya. Ketika menjelang malam, saat disapu ombak, batu karang tersebut tampak seperti seekor buaya yang hidup.

Salah satu yang menjadi ciri khas dari Pantai Bajulmati adalah keberadaan jembatan yang bernama sama. Jembatan sepanjang 90 meter ini berbentuk setengah lingkaran, desain sangat artistik melintasi sungai yang lebar dengan latar belakang bukit-bukit karang dan lautan. Jembatan ini juga yang menjadi tempat favorit wisatawan untuk mengabadikan liburannya.

Pasir pantai berwarna putih dan bersih, dikombinasikan dengan hamparan bebatuan karang adalah sebagian keindahan panorama pantai ini. Bajulmati juga termasuk teluk-teluk yang indah, sementara ditengah lautan terdapat pulau karang mirip bukit yang menyembul semakin memperkukuh keeksotikan panoramanya.

Aktivitas di Pantai Bajulmati

Selain cukup dalam dan curam, sebagai pantai yang ada di garis pantai selatan, ombak di Pantai Bajulmati cenderung besar. Meski disebagian besar bagiannya, berenang tidaklah disarankan, pengunjung tetap bisa berenang atau bermain air, terutama di beberapa bagian di bibir pantai sebelah barat, tepatnya di muara sungai.

Mengingat pesona alam pantainya yang menawan, jelajah pantai bisa menjadi aktivitas menarik di Bajulmati. Dalam hal ini, wisatawan bisa juga berkunjung ke Goa Wil yang berada satu komplek dengan pantai ini, tempatnya di sebelah timur. Posisi goa tepat dibawah sebuah bukit karang yang dikelilingi oleh banyaknya pohon kelapa dan ketela pohon. Hanya perlu diketahui, lokasi ini dikenal angker oleh penduduk setempat.

Untuk memaksimalkan liburan, berkemah di pinggir pantai ini juga bisa menjadi ide yang bagus. Jika Anda takjub dan merasa nyaman pada suasana siang hari di Bajulmati, tentunya malam di pantai ini akan memberi pengalaman tersendiri. Hanya saja, Anda perlu membawa perlengkapan kemah sendiri karena tidak ada fasilitas penyewaan alat tersebut.

Tiket & Fasilitas Pantai Bajulmati

Meski tidak selengkap yang ada di Pantai Balekambang, fasilitas umumnya pantai telah tersedia di Pantai Bajulmati seperti toilet, kamar mandi, gazebo dan mushola, sementara area parkir juga sangat luas.

Selain itu, juga terdapat beberapa warung penjual makanan di pantai ini. Sayangnya, bagi yang ingin bermalam, di Bajulmati belum tersedia fasilitas penginapan. Jadi, mendirikan tenda adalah solusi terbaik untuk bermalam disini.

Harga Tiket Masuk Pantai Bajulmati : Pengunjung bisa berwisata dan bermanja di Pantai Bajulmati hanya dengan membayar tiket seharga Rp 5.000.

Rute & Map Pantai Bajulmati

Berwisata pantai di Malang Selatan, sangatlah diuntungkan dengan keberadaan pantai-pantai yang berada di satu jalur, Jalan Lintas Selatan. Sekali jalan, wisatawan bisa dengan mudah menjelajahi pantai-pantai yang tersedia, terlebih banyak juga pantai yang letaknya berdekatan.

Sebagai misal adalah Pantai Goa Cina dan Pantai Bajulmati yang jaraknya berkisar 4 km dengan 11 menit perjalanan. Jadi kedua pantai tersebut memiliki rute perjalanan yang hampir sama. Dari Kota Malang, setidaknya ada dua opsi rute yang bisa di pilih, sebagai berikut :

  • Rute Pertama : Kota Malang ke arah Turen. Belok ke arah selatan menuju ke daerah Sumermanjing Wetan. Meneruskan perjalanan ke Pantai Sendang Biru sampai ada pertigaan. Pilih ke arah kanan untuk menuju Pantai Goa Cina dan Pantai Bajulmati. Pada rute ini, Pantai Bajulmati terletak di sebelah barat atau setelah Jembatan Bajulmati. Jalur ini beraspal namun harus naik turun gunung
  • Rute Kedua : Kota Malang ke Kepanjen. Kemudian lanjutkan perjalanan ke arah Pagak, terus hingga ke daerah Bantur. Bisa juga mengambil rute dari Malang ke Gondanglegi dan melanjutkan ke Bantur. Dari Bantur, lanjut ke arah Balekambang. Sampai perempatan sebelum masuk Balekambang belok ke kiri, kurang lebih 15 km untuk menuju Pantai Bajulmati. Jalur ini beraspal, namun jalanan lebih bagus dan lebih direkomendasikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *